Modifikasi Model Pembelajaran TGT Dengan Permainan Modifikasi Ball Throwing Jump Games Pada Materi Gerak Lokomotor Kelas 3 SD

Authors

  • Frendy Aru Fantiro Universitas Muhammadiyah Malang
  • Ima Wahyu Putri Utami Universitas Muhammadiyah Malang
  • Abdurrohman Muzakki Universitas Muhammadiyah Malang
  • Eldina Asri Widyatama Universitas Muhammadiyah Malang

DOI:

https://doi.org/10.22219/jp2sd.v9i2.18021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan model pembelajaran TGT dengan permainan modifikasi ball throwing jump games  pada materi gerak dasar lokomotor kelas 3 SD dan untuk mengetahui keefektifan pengembangan model pembelajaran TGT dengan permainan modifikasi ball throwing jump games  serta untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi gerak lokomotor pada mata pelajaran pendidikan jasmani SD. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Mojorejo II Modo Lamongan dengan jumlah siswa kelas 3 yaitu 12 siswa. Adapun tahapan dalam penelitian ini yaitu menggunakan model penelitian ADDIE dimana ddidalamnya terdapat 5 tahapan yaitu analisis (analyze), perancangan (design), pengembangan (development), implementasi (implementation) dan evaluasi (evaluation). Metode penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif dan kualitatif dengan jenis penelitian yaitu penelitian pengembangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu menggunakan observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini yaitu dari validasi ahli materi mendapat presentase sebesar 89% yang artinya materi yang dikembangkan sangat valid dan layak diuji cobakan, validasi ahli model pembelajaran mendapat presentase sebesar 91% yang artinya model pemebalajaran yang dikembangkan sangat valid dan layak diuji cobakan, validasi ahli permainan mendapat presentase sebesar 86% yang artinya permainan modifikasi yang dikembangkan layak dan valid untuk diuji cobakan, hasil dari respon guru penjas mendapat presentase sebesar 95% yang artinya pembelajaran tersebut layak diterapkan di lapangan atau didalam pembelajaran penjas dan hasil dari 12 respon siswa mendapat hasil rata-rata presentase sebesar 88% yang artinya pembelajaran tersebut menarik dan layak diterapkan didalam pembelajaran pendidikan jasmani.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Colliver, Y., & Veraksa, N. (2019). The aim of the game: A pedagogical tool to support young children’s learning through play. Learning, Culture and Social Interaction. https://doi.org/10.1016/j.lcsi.2019.03.001

Eler, N., & Acar, H. (2018). The effects of the rope jump training program in physical education lessons on strength, speed and VO 2 max in children. Universal Journal of Educational Research. https://doi.org/10.13189/ujer.2018.060217

Fantiro, F. A., & Arifin, B. (2019). Pembelajaran Permaian Kinestetik Gobak Sodor untuk Siswa Sekolah Dasar. Edumaspul: Jurnal Pendidikan. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v3i2.135

Fletcher, G. F., Landolfo, C., Niebauer, J., Ozemek, C., Arena, R., & Lavie, C. J. (2018). Promoting Physical Activity and Exercise: JACC Health Promotion Series. In Journal of the American College of Cardiology. https://doi.org/10.1016/j.jacc.2018.08.2141

Forest, E. (2017). ADDIE Model: Instructional Design. Frameworks & Theories.

Gani, R. A., Jumareng, H., Kuswahyudi, K., Subandi, O. U., & Setiawan, E. (2021). Implementation Of Modification Game Methods To Improve Breaststroke Swimming Skills. Halaman Olahraga Nusantara (Jurnal Ilmu Keolahragaan). https://doi.org/10.31851/hon.v4i2.5404

Gede, I., Apriana, P. E., Md Tegeh, I., Suwatra, W., Pgsd, J., & Tp, J. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair share (TPS) terhadap Motivasi Belajar PKn Siswa Kelas V Semester Genap SD Gugus III Kecamatan Kubu Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD.

Hishamudin, F. (2016). Model ADDIE. In Universiti Teknologi Malaysia.

Jumareng, H., Asmuddin, A., Maruka, A., Saman, A., Badaruddin, B., Setiawan, E., & Muzakki, A. (2021). The Effect Of Physical Fitness Gymnastics Training 2012 On Increasing Of Physical Fitness. Halaman Olahraga Nusantara (Jurnal Ilmu Keolahragaan). https://doi.org/10.31851/hon.v4i2.5509

Masputri, S., Sobri, A., & Kusumaningrum, D. (2016). Manajemen Pembelajaran Kelas Olahraga. Jurnal Manajemen Dan Supervisi Pendidikan. https://doi.org/10.17977/um025v1i12016p097

Muammal, I., & Muzakki, A. (2021). Kinerja Guru Penjas SD Di Masa Pandemi Covid-19: Pengaruh Praktek MSDM Terhadap Kinerja Guru Penjas SD. Jurnal Elementaria Edukasia. https://doi.org/10.31949/jee.v4i1.3019

Muna, A. R. (2020). Analisis Materi Buku Siswa Sejarah Kebudayaan Islam MA Kelas XI Terbitan Kemenag Kurikulum 2013. Fajar Historia: Jurnal Ilmu Sejarah Dan Pendidikan. https://doi.org/10.29408/fhs.v4i1.2188

Muzakki, A., & Saputra, S. Y. (2020). Hubungan Antara Body Mass Index dengan Physical Fitness Pada Mahasiswa PGSD. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD). https://doi.org/10.22219/jp2sd.v8i1.12414

Nasionalisme Olahraga. (2015). Media Ilmu Keolahragaan Indonesia. https://doi.org/10.15294/miki.v5i2.7877

Nugroho, D. (2012). Upaya Meningkatkan Kemampuan Gerak Dasar Lokomotor Melalui Aplikasi Permainan Beregu Pada Siswa Kelas Iii Sd Negeri 1 Gancang Kecamatan Gumelar Kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2011/2012. Physical Education Health And Recreation Journal.

Rusman, A., Risnita, R., & Musa, M. (2020). Kompetensi Profesional Dan Kompetensi Paedagogi Guru Dengan Pencapaian Perkembangan Motorik Anak Usia 5-6 Tahun Di Raudhatul Atfhal (Ra) Kota Jambi. Jurnal Literasiologi. https://doi.org/10.47783/literasiologi.v4i2.148

Salim, H. (2019). Penelitian Pendidikan : Metode, Pendekatan, dan Jenis. In Jakarta: Kencana.

Sugiyono. (2015). Sugiyono, Metode Penelitian dan Pengembangan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D , (Bandung: Alfabeta, 2015), 407 1. Metode Penelitian Dan Pengembangan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, Dan R&D.

Metode penelitian kuantitatif, kualitatif,dan R&D, Alfabeta, cv. ___ (2016).

Wijayanto, A., Or, S., Kom, S., Kurniawan, A. D. A. W., Putro, B. N., & Pengantar, K. (2020). Prof. Dr. ME Winarno, M. Pd., dkk. Disrupsi Strategi Pembelajaranolahraga Serta Tantangan Dalam Menghadapi New Normal Selama Masa Pandemi Covid-19.

Yudanto. (2008). Implementasi Pendekatan Taktik Dalam Pembelajaran Invasion Games Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia.

Downloads

Published

2021-09-27