Analisis Program Unggulan Masyarakat Religius Menuju Masyarakat Madani Berbasis Model CIPP

Authors

  • Roid Ismail Ardho Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Harun Joko Prayitno Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Murfiah Dewi Wulandari Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Laili Etika Rahmawati Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Rasidi Universitas Muhammadiyah Magelang

DOI:

https://doi.org/10.22219/jp2sd.v9i2.17376

Abstract

Permasalahan karakter yang menjadi fokus dalam penelitian adalah degradasi moral pada anak sekolah dasar di Kota Magelang. Pemerintah Kota Magelang mempunyai program unggulan yaitu masyarakat religius menuju masyarakat madani. Adanya program unggulan dari pemerintah Kota Magelang, merupakan solusi menangani permasalahan karakter dengan menanamkan karakter religius pada anak-anak usia sekolah dasar.

Penelitian bertujuan mendeskripsikan capaian program unggulan masyarakat religius menuju masyarakat madani di sekolah dasar Muhammadiyah Kota Magelang.

Rancangan penelitian yang digunakan adalah evaluasi program CIPP (Context, Input, Process, dan Product). metode penelitian yaitu deskriptif. Subjek penelitian adalah sekolah dasar Muhammadiyah Kota Magelang, dengan melibatkan siswa, guru, kepala sekolah, bahkan orang tua siswa. Pengumpulan data penelitian ini berupa observasi, wawancara, studi dokumen, maupun angket yang mengungkap data mengenai analisis program masyarakat religius menuju masyarakat madani di sekolah dasar Muhammadiyah Kota Magelang.

Hasil analisis evaluasi dari tahapan, disimpulkan bahwa program masyarakat religius menuju masyarakat madani yang telah dilaksanakan di SD Muhammadiyah 1 dan 2 Alternatif Kota Magelang, dapat dikategorikan efektif. Namun masih terdapat kesenjangan pada masing-masing tahapan  evaluasi

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afiani, K., & Faradita, M. (2021). Analisis Aktivitas Siswa dalam Pembelajaran Daring Menggunakan Ms . Teams pada Masa Pandemi Covid-19. JP2SD (Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar)Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar, 9(1), 16–27.

Agustanico Dwi Muryadi. (2017). Model Evaluasi Program Dalam Penelitian Evaluasi. Manajemen Asuhan Kebidanan Pada Bayi Dengan Caput Succedaneum Di Rsud Syekh Yusuf Gowa Tahun, 4(1), 9–15.

Ahsanulkhaq, M. (2019). Membentuk Karakter Religius Peserta Didik Melalui Metode Pembiasaan. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 2(1), 21–33.

Amelia, Delora Jantung; Kuncahyono. (2018). Evaluasi Pembelajaran Berbasis Islam Kemuhammadiyahan sebagai internalisasi Penguatan pendidikan karakter siswa di sd muhammadiyah kota Malang. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 2(2), 44–52.

Asri Sulikhati. (2021). Nilai – Nilai Pendidikan Karakter dalam Novel Si Anak Kuat Karya Tere Liye dan Relevansinya dalam Pembelajaran Tematik Kelas 3 SD (Vol. 7).

Ayu Setiyaningrum. (2016). mplementasi Model Evaluasi Cipp Pada Pelaksanaan Program Pendidikan dan Pelatihan di BPTT Darman Prasetyo Yogyakarta. 2.

Burhan Nurgiyantoro, A. E. (2019). Prioritas Nilai Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran sastra Remaja. 11(2), 382–393.

Darmayanti, S. E., & Wibowo, U. B. (2014). Evaluasi Program Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar Kabupaten Kulon Progo. Jurnal Prima Edukasia, 2(2), 223. https://doi.org/10.21831/jpe.v2i2.2721

Detik.com. (2018). Fakta dibalik anak Indonesia: Indonesia gawat darurat pendidikan karakter. 6–10.

Dhi Bramastaa, D. I. (2021). Peningkatan Pemahaman Mahasiswa pada Mata Kuliah Perkembangan Masyarakat dan Budaya dengan Metode Field Trip. JP2SD (Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar), 9(1), 1–15.

Felta, F. (2021). Perspektif Islam Terhadap Pendidikan Karakter.

Gunawan. (2014). Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasi. In Bandung: Alfabeta. (Vol. 18, Issue 2).

Havighurts, R. J. (1985). Human Development and Education. Terjemahan Moh. Kasiran.

Hedyy Sri Ahimsa Putra. (2020). Paradigma Profetik: Mungkinkah?. Perlukah? 1990, 2011–2012.

Kementerian Sektretariat Negara Republik Indonesia Asisten Deputi Bidang Pembangunan Manusia, & Kebudayaan, D. K. D. dan P. (2017). Peraturan presiden No 18 Tahun 2017.

Komisi Perlindungan Anak Indonesia. (2020). Data Kasus Anak Berhadapan Hukum (ABH). 8(2), 2016–2018.

Kuncahyono. (2018). Integrasi Pendidikan Karakter Pada Pembelajaran Tematik Melalui Media Berbasis Komputer di Sekolah Dasar. Seminar Nasional Lembaga Kebudayaan (SENASGABUD), 1(1).

Mahmudi, I. (2017). CIPP: Suatu model evaluasi program. Jurnal University of Darussalam, 6(1), 111–125.

Mudana, I. W. (2021). Jurnal Widya Citra Majalah Bobo Sebagai Arena Konstruksi Sosial Dalam Pengembangan Literasi Sosial Pada Anak-Anak. 2(April), 24–34.

Mulyadi, R. S., & Uyun, Q. (2017). HUBUNGAN ANTARA IKLIM SEKOLAH DENGAN KECENDERUNGAN PERILAKU BULLYING. 1–27.

Ningsih, E. F. (2016). Pendidikan Karakter Religius Pada Sekolah Dasar: Sebuah Tinjauan Awal. Jurnal Iqra’ : Kajian Ilmu Pendidikan, 1(2), 191–217.

Nugraha, D., & Octavianah, D. (2020). Diskursus Literasi Abad 21 di Indonesia. Jurnal Pendidikan Edutama, 7(1), 107. https://doi.org/10.30734/jpe.v7i1.789

Puji Astuti. (2018). Nilai-Nilai Profetik Dan Implikasinya Bagi Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam (Studi Pemikiran Kuntowijoyo). Computers and Industrial Engineering, 2(January), 6.

Reky Lidyawati. (2016). Membangun karakter Profetik. 7.

Restianad, A. (2019). Pendidikan Karakter Di Auckland University Technology Faculty Education. JP2SD (Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar), 19(1), 1–9. https://doi.org/10.19109/conciencia.v19i1.2644

Risa Ayu. (2021). Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak dalam Kitab Al-AkhlᾹqu Li Al-BanᾹt dan Ta’lῙm Almuta’allim Serta Relevansinya dengan Perpres No. 87 Tahun 2017 Tentang Penguatan Pendidikan Karakter Religius. 87.

Rizki, K., Kurniawan, A., Latif, N., Suparno, R. R., Oktaviani, A., & Fiska, A. (2019). Revitalisasi Rumah Pintar Laskar Pelangi di Gantung melalui Budaya Literasi Humanitas. 1(1), 10–17. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v1i1.9282

Setyawan, D. (2019). KPAI : Pendidikan Karakter Harus Imbangi Akademik | Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI). In KPAI (Komisi Perlindungan Anak Indonesia).

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian : Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. PT. Alfabeta.

Syahrir, Yetti Supriyati, A. F. (2021). Evaluasi Dampak Program Pendidikan Jarak Jauh (PJJ) melalui model CIPP pada Kinerja Dosen aspek Pembelajaran pada Masa Pendemi Covid 19. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 7(465), 106–111.

Wijayanti, N. I., Yulianti, R., & Wijaya, B. (2019). Evaluasi Program Pendidikan Pemakai Dengan Model CIPP di Perpustakaan Fakultas Teknik UGM. Tik Ilmeu : Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 3(1), 37. https://doi.org/10.29240/tik.v3i1.790

Wuryandani, W., Maftuh, B., & Budimansyah, D. (2019). Pendidikan Karakter Disiplin di Sekolah Dasar. 286–295.

Downloads

Published

2021-09-27