Modifikasi Model Pembelajaran TGT Dengan Permainan Modifikasi Ball Throwing Jump Games Pada Materi Gerak Lokomotor Kelas 3 SD
DOI:
https://doi.org/10.22219/jp2sd.v9i2.18021Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan model pembelajaran TGT dengan permainan modifikasi ball throwing jump games pada materi gerak dasar lokomotor kelas 3 SD dan untuk mengetahui keefektifan pengembangan model pembelajaran TGT dengan permainan modifikasi ball throwing jump games serta untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi gerak lokomotor pada mata pelajaran pendidikan jasmani SD. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Mojorejo II Modo Lamongan dengan jumlah siswa kelas 3 yaitu 12 siswa. Adapun tahapan dalam penelitian ini yaitu menggunakan model penelitian ADDIE dimana ddidalamnya terdapat 5 tahapan yaitu analisis (analyze), perancangan (design), pengembangan (development), implementasi (implementation) dan evaluasi (evaluation). Metode penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif dan kualitatif dengan jenis penelitian yaitu penelitian pengembangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu menggunakan observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini yaitu dari validasi ahli materi mendapat presentase sebesar 89% yang artinya materi yang dikembangkan sangat valid dan layak diuji cobakan, validasi ahli model pembelajaran mendapat presentase sebesar 91% yang artinya model pemebalajaran yang dikembangkan sangat valid dan layak diuji cobakan, validasi ahli permainan mendapat presentase sebesar 86% yang artinya permainan modifikasi yang dikembangkan layak dan valid untuk diuji cobakan, hasil dari respon guru penjas mendapat presentase sebesar 95% yang artinya pembelajaran tersebut layak diterapkan di lapangan atau didalam pembelajaran penjas dan hasil dari 12 respon siswa mendapat hasil rata-rata presentase sebesar 88% yang artinya pembelajaran tersebut menarik dan layak diterapkan didalam pembelajaran pendidikan jasmani.
Downloads
References
Colliver, Y., & Veraksa, N. (2019). The aim of the game: A pedagogical tool to support young children’s learning through play. Learning, Culture and Social Interaction. https://doi.org/10.1016/j.lcsi.2019.03.001
Eler, N., & Acar, H. (2018). The effects of the rope jump training program in physical education lessons on strength, speed and VO 2 max in children. Universal Journal of Educational Research. https://doi.org/10.13189/ujer.2018.060217
Fantiro, F. A., & Arifin, B. (2019). Pembelajaran Permaian Kinestetik Gobak Sodor untuk Siswa Sekolah Dasar. Edumaspul: Jurnal Pendidikan. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v3i2.135
Fletcher, G. F., Landolfo, C., Niebauer, J., Ozemek, C., Arena, R., & Lavie, C. J. (2018). Promoting Physical Activity and Exercise: JACC Health Promotion Series. In Journal of the American College of Cardiology. https://doi.org/10.1016/j.jacc.2018.08.2141
Forest, E. (2017). ADDIE Model: Instructional Design. Frameworks & Theories.
Gani, R. A., Jumareng, H., Kuswahyudi, K., Subandi, O. U., & Setiawan, E. (2021). Implementation Of Modification Game Methods To Improve Breaststroke Swimming Skills. Halaman Olahraga Nusantara (Jurnal Ilmu Keolahragaan). https://doi.org/10.31851/hon.v4i2.5404
Gede, I., Apriana, P. E., Md Tegeh, I., Suwatra, W., Pgsd, J., & Tp, J. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair share (TPS) terhadap Motivasi Belajar PKn Siswa Kelas V Semester Genap SD Gugus III Kecamatan Kubu Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD.
Hishamudin, F. (2016). Model ADDIE. In Universiti Teknologi Malaysia.
Jumareng, H., Asmuddin, A., Maruka, A., Saman, A., Badaruddin, B., Setiawan, E., & Muzakki, A. (2021). The Effect Of Physical Fitness Gymnastics Training 2012 On Increasing Of Physical Fitness. Halaman Olahraga Nusantara (Jurnal Ilmu Keolahragaan). https://doi.org/10.31851/hon.v4i2.5509
Masputri, S., Sobri, A., & Kusumaningrum, D. (2016). Manajemen Pembelajaran Kelas Olahraga. Jurnal Manajemen Dan Supervisi Pendidikan. https://doi.org/10.17977/um025v1i12016p097
Muammal, I., & Muzakki, A. (2021). Kinerja Guru Penjas SD Di Masa Pandemi Covid-19: Pengaruh Praktek MSDM Terhadap Kinerja Guru Penjas SD. Jurnal Elementaria Edukasia. https://doi.org/10.31949/jee.v4i1.3019
Muna, A. R. (2020). Analisis Materi Buku Siswa Sejarah Kebudayaan Islam MA Kelas XI Terbitan Kemenag Kurikulum 2013. Fajar Historia: Jurnal Ilmu Sejarah Dan Pendidikan. https://doi.org/10.29408/fhs.v4i1.2188
Muzakki, A., & Saputra, S. Y. (2020). Hubungan Antara Body Mass Index dengan Physical Fitness Pada Mahasiswa PGSD. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD). https://doi.org/10.22219/jp2sd.v8i1.12414
Nasionalisme Olahraga. (2015). Media Ilmu Keolahragaan Indonesia. https://doi.org/10.15294/miki.v5i2.7877
Nugroho, D. (2012). Upaya Meningkatkan Kemampuan Gerak Dasar Lokomotor Melalui Aplikasi Permainan Beregu Pada Siswa Kelas Iii Sd Negeri 1 Gancang Kecamatan Gumelar Kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2011/2012. Physical Education Health And Recreation Journal.
Rusman, A., Risnita, R., & Musa, M. (2020). Kompetensi Profesional Dan Kompetensi Paedagogi Guru Dengan Pencapaian Perkembangan Motorik Anak Usia 5-6 Tahun Di Raudhatul Atfhal (Ra) Kota Jambi. Jurnal Literasiologi. https://doi.org/10.47783/literasiologi.v4i2.148
Salim, H. (2019). Penelitian Pendidikan : Metode, Pendekatan, dan Jenis. In Jakarta: Kencana.
Sugiyono. (2015). Sugiyono, Metode Penelitian dan Pengembangan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D , (Bandung: Alfabeta, 2015), 407 1. Metode Penelitian Dan Pengembangan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, Dan R&D.
Metode penelitian kuantitatif, kualitatif,dan R&D, Alfabeta, cv. ___ (2016).
Wijayanto, A., Or, S., Kom, S., Kurniawan, A. D. A. W., Putro, B. N., & Pengantar, K. (2020). Prof. Dr. ME Winarno, M. Pd., dkk. Disrupsi Strategi Pembelajaranolahraga Serta Tantangan Dalam Menghadapi New Normal Selama Masa Pandemi Covid-19.
Yudanto. (2008). Implementasi Pendekatan Taktik Dalam Pembelajaran Invasion Games Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD) agree to the following terms:
- For all articles published in Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), copyright is retained by the authors. Authors give permission to the publisher to announce the work with conditions. When the manuscript is accepted for publication, the authors agree to automatic transfer of the publishing right to the publisher.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.