Penggunaan Adobe Flash Cs3 untuk Mengembangkan Media Pembelajaran Berbasis Animated Video Materi Tematik Kelas I SD
DOI:
https://doi.org/10.22219/jp2sd.v9i2.18100Abstract
Mayoritas siswa kelas 1 SD Negeri 1 Gerbo tidak memiliki buku cetak baik berupa buku paket maupun LKS yang dapat digunakan sebagai bahan belajar diluar sekolah. Siswa merasa kesulitan dalam belajar karena keterbatasan sumber belajar yang memadai. Keterbatasan sumber belajar bagi siswa menjadi salah salah satu faktor menurunnya kualitas Pendidikan. Oleh karena itu berdasarkan permasalahan tersebut, perlu adanya penelitian yang bertujuan untuk mengembangkan produk media pembelajaran berbasis Video Animasi menggunakan Adobe Flash CS3 sebagai penunjang media pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode penelitian (Research and Development/R7D). Subjek penelitian adalah 10 siswa kelas 1 SDN Gerbo 1. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, angket validasi, dan angket respon siswa. Penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan produk media pembelajaran berbasis animated video berbasis adobe flash CS3 yang telah dikembangkan masuk dalam kategori valid dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran tematik pada tema 2 “Kegemaranku” sub tema 4 “Gemar Membaca” pembelajaran 1 kelas 1 SDN Gerbo I. Hal ini dibuktikan pada hasil validasi ahli materi diperoleh presentase 87,5% dengan kategori layak dan sangat valid, kemudian hasil validasi ahli media diperoleh presentase 88,3 dengan kategori layak dan sangat valid, serta produk dilakukan uji coba pemakaian kepada siswa memperoleh presentase 75,5% dengan kategori layak
Downloads
References
Ariesto HS. (2003). Integrasi Flash dengan ASP, PT Elexmedia Komputindo.
Damayanti, P., & Ulfa, M, S. (2017). Pengembangan Media Adobe Flash CS3 Pada Konsep Bunyi dengan Mengaplikasikan Model Instructional Games, KEGURU. Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar, 28–42.
Depdiknas. (2006). Permendiknas No 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi.
Hartono, D. S., & Rudjiono, D. (2015). Media pembelajaran berbasis multimedia mata pelajaran bahasa inggris “theme i have a pet” untuk kelas 4 SDN Randugunting.
Hermono, F., & Hakim, F. N. (2012). Perancangan media pembelajaran berbasis multimedia (studi kasus mata pelajaran IPA bahasan gerak benda kelas 3 SDN Dempelrejo). 42–49.
Kuncahyono, Kumalasani, M. P. (2020). Implementasi Literasi Digital Guru SD Melalui Pendampingan Pembuatan Digital Material (Sway). International Journal of Public Devotion, 3(1), 21–30.
Purwanti, B. (2005). Pengembangan video pembelajaran matematika dengan model assure. Kebijakan dan pengembangan pendidikan, 3(peserta didik mengalami kesulitan dalam menghafalkan rumus matematika). 42–47.
Rahardja, U. (2016). Media audio visual menggunakan videoscribe sebagai penyajian informasi pembelajaran pada kelas sistem operasi. 126–138.
Riyadi, W, I. R., Daryanto, J., & Mulyono, H. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Pada Mata Kuliah Bidang Studi Dan Kependidikan Di Program Studi PGSD FKIP UNS. Ikatan sarjana pendidikan Indonesia (ISPI) Jawa Tengah, 3(Video pengembangan pada mata kuliah seni karawitan di program stud. 71–78.
Sari, L. K., & Sasongko, D. (2013). Media pembelajaran interaktif bahasa inggris untuk siswa sekolah dasar kelas 1. Seminar Riset Unggulan Nasional Informatika Dan Komputer FTI UNSA, 2(Semua Materi Dari Guru Tidak Menggunakan Sarana Atau Media Pembelajaran Apapun),.
Soenaryo, S. F., Yayuk, E., & Ekowati, D. W. (2016). THE IMPLEMENTATION OF SINAU WISATA BASED ON POTENTIAL LOCAL EXCELLENCE IN THEMATIC LEARNING AT THE ELEMENTARY SCHOOL MALANG. eprints.umm.ac.id. https://eprints.umm.ac.id/42414/
Triaji, C. L., Yayuk, E., & Fithriyanasari, E. (2019). Contextual Teaching And Learning Untuk Peningkatan Keterampilan Menulis Narasi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 134–140.
Trianto. (2011). Model Pembelajaran Terpadu Konsep Strategi Dan Implementasinya Dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan.
Unaisah. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Adobe Flash Materi Prinsip Desain Di SMK Negeri 1 Saptosari.
Yayuk, E., & kuncahyono. (2017). Pengembangan Digibook Dalam Pembelajaran Tematik Tema Daerah Tempat Tinggalku Untuk Sekolah Dasar. Jurnal Madrasah Pendidikan Ibtidaiyah, 1(2).
Yayuk, Erna & Prastiyowati, S. (2019). Pendampingan Pembuatan Perangkat pembelajaran kurikulum 2013. International Journal of Community Service Learning, 3(222–232).
Yayuk, E. (2013). Pelaksanaan Pembelajaran Tematik dalam Kurikulum 2013.
Yayuk, E. (2016). Pemetaan Kompetensi Guru Bersertifikat Pendidik untuk Pemanfaatan Media TIK dalam Kegiatan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 4(02).
Yuliawati, F. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Adobe Flash Cs3 Professional Dalam Pembelajaran Ipa Berbasis Integrasi Islam-Sains Di Sd/Mi Kelas 5. Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 3(3).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD) agree to the following terms:
- For all articles published in Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), copyright is retained by the authors. Authors give permission to the publisher to announce the work with conditions. When the manuscript is accepted for publication, the authors agree to automatic transfer of the publishing right to the publisher.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.