DAFTAR ISI DAN PETUNJUK PENULISAN

Authors

  • DAFTAR ISI PETUNJUK PENULISAN

DOI:

https://doi.org/10.22219/jp2sd.v1i3.2720

Abstract

JP2SD

JURNAL PEMIKIRAN DAN PENGEMBANGAN SEKOLAH DASAR

ISSN 2338-1140

Jilid 1, Nomor 3, April 2014, hlm. 134-229

 

 

 


DAFTAR ISI

 

Penggunaan Dokumentasi Portofolio Sebagai Penilaian UTS pada Anak                                      134-145

Autis di Sekolah Inklusi

Alvionita Widayanti, Roro Eko Susetyarini, Dwi Priyo Utomo

 

Desain Pembelajaran Tari dengan Pendekatan PAIKEM GEMBROT dalam                                     146-169

Theory of Art di Sekolah Dasar

Arina Restian

 

Evaluasi Pelaksanaan Program Sekolah Adiwiyata ditinjau dari Aspek Kegiatan                          170-180

Partisipatif di SDN Ungaran I Yogyakarta

Ika Maryani

 

Penerapan Media “PUZPIPI” Pada Mata Pelajaran IPS untuk Meningkatkan                        181-189

Hasil Belajar Siswa Kelas III SD Muhammadiyah 5 Malang

Maslikah

 

Pengaruh Umpan Balik dan Minat Profesi Guru Terhadap Kemampuan Melaksanakan                190-200                                 

Pembelajaran Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Mohamad Syarif Sumantri

 

Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi dengan Model Sinektik                                                   201-211                                         Supriyadi                                                                                                                    

 

Integrasi Ilmu di Sekolah Dasar                                                                                                        212-224

(Studi Kasus Kurikulum Terpadu di SDIT Lukman Al-Hakim Surakarta)

Suyatno

 

Terapi Musik Tradisional Untuk Meningkatkan Konsentrasi, Kemandirian dan                            225-229                                          

Hasil Belajar Siswa ABK Kelas IV SDN Inklusi Sumbersari I Malang

Tri Istiningsih

 

 

 

 

 

 


Petunjuk bagi (Calon) Penulis

JURNAL PEMIKIRAN DAN PENGEMBANGAN SEKOLAH DASAR (JP2SD)

 

 

  1. Artikel yang ditulis untuk JP2SD meliputi hasil telah (hanya atas undangan) dan hasil penelitian di bidang kependidikan Naskah diketik dengan program Microsoft Word, huruf Times New Roman, ukuran 12 pts, dengan spasi ganda, dicetak pada kertas A4 dengan panjang maksimum 38 halaman, dan diserahkan dalam bentuk Print-out sebanyak 3 eksemplar beserta Soft-copy-nya. Pengirim naskah juga dapat dilakukan sebagai attachment e-mail ke alamat: jp2sd_07@yahoo.com
  2. Artikel ditulis dalam bahasa indonesia atau inggris. Sistematika artikel  hasil penelitian adalah judul, nama penulis, abstrak disertai kata kunci, pendahuluan, metode, hasil dan pembahasan, simpulan, serta daftar rujukan.
  3. Judul artikel dalam bahasa indonesia tidak boleh lebih dari 14 kata, sedangkan judul dalam bahasa inggris tidak boleh lebih dari 12 kata. Judul dicetak dengan huruf kapital di tengah-tengah, dengan jukuran huruf 14 poin.
  4. Nama penulis dicantumkan tanpa gelar akademik, disertai lembaga asal, dan ditempatkan dibawah judul artikel. Dalam hal naskah ditulis oleh tim, penyunting hanya berhubungan dengan penulis utama atau penulis yang namanya tercantum pada urutan pertama. Penulis pertama harus mencantumkan alamat korespondensi atau e-mail.
  5. Abstrak dan kata kunci ditulis dalam dua bahasa (Indonesia dan Inggris). Panjang masing-masing abstrak 75-100 kata, sedangkan jumlah kata kunci 3-5 kata. Abstrak minimal berisi judul, tujuan, metode, dan hasil penelitian.
  6. Bagian pendahuluan berisi latar belakang, konteks penelitian, hasil kajian pustaka, dan tujuan penelitian. Seluruh bagian pendahuluan dipaparkan secara terintegrasi dalam bentuk paragraf-paragraf, dengan panjang 15-20% dari total panjang artikel.
  7. Bagian metode berisi paparan dalam bentuk paragraf tentang rancangan penelitian, sumber data, teknik pengumpulan data, dan analisis data yang secara nyata dilakukan peneliti, dengan panjang 10-15% dari total panjang artikel.
  8. Bagian hasil penelitian berisi paparan hasil analisis yang berkaitan dengan pertanyaan penelitian. Setiap hasil penelitian harus dibahas. Pembahasan berisi pemaknaan hasil dan perbandingan dengan teori dan/atau hasil penelitian sejenis. Panjang paparan berhasil dan pembahasan 40-60% dari panjang artikel.
  9. Bagian simpulan berisi temuan penelitian yang berupa jawaban atas pertanyaan penelitian atau berupa intisari hasil pembahasan. Simpulan disajikan dalam bentuk paragraf.

10. Daftar rujukan hanya memuat sumber-sumber yang dirujuk, dan semua sumber yang dirujuk harus tercantum dalam daftar rujukan. Sumber rujukan minimal 80% berupa pustaka terbitan 10 tahun terakhir. Rujukan yang digunakan adalah sumber-sumber primer berupa artikel-artikel penelitian dalam jurnal atau laporan penelitian(termasuk skripsi, tesis, disertasi). Artikel yang dimuat di Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar disarankan untuk digunakan sebagai rujukan.

11. Perujukan dan pengutipan menggunakan teknik rujukan berkurung (nama akhir, tahun). Pencantuman sumber pada kutipan langsung hendaknya disertai keterangan tentang nomor halaman tempat asal kutipan. Contoh: (Davis, 2003: 47).

12. Daftar rujukan disusun dengan tata cara seperti contoh berikut ini diurutkan secara alfabetis dan kronologis.

 

Buku:

Anderson, D.W.; Vault V.D.; & Dickson, C.E. 1999. Problems and Prospects for the Decades Ahead: Competency Based Teacher Education. Berkeley: McCuthan Publishing Co.

Buku kumpulan artikel:

Saukah, A. & Waseso, M.G. (Eds.). 2002. Menulis Artikel untuk Jurnal Ilmiah (Edisi ke-4, cetakan ke-1). Malang: UM Press.

Artikel dalam jurnal atau majalah:

Kansil, C.L. 2002. Orientasi Baru Penyelenggaran Pendidikan Program Profesional dalam Memenuhi Kebutuhan Dunia Industri. Transpor, XX (4): 57-61

Artikel dalam koran:

Pitunov, B. 13 Desember, 2002. Sekolah Unggulan ataukah sekolah Pengunggulan? Majapahit Pos, hlm.4 & 11.

Tulisan/berita dalam koran (tanpa nama pengarang):

Jawa Pos. 22 April, 1995. Wanita Kelas Bawah Lebih Mandiri, hlm.3

Dokumen resmi:

Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. 1978. Pedoman Penulisan Laporan Penelitian. Jakarta: Depdikbud. Undang-undang Republik Indonesi Nomer 2 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. 1990. Jakarta: PT Amas Duta Jaya.

Buku terjemahan:

Ary,D.; Jacobs’l.C.; & Razaveih, A. 1976. Pengantar  Penelitian  Pendidikan. Terjemahan oleh Arief Furochan. 1982. Surabaya: Usaha Nasional.

Skripsi, Tesis, Desertasi, Laporan Penelitian:

Kuncoro, T. 1996. Pengembangan Kurikulum Penelitian Magang di STM Masional Malang Jurusan Bangunan,Program Studi Bangunan Gedung: Suatu Studi Berdasarkan Kebutuhan Dunia Usaha Jasa Konstruksi. Tesis tidak diterbitkan. Malang: PPS IKIP MALANG.

Makalah Seminar, lokakarya, penatara:

Waseso, M. G. 2001. Isi dan Format Jurnal Ilmiah, makalah disajikan dalam Seminar Lokakarya Penulisan Artikel dan Pengelolaan Jurnal Ilmiah, Universitas Lambungmangkurat, Banjarmasin, 9-11 Agustus.

Internet(Karya individual):

Hichock, S.; Carr, L.; & hall, W . 1996. A Survey of STM Online Jurnals,1990-1995:The Calm before the strorm, (Online), (http://journal.ecs.soton.ac.uk/survey/survey.html, diaskes 12 juni 1996).

Internet (artikel dalam jurnal online):

Kumaidi. 1998. Pengukuran Bekal Awal Belajar dan Pengembangan Tesnya. Jurnal Ilmu Pendidikan. (Online),          Jilid 5, No.4 (http://www.malang.ac.id, dikses  20 januari 2000).

Internet (bahan diskusi):

Wilson, D. 20 Noveber 1995 . Summary of Citing Internet Sites. NETTRAIN Discusion List, (Online), (NETTRIAIN@ubvm.cc.buffalo.edu diaskes 22 November 1995).

Internet (e-mail pribadi):

Naga, D.S. (ikip-jkt@indo.net.id). 1 Oktober 1997. Artikel untuk JP2SD. E-mail kepada Ali Saukah (jippsi@mlg.ywcn.or.id).

13. Tata cara penyajian kutipan, rujukan,tabel dan gambar mengikuti ketentuan dalam Pedoman penulisan Karya Ilmiah dimuat. Artikel berbahasa Indonesia mengunakan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia yang disempurnakan dan istilah-istilah yang dibakukan oleh Pusat bahasa.

14. Semua naskah ditelaah secara anonim oleh mitra oleh mitra bebestari (reviewers) yang  ditunjuk oleh penyuting bidang kepakarannya. Penulis artikel diberi kesempatan untuk melakukan perbaikan (revisi) naskah atas dasar rekomendasi/saran dari mitra bebestari atau penyunting.Kepastian pemuatan atau penolakan naskah akan diberitahukan secera tertulis.

15. Segala sesuatu yang menyangkut perizinan pengutipan atau penggunaan Software komputer untuk pembuatan naskah atau ihwal lain yang terkait dengan HaKI yang dilakukan oleh penulis artikel, berikut konsekuensi hukum yang mungkin timbul karenanya, menjadi tanggung jawab penuh penulis artikel.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2016-03-01

Issue

Section

Editorial