Penggunaan Adobe Flash Cs3 untuk Mengembangkan Media Pembelajaran Berbasis Animated Video Materi Tematik Kelas I SD

Authors

  • Erna Yayuk Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhammadiyah Malang
  • Arina Restian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhammadiyah Malang
  • Nizam Firdaus Ramadhani Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhammadiyah Malang

DOI:

https://doi.org/10.22219/jp2sd.v9i2.18100

Abstract

Mayoritas siswa kelas 1 SD Negeri 1 Gerbo tidak memiliki buku cetak baik berupa buku paket maupun LKS yang dapat digunakan sebagai bahan belajar diluar sekolah. Siswa merasa kesulitan dalam belajar karena keterbatasan sumber belajar yang memadai. Keterbatasan sumber belajar bagi siswa menjadi salah salah satu faktor menurunnya kualitas Pendidikan. Oleh karena itu berdasarkan permasalahan tersebut, perlu adanya penelitian yang bertujuan untuk mengembangkan produk media pembelajaran berbasis Video Animasi menggunakan Adobe Flash CS3 sebagai penunjang media pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode penelitian (Research and Development/R7D). Subjek penelitian adalah 10 siswa kelas 1 SDN Gerbo 1. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, angket validasi, dan angket respon siswa. Penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif kualitatif dan kuantitatif.  Hasil penelitian menunjukkan produk media pembelajaran berbasis animated video berbasis adobe flash CS3 yang telah dikembangkan masuk dalam kategori valid dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran tematik pada tema 2 “Kegemaranku” sub tema 4 “Gemar Membaca” pembelajaran 1 kelas 1 SDN Gerbo I. Hal ini dibuktikan pada hasil validasi ahli materi diperoleh presentase 87,5% dengan kategori layak dan sangat valid, kemudian hasil validasi ahli media diperoleh presentase 88,3 dengan kategori layak dan sangat valid, serta produk dilakukan uji coba pemakaian kepada siswa memperoleh presentase 75,5% dengan kategori layak

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ariesto HS. (2003). Integrasi Flash dengan ASP, PT Elexmedia Komputindo.

Damayanti, P., & Ulfa, M, S. (2017). Pengembangan Media Adobe Flash CS3 Pada Konsep Bunyi dengan Mengaplikasikan Model Instructional Games, KEGURU. Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar, 28–42.

Depdiknas. (2006). Permendiknas No 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi.

Hartono, D. S., & Rudjiono, D. (2015). Media pembelajaran berbasis multimedia mata pelajaran bahasa inggris “theme i have a pet” untuk kelas 4 SDN Randugunting.

Hermono, F., & Hakim, F. N. (2012). Perancangan media pembelajaran berbasis multimedia (studi kasus mata pelajaran IPA bahasan gerak benda kelas 3 SDN Dempelrejo). 42–49.

Kuncahyono, Kumalasani, M. P. (2020). Implementasi Literasi Digital Guru SD Melalui Pendampingan Pembuatan Digital Material (Sway). International Journal of Public Devotion, 3(1), 21–30.

Purwanti, B. (2005). Pengembangan video pembelajaran matematika dengan model assure. Kebijakan dan pengembangan pendidikan, 3(peserta didik mengalami kesulitan dalam menghafalkan rumus matematika). 42–47.

Rahardja, U. (2016). Media audio visual menggunakan videoscribe sebagai penyajian informasi pembelajaran pada kelas sistem operasi. 126–138.

Riyadi, W, I. R., Daryanto, J., & Mulyono, H. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Pada Mata Kuliah Bidang Studi Dan Kependidikan Di Program Studi PGSD FKIP UNS. Ikatan sarjana pendidikan Indonesia (ISPI) Jawa Tengah, 3(Video pengembangan pada mata kuliah seni karawitan di program stud. 71–78.

Sari, L. K., & Sasongko, D. (2013). Media pembelajaran interaktif bahasa inggris untuk siswa sekolah dasar kelas 1. Seminar Riset Unggulan Nasional Informatika Dan Komputer FTI UNSA, 2(Semua Materi Dari Guru Tidak Menggunakan Sarana Atau Media Pembelajaran Apapun),.

Soenaryo, S. F., Yayuk, E., & Ekowati, D. W. (2016). THE IMPLEMENTATION OF SINAU WISATA BASED ON POTENTIAL LOCAL EXCELLENCE IN THEMATIC LEARNING AT THE ELEMENTARY SCHOOL MALANG. eprints.umm.ac.id. https://eprints.umm.ac.id/42414/

Triaji, C. L., Yayuk, E., & Fithriyanasari, E. (2019). Contextual Teaching And Learning Untuk Peningkatan Keterampilan Menulis Narasi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 134–140.

Trianto. (2011). Model Pembelajaran Terpadu Konsep Strategi Dan Implementasinya Dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan.

Unaisah. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Adobe Flash Materi Prinsip Desain Di SMK Negeri 1 Saptosari.

Yayuk, E., & kuncahyono. (2017). Pengembangan Digibook Dalam Pembelajaran Tematik Tema Daerah Tempat Tinggalku Untuk Sekolah Dasar. Jurnal Madrasah Pendidikan Ibtidaiyah, 1(2).

Yayuk, Erna & Prastiyowati, S. (2019). Pendampingan Pembuatan Perangkat pembelajaran kurikulum 2013. International Journal of Community Service Learning, 3(222–232).

Yayuk, E. (2013). Pelaksanaan Pembelajaran Tematik dalam Kurikulum 2013.

Yayuk, E. (2016). Pemetaan Kompetensi Guru Bersertifikat Pendidik untuk Pemanfaatan Media TIK dalam Kegiatan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 4(02).

Yuliawati, F. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Adobe Flash Cs3 Professional Dalam Pembelajaran Ipa Berbasis Integrasi Islam-Sains Di Sd/Mi Kelas 5. Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 3(3).

Downloads

Published

2021-09-27