Gerakan Literasi Sekolah Selama Belajar Dari Rumah Bagi Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.22219/jp2sd.v9i2.18262Abstract
Keterampilan literasi sangat berpengaruh terhadap pencapaian keberhasilan belajar siswa. Semakin baik kemampuan literasinya, semakin baik pula pencapaian hasil belajarnya. Semakin dini siswa berliterasi, maka semakin kuat pencapaian hasil belajarnya. Gerakan literasi dapat dilakukan dengan baik saat pembelajaran dilakukan dengan tatap muka, terutama bagi siswa Sekolah Dasar (SD). Namun situasi pembelajaran tatap muka masih belum memungkinkan untuk dilaksanakan. Sebagaimana kebijakan pada Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease (Covid-19) yang memuat arahan tentang proses belajar dari rumah. Hal inilah yang menjadi salah satu dasar perlunya pengkajian lebih mendalam terkait gerakan literasi sekolah selama belajar dari rumah bagi siswa SD. Oleh karenanya, penulisan artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan gerakan literasi sekolah selama belajar dari rumah bagi siswa SD.
Penelitian dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Instrumen yang digunakan yaitu observasi, wawancara serta studi dokumentasi. Subyek penelitian yaitu 1 Kepala Sekolah, 3 Guru SD dan 2 orang tua wali siswa yang berasal dari SD Negeri Mojorejo 1 Kota Batu Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gerakan literasi saat BDR dilaksanakan secara virtual. Saat melakukan pembelajaran daring secara sinkronous, Guru menyediakan waktu dan bahan bacaan selama 10 menit untuk gerakan literasi. Namun saat asinkronous, siswa diberi tugas untuk membaca beberapa jenis buku yang sudah ditentukan oleh Guru. Gerakan literasi selama BDR bagi siswa SD ini memerlukan kerjasama yang baik antara sekolah, Guru dan wali siswa.
Downloads
References
Anugraheni, I. (2021). Faktor-faktor Kesulitan Guru Sekolah Dasar dalam Penulisan Karya Ilmiah. JP2SD (Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar), 9(1), 59–65. https://ejournal.umm.ac.id/index.php/jp2sd/article/view/12457/9788
Creswell, J. W., & Clark, V. L. P. (2018a). Designing and conducting mixed methods research approarch. 849.
Creswell, J. W., & Clark, V. L. P. (2018b). Praise for the Third Edition.
Ekowati, D. W., Astuti, Y. P., Utami, I. W. P., Mukhlishina, I., & Suwandayani, B. I. (2019). Literasi Numerasi di SD Muhammadiyah. ELSE (Elementary School Education Journal) : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 3(1), 93. https://doi.org/10.30651/else.v3i1.2541
Hidayah, L. (2017). Implementasi Budaya Literasi di Sekolah Dasar Melalui Optimalisasi Perpustakaan: Studi Kasus di Sekolah Dasar Negeri di Surabaya. JU-Ke (Jurnal Ketahanan Pangan), 1(2), 48–58.
Johar, R. (2012). Domain PISA untuk Soal Literasi Matematika. 30–41.
Khotimah, K., Akbar, S., & Sa’dijah, C. (2018). Pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(11), 1488–1498. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/EISSN: 2502-471X DOAJ-SHERPA/RoMEO-Google Scholar-IPI%0AJurnal
Kurniasari, A. dkk. (2020). Analisis Efektivitas Pelaksanaan Belajar Dari Rumah (Bdr) Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 6(3), 1–8.
Leonard, L. (2016). Kompetensi Tenaga Pendidik di Indonesia: Analisis Dampak Rendahnya Kualitas SDM Guru dan Solusi Perbaikannya. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(3), 192–201. https://doi.org/10.30998/formatif.v5i3.643
Ngurah Suragangga, I. M. (2017). Mendidik Lewat Literasi Untuk Pendidikan Berkualitas. Jurnal Penjaminan Mutu, 3(2), 154. https://doi.org/10.25078/jpm.v3i2.195
Rasmitadila, Aliyyah, R. R., Rachmadtullah, R., Samsudin, A., Syaodih, E., Nurtanto, M., & Tambunan, A. R. S. (2020). The perceptions of primary school teachers of online learning during the covid-19 pandemic period: A case study in Indonesia. Journal of Ethnic and Cultural Studies, 7(2), 90–109. https://doi.org/10.29333/ejecs/388
Saadati, B. A., & Sadli, M. (2019). Analisis Pengembangan Budaya Literasi Dalam Meningkatkan Minat Membaca Siswa Di Sekolah Dasar. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 6(2), 151–164. https://doi.org/10.24042/terampil.v6i2.4829
Susanto, H. (2016). Membangun Budaya Literasi Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Menghadapi Era MEA. JP-BSI (Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia), 1(1), 12. https://doi.org/10.26737/jp-bsi.v1i1.70
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD) agree to the following terms:
- For all articles published in Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), copyright is retained by the authors. Authors give permission to the publisher to announce the work with conditions. When the manuscript is accepted for publication, the authors agree to automatic transfer of the publishing right to the publisher.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.