SELF ESTEEM PADA ANAK USIA SEKOLAH DASAR UNTUK PENCEGAHAN KASUS BULLYING
DOI:
https://doi.org/10.22219/jp2sd.v6i1.5901Keywords:
Self esteem, anak usia Sekolah Dasar, bullyingAbstract
Usia sekolah dasar merupakan fase perkembangan awal untuk memasuki
dunia pendidikan formal. Pada fase usia tersebut anak mengalami transformasi dari
mengenal beberapa individu dan lingkungan menuju lingkungan yang memiliki
anggota yang lebih kompleks yaitu lingkungan sekolah. Lingkungan sekolah memiliki
beberapa permasalahan yang umumnya terjadi. Bullying adalah salah satu
permasalahan yang terjadi pada anak di lingkungan sekolah. Dampak yang
ditimbulkan dari bullying dapat mempengaruhi seluruh aspek dalam diri anak baik
fisik maupun psikologis. Kasus bullying dapat ditangani dengan menggunakan
beberapa metode yang disesuaikan dengan konten permasalahannya. Optimalisasi self
esteem merupakan salah satu cara yang dapat diterapkan untuk mencegah kasus
bullying pada anak usia sekolah dasar.
Self esteem needs merupakan salah satu kebutuhan yang tidak dapat diabaikan dalam
kehidupan anak. Kebutuhan penghargaan diri yang baik terhadap diri anak dapat
meningkatkan kepercayaan dirinya. Dukungan dan keterlibatan lingkungan keluarga
dan sekolah sangat dibutuhkan untuk mencapai kebutuhan self esteem. Koordinasi
yang baik dari lingkungan keluarga dan sekolah untuk mendukung peningkatan self
esteem dapat menciptakan anak dengan konsep diri yang baik sehingga dapat
mengatasi berbagai masalah bullying yang berasal dari lingkungannya
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD) agree to the following terms:
- For all articles published in Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), copyright is retained by the authors. Authors give permission to the publisher to announce the work with conditions. When the manuscript is accepted for publication, the authors agree to automatic transfer of the publishing right to the publisher.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.