Analisis Kesalahan Berbahasa Linguistik Penulisan Makalah Mahasiswa Baru PGSD Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Authors

  • Yunita Miftahul Jannah Universitas Negeri Yogyakarta
  • Trisniawati Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Haryanto Universitas Negeri Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.22219/jp2sd.v9i2.17420

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kesalahan berbahasa penulisan makalah bagi mahasiswa baru pada Program Studi S1 PGSD Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa.  Urgensi dari penelitian ini dikarenakan penulisan makalah merupakan hal baru bagi mahasiswa baru, oleh karenanya banyak ditemukan ketidaksesuaian makalah yang telah disusun dengan aturan yang berlaku. Jenis penelitian adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data melalui dokumentasi dan observasi. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, diketahui masih banyak kesalahan berbahasa yang dilakukan oleh mahasiswa. Kesalahan terutama terletak pada taksonomi linguistik, berikut kesalahan yang ditemukan pada makalah yakni kelompok 1 berjumlah 18 kesalahan, sedangkan pada kelompok 2,3 dan 4 berjumlah 8 kesalahan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ansar, A. (2017). Kajian Sebaran Dan Perkembangan Karya Tulis Ilmiah Peneliti Balai Penelitian Dan Pengembangan Budidaya Air Payau Yang Terindeks Pada Pangkalan Data Winisis. Jurnal Pari, 1(1), 17-26.

Ariningsih, N. E., Sumarwati, S., & Saddhono, K. (2012). Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia dalam Karangan Eksposisi Siswa Sekolah Menengah Atas. BASASTRA, 1(1), 130-141.

Bueraheng, R., Suyitno, I., & Susanto, G. (2017). Kesalahan bentukan kata berafiks dalam karangan mahasiswa Thailand yang berbahasa ibu bahasa Melayu. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2(6), 756-762.

Malik, A. R., & Fatimah, S. (2017). Analisis Kesalahan Morfologi Dalam Karangan Sederhana Bahasa Jerman Siswa Kelas Xi Sman 2 Makassar. Eralingua: Jurnal Pendidikan Bahasa Asing dan Sastra, 1(1).

Munawwaroh, Z. (2018). Menyusun makalah yang baik dan benar.

Mutoharoh, M., Sulaeman, A., & Goziyah, G. (2018). Interferensi Morfologi dalam Karangan Narasi Mahasiswa Thailand Semester IV Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Muhammadiyah Tangerang. Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, dan Asing, 1(1), 84-97.

Nurhayatin, T., Inggriyani, F., & Ahmad, A. (2018). Analisis keefektifan penggunaan kalimat dalam karya tulis ilmiah mahasiswa pendidikan guru sekolah dasar. JPsd (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 4(1), 102-114.

Ramadhani, N. Fitri, & Afria, R. (2021). Analisis Afiksasi dan Reduplikasi Bahasa Melayu Dialek Jambi Kota Seberang (Doctoral dissertation, FKIP).

Setiawan, D. A. (2016). Analisis Kesalahan Sintaksis Bahasa Indonesia dalam Karangan Deskripsi Siswa Kelas VI SDN Kanigoro 02 Kecamatan Pagelaran yang Berbahasa Ibu Bahasa Madura. Pancaran Pendidikan, 5(3), 25-36.

Supeni, S. (2018). Penulisan karya ilmiah sebagai implementasi pengembangan kompotensi profesi guru pada guru SMP Widyawacana I Surakarta. Adi Widya: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 174-183.

Swarniti, N. W., & Yuniari, N. M. (2019, December). Keberadaan Leksikon Pohon Langka di Denpasar: Studi Ekolinguistik. In Seminar Nasional Inovasi dalam Penelitian Sains, Teknologi dan Humaniora-InoBali (pp. 405-411).

Trisniawati, T., Wardani, K., & Azizah, D. M. (2018). Optimalisasi Penulisan Karya Tulis Ilmiah Pada Guru Sd Negeri Jetis 2 Yogyakarta. Abdimas Dewantara, 1(1), 77.

Downloads

Published

2021-09-27