ANALISIS KEBUTUHAN PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS KEARIFAN LOKAL KABUPATEN TULUNGAGUNG UNTUK KELAS V SD TEMA BANGGA SEBAGAI BANGSA INDONESIA
DOI:
https://doi.org/10.22219/jp2sd.v6i1.5902Keywords:
Analisis Kebutuhan, Modul Pembelajaran, Kearifan Lokal, Kabupaten TulungaggunAbstract
Pelaksanaan pembelajaran tematik di SD merupakan hal yang baru.
Permasalahan yang terjadi dalam pelaksanaan pembelajaran tematik salah satunya
diterbitkan buku teks oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud)
yang disusun dan digunakan secara nasional, sehingga kurang mengapresiasi kearifan
budaya lokal daerah siswa. Pada dasarnya pembelajaran tematik bertujuan untuk
mengenalkan siswa pada lingkungan yang terdekat dengan siswa. Modul merupakan
salah satu jenis dari bahan ajar cetak. Perbedaan modul dengan ba han ajar cetak yang
lain yaitu pada modul siswa dapat belajar secara mandiri dan memuat konsep bahan
pengajaran yang dapat dipelajari sendiri oleh siswa (self instruction), dengan begitu
siswa akan aktif belajar (active learning). Analisis kebutuhan pengembangan modul
pembelajaran berbasis kearifan lokal Kabupaten Tulungagung ini meliputi analisis
kurikulum, analisis siswa, serta analisis kondisi lapangan. Berbagai analisis dilakukan
untuk mengetahui kebutuhan perlu dikembangannya modul pembelajaran berabsis
kearifan lokal yang menyeluruh sesuai dengan kondisi siswa, kurikulum, serta kondisi
di lapangan. Analisis kebutuhan yang menyeluruh dan akurat diharapkan dapat
dikembangkan modul pembelajaran berbasis kearifan lokal Kabupaten Tulungaung
yang sesuai dengan kebutuhan lapangan.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD) agree to the following terms:
- For all articles published in Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), copyright is retained by the authors. Authors give permission to the publisher to announce the work with conditions. When the manuscript is accepted for publication, the authors agree to automatic transfer of the publishing right to the publisher.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.