PENGARUH PROGRAM BIMBINGAN ORANG TUA TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA ANAK TUNARUNGU KELAS TINGGI PADA TINGKAT SEKOLAH DASAR LUAR BIASA
DOI:
https://doi.org/10.22219/jp2sd.v6i1.5903Keywords:
Anak Tunarungu, Keterampilan Berbicara, Program Bimbingan Orang TuaAbstract
Gangguan fungsi pendengaran pada anak tunarungu menyebabkan
perkembangan bahasa anak terhambat, akibatnya kemampuan untuk memonitor
produksi bahasa dan bicara anak tuna rungu terbatas. Hal tersebut menyebabkan
anak tuna rungu mengalami hambatan dalam berkomunikasi dengan lingkungan
orang mendengar, dimana bicara merupakan alat komunikasi. Program bimbingan
orang tua merupakan program yang dirancang dengan memanfaatan cara alami
orang tua berinteraksi dengan anak-anak mereka. Program ini berisikan cara-cara
mengembangkan keterampilan berbicara anak yang dikombinasikan dengan
pendekatan Behavioural dalam Family Counseling yang mengambil prinsip-prinsip
belajar manusia untuk melattih orang tua dalam pengelolaan anak. keterampilan
berbicara yang dikembangkan dalam program bimbingan orang tua meliputi :
pelafalan, struktur, kosakata, kefasihan/kelancaran, isi pembicaraan dan pemahaman
si pembicara terhadap isi pembicaraannya. Sehingga sebagai hasilnya anak.
tunarungu dapat berkomunikasi menggunakan bahasa verbal da lam lingkungan
orang mendengar. Tujuan penelitian ini adalah mendiskripsikan pelaksanaan
program bimbingan orang tua serta mengkaji pengaruh program tersebut terhadap
keterampilan berbicara anak tunarungu. Penelitian ini menggunakan pendekatan
kuantitatif dengan jenis penelitian Pre-Eksperimental dengan rancangan penelitian
One group pre test-post test design. Populasi yang diteliti dalam penelitian ini
adalah anak tunarungu kelas tinggi di SDLB Sumber Dharma Malang yang
berjumlah 7 anak. teknik pengumpulan data menggunakan metode tes lisan. Teknik
analisis data dengan Sign test. Hasil penelitian diperoleh perhitungan dengan nilai
kritis 5% untuk dua sisi (1,96), merupakan suatu kenyataan bahwa nilai Z yang
diperoleh dalam hitungan (ZH=2,27) adalah lebih besar dari pada nilai kritis Z 5%
dua sisi (1,96) sehingga hipotesis nol (Ho) di tolak dan hipotesis kerja (Ha) diterima.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan ada pengaruh penggunaan Program
Bimbingan Orang Tua terhadap keterampilan berbicara anak tunarungu kelas tinggi
di SDLB Sumber Dharma Malang
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD) agree to the following terms:
- For all articles published in Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), copyright is retained by the authors. Authors give permission to the publisher to announce the work with conditions. When the manuscript is accepted for publication, the authors agree to automatic transfer of the publishing right to the publisher.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.