PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN MENGGUNAKAN MEDIA KARTU PENUNTUN (KP) PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SD MUHAMMADIYAH 08 DAU MALANG

Authors

  • Vivi Megasari

DOI:

https://doi.org/10.22219/jp2sd.v1i2.1804

Abstract


Vivi Megasari

Abstract:

Students in grade V to SD Muhammmadiyah 08 Dau Malang have difficult
in learning the language Indonesia. Many students have not reached a specified standart
of completeness and the school has not been able to write a good esay. Abstract material
is still difficult to understand by students. Students just tend to write but do not know
process, students are difficult to obtain values corresponding to the KKM. The research
alms to improve students skill in writing essay by using card media guide (KP). Media
card guide consists of 4 parts, namely the theme of the card, the type of essay, question,
and corrections. This research alms to improve students skill in writing essay by using a
media cardguide (KP) so as to achieve the specified schools criteria. Exhaustivences
school minimum used in the school is 76,00. Type of study is classroom with research
designmodel of Kemmis and Mc. Taggart. Subject and placein study werestudents in
garde V SDMuhammadiyah 08 Dau Malang with 31 students comprising 14 boys and
17 girls. According to the achievement of the purpose of this study conducted in two
cycles. Data in the study of data obtained from observations, interviews, documentation
and testing. The results ofthis studyindicatethe cycleI56.7% studentsachieve
exhaustivenessinwritingthe essay was not finisied in 43.3%. To write cycle II 88,6% an
increase in the ability of studens to write esay. This proves that the use of card media
guide (KP) can improve the ability understanding of studens in essay writing and create
a pleasant learning situation. This study recommends the Indonesian teaching essay
writing should use the guiding cards (KP) as medium of learning and more inovatif in
learning developing the Guide Card (KP).

Abstrak:

Siswa kelas V SD Muhammadiyah 08 Dau Kabupaten Malang mengalami
kesulitan pada materi menulis karangan pada pelajaran Bahasa Indonesia. Banyak siswa
belum mencapai standar ketuntasan yang ditentukan sekolah dan belum bisa menulis
karangan dengan baik dan benar. Sifat materi yang bersifat abstrak siswa sulit untuk
memahami.Siswa hanya cenderung menulis tetapi tidak mengetahui konsep yang benar.
Kurangnya media dan alat peraga untuk mendukung proses pembelajaran, siswa sulit
untuk memperoleh nilai yang sesuai dengan KKM. Penelitian ini bertujuan untuk
meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis karangan dengan menggunakan media
Kartu Penuntun (KP). Media kartu Penuntun (KP) terdiri atas 4 bagian yaitu kartu tema,
jenis karangan. pertanyaan, dan koreksi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan
kemampuan siswa dalam menulis karagan dengan menggunakan media Kartu Penuntun
(KP) sehingga mencapai kriteria ketuntasan yang ditentukan sekolah. Kriteria
ketuntasan minimum yang digunakan di sekolah tersebut adalah 76.00. Jenis penelitian
ini adalah penelitian tindakan kelas dengan desain penelitian model Kemmis dan Mc.
Taggart. Subjek dan tempat dalam penelitian adalah siswa kelas VA SD
Muhammadiyah 08 Dau Kabupaten Malang dengan jumlah 31 siswa yang terdiri 14
siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan. Sesuai dengan ketercapaian tujuan penelitian
ini dilakukan dalam 2 siklus. Data-data dalam penelitian diperoleh dari hasil observasi,
wawancara, dokumentasi, dan tes. Analisis data dilakukan secara diskriptif kualitatif
Hasil penelitian ini menunjukkan pada siklus I 56,7% siswa mencapai ketuntasan
dalam menulis karangan dan 43,3% belum tuntas dalam menulis karangan. Pada siklus II 88,6 % siswa mencapai ketuntasan dalam menulis karangan dan 13,3% belum tuntas
dalam menulis karangan. Dalam siklus II terjadi peningkatan dalam kemampuan siswa
menulis karangan. Hal ini membuktikan bahwa penggunanaan media Kartu Penuntun
(KP) dapat meningkatkan kemampuan, pemahaman siswa dalam menulis karangandan
menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan. Penelitian ini
merekomendasikan dalam mengajarkan menulis karangan bahasa Indonesia hendaknya
menggunakan Kartu Penuntun (KP) sebagai media pembelajaran dan lebih inovatif
dalam mengembangkan Kartu Penuntun (KP).

Kata Kunci: pembelajaran menulis karangan, media kartu penuntun (KP)

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2014-03-21