Efektivitas Penerapan Aplikasi Linktree dan Wordwall Terhadap Motivasi Intrinsik Siswa Kelas V Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.22219/jp2sd.v9i2.17317Abstract
Perkembangan teknologi berdampak sangat besar dalam dunia pendidikan. Bentuk dari kemajuan teknologi tersebut yaitu dengan hadirnya aplikasi-aplikasi yang mendukung proses pembelajaran daring. Aplikasi Linktree dan Wordwall sebagai pendukung dalam pembelajaran daring. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menguji efektivitas penerapan Aplikasi Linktree dan Wordwall dengan motivasi intrinsik siswa kelas V. Metode penelitian ini menggunakan kuantitatif jenis korelasi. Instrumen dalam penelitian ini yaitu lembar angket. Berdasarkan hasil penelitian yang didapatkan (ry2.1) sebesar 0,329 serta skor signifikansi yaitu 0,010 atau < 0,05. Kesimpulannya yaitu ada korelasi yang signifikan antara X2 dan Y dengan cara mengontrol variabel X1. Jika dilihat dari harka kritik dari r-Product Moment menunjukkan korelasi antara aplikasi linktree dan wordwall dengan motivasi intrinsik menunjukkan kualifikasi cukup kuat. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan, ada hubungan yang signifikan penggunaan Aplikasi Linktree dan Wordwall dengan motivasi instrinsik Siswa Kelas V SDN Cilangkap 01 Pagi Jakarta Timur.
Downloads
References
Amalia, A. F., & Adi, D. P. 2020. Tingkat Keberhasilan Sistem Pembelajaran Daring Di Tengah Pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran IPS : Studi Kasus Siswa Mts Nurul Jadid Randuboto Sidayu. Journal Of Social Studies, 1(1), 1–11.
Asih. 2015. Motivasi Belajar Siswa di SMP Negeri 15 Yogyakarta. _____: FKIP Universitas Negeri Yogyakarta
Aribowo, E. K. 2021. Wordwall: Media Pembelajaran Interaktif Mulai dari Quiz, Wordsearch, hingga Anagram. https://www.erickunto.com/2020/11/wordwall-media-pembelajaran-interaktif.html diakses pada 26 Februari 2021
Asrori, Mohamad. 2011. Psikologi Pembelajaran.Bandung; Wacana Prima
Benedict, L. and Pence, H. E. 2012. Teaching Chemistry Using Student-Created Videos and Photo Blogs Accessed with Smartphones and Two-Dimensional Barcodes. Journal of Chemical Education, 89(1), 492–496.
Creswell, J. W. 2012. Educational Research: Planning, Conducting and Evaluating Quantitative and Qualitative Research. Pearson.
Danar, Vreedy Frans. 2012. Hubungan Antara Motivasi Belajar Intrinsik dan Ekstrinsik Siswa Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas X Kompetensi Keahlian Teknik Audio Video SMK Ma’arif 1 Wates. __________: FKIT Universitas Negeri Yogyakarta
Fajri, E. Z. & dan Senja, R. A. 2008. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia, Edisi Revisi, Cet. 3. Semarang: Difa Publishers.
Faradita, M. N. 2020. Penerapan Multimedia Interaktif Untuk Meningkatkan Aktifitas
Dan Hasil Belajar IPA di SD Tawangsari. PROCEEDING.
Fathurrohman, Pupuh. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Bandung:Refika Aditama
Fitrianto, Y. P. 2021. Pengaruh Pembelajaran Online Via Zoom Terhadap Motivasi Belajar Taruna Poltekip (Studi Kasus Taruna Poltekip Prodi Manajemen Pemasyarakatan Tingkat 3). NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 8 (1), 1-10
Flynn, A. B. 2012. Development of An Online, Postclass Question Method and Its Integration with Teaching Strategies. Journal of Chemical Education, 89, 456–464.
Gunawan, I. 2020. Peningkatan Hasil Belajar Daring Peserta Didik Selama Pandemi
Covid-19 Melalui Pemanfaatan Fitur Aplikasi Zoom di SD Negeri 77
Palembang. Jurnal Inovasi Sekolah Dasar, 7, 152–163.
Hermita, Neni. 2019. Analisis Motivasi Intrinsik Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar Se-Gugus 1 Kecamatan Payung Sekaki Kota Pekanbaru. _____: PGSD FKIP Universitas Riau
Kuncahyono. (2017). Analisis Penerapan Media Berbasis Komputer Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Di Sekolah Dasar. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 5(2), 773–780. https://doi.org/10.22219/jp2sd.v5i2.4827
Naziaha, S. T., Luthfi Hamdani, M., & Sutisnawati, A. 2020. Analisis Keaktifan Belajar Siswa Selama Pembelajaran Daring Pada Masa Covid-19 di Sekolah Dasar. JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar)|, 7, 109–120. http://journal.uad.ac.id/index.php/JPSD/article/view/17327
Pohan, A. E. 2020. Konsep Pembelajaran Daring Berbasis Pendekatan Ilmiah. Sarnu
Untung.
Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Santoso, P. B., Wijayanti, L. M., Choi, C. H., & Putri, R. S. 2020. Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 1–12. https://ummaspul.e-journal.id/Edupsycouns/article/view/397
Puspita, Ari Metalin Ika, dkk. 2019. Peran Budaya Literasi Pada Peningkatan Karakter Siswa Sekolah Dasar (Role Of Literation Culture On The Improvement Of Elementary School Student Characters). _________: Prodi PGSD STKIP PGRI Trenggalek
Putra, A. P. 2021. Efektifitas Pembelajaran Online Selama Pandemi Covid-19, Metode Dan Evaluasi. Intersections, 6(1), 13–22. https://doi.org/10.47200/intersections.v6i1.588
Sjukur, Sulihin. 2012. Pengaruh Blended Learning Terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa Tingkat SMK. _____:SMK Negeri 1 Satui Kab. Tanah Bumbu
Sulandjari, Rekno. 2019. Pengaruh Komunikasi Antar Personal Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Siswa SDN Petemon II Semarang._____: Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Pandanaran
Uno, Hamzah. 2008. Teori Motivasi & Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara
Widianto, Rendy Eko. 2015. Pengaruh Motivasi Belajar Mahasiswa Yang Bersifat Intrinsik dan Ekstrinsik Terhadap Hasil Study Mahasiswa Prodi PPKn Semester Genap STKIP PGRI TRenggalek Tahun Akademik 2014/2015.__________: Pridi PPKn STKIP PGRI Trenggalek
Yen, H.C., Tuan, H.L., dan Liao, C.H. 2011. Investigating the influence of Motivation on Students’ Conceptual Learning Outcomes In Web-Basedvs. Classroom-Based Science Teaching Contexts. Research Science Education, 41:211–224.
Zaccaria, A. 2020. Bootstrapped and Global from Day One: The Story of Linktree. https://startupnation.com/start-your-business/bootstrapped-global-linktree/ diakses pada 26 Februari 2021
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD) agree to the following terms:
- For all articles published in Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), copyright is retained by the authors. Authors give permission to the publisher to announce the work with conditions. When the manuscript is accepted for publication, the authors agree to automatic transfer of the publishing right to the publisher.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.