Analisis Kesalahan Berbahasa Linguistik Penulisan Makalah Mahasiswa Baru PGSD Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
DOI:
https://doi.org/10.22219/jp2sd.v9i2.17420Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kesalahan berbahasa penulisan makalah bagi mahasiswa baru pada Program Studi S1 PGSD Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa. Urgensi dari penelitian ini dikarenakan penulisan makalah merupakan hal baru bagi mahasiswa baru, oleh karenanya banyak ditemukan ketidaksesuaian makalah yang telah disusun dengan aturan yang berlaku. Jenis penelitian adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data melalui dokumentasi dan observasi. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, diketahui masih banyak kesalahan berbahasa yang dilakukan oleh mahasiswa. Kesalahan terutama terletak pada taksonomi linguistik, berikut kesalahan yang ditemukan pada makalah yakni kelompok 1 berjumlah 18 kesalahan, sedangkan pada kelompok 2,3 dan 4 berjumlah 8 kesalahan
Downloads
References
Ansar, A. (2017). Kajian Sebaran Dan Perkembangan Karya Tulis Ilmiah Peneliti Balai Penelitian Dan Pengembangan Budidaya Air Payau Yang Terindeks Pada Pangkalan Data Winisis. Jurnal Pari, 1(1), 17-26.
Ariningsih, N. E., Sumarwati, S., & Saddhono, K. (2012). Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia dalam Karangan Eksposisi Siswa Sekolah Menengah Atas. BASASTRA, 1(1), 130-141.
Bueraheng, R., Suyitno, I., & Susanto, G. (2017). Kesalahan bentukan kata berafiks dalam karangan mahasiswa Thailand yang berbahasa ibu bahasa Melayu. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2(6), 756-762.
Malik, A. R., & Fatimah, S. (2017). Analisis Kesalahan Morfologi Dalam Karangan Sederhana Bahasa Jerman Siswa Kelas Xi Sman 2 Makassar. Eralingua: Jurnal Pendidikan Bahasa Asing dan Sastra, 1(1).
Munawwaroh, Z. (2018). Menyusun makalah yang baik dan benar.
Mutoharoh, M., Sulaeman, A., & Goziyah, G. (2018). Interferensi Morfologi dalam Karangan Narasi Mahasiswa Thailand Semester IV Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Muhammadiyah Tangerang. Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, dan Asing, 1(1), 84-97.
Nurhayatin, T., Inggriyani, F., & Ahmad, A. (2018). Analisis keefektifan penggunaan kalimat dalam karya tulis ilmiah mahasiswa pendidikan guru sekolah dasar. JPsd (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 4(1), 102-114.
Ramadhani, N. Fitri, & Afria, R. (2021). Analisis Afiksasi dan Reduplikasi Bahasa Melayu Dialek Jambi Kota Seberang (Doctoral dissertation, FKIP).
Setiawan, D. A. (2016). Analisis Kesalahan Sintaksis Bahasa Indonesia dalam Karangan Deskripsi Siswa Kelas VI SDN Kanigoro 02 Kecamatan Pagelaran yang Berbahasa Ibu Bahasa Madura. Pancaran Pendidikan, 5(3), 25-36.
Supeni, S. (2018). Penulisan karya ilmiah sebagai implementasi pengembangan kompotensi profesi guru pada guru SMP Widyawacana I Surakarta. Adi Widya: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 174-183.
Swarniti, N. W., & Yuniari, N. M. (2019, December). Keberadaan Leksikon Pohon Langka di Denpasar: Studi Ekolinguistik. In Seminar Nasional Inovasi dalam Penelitian Sains, Teknologi dan Humaniora-InoBali (pp. 405-411).
Trisniawati, T., Wardani, K., & Azizah, D. M. (2018). Optimalisasi Penulisan Karya Tulis Ilmiah Pada Guru Sd Negeri Jetis 2 Yogyakarta. Abdimas Dewantara, 1(1), 77.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD) agree to the following terms:
- For all articles published in Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), copyright is retained by the authors. Authors give permission to the publisher to announce the work with conditions. When the manuscript is accepted for publication, the authors agree to automatic transfer of the publishing right to the publisher.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.