PENGARUH PROGRAM BIMBINGAN ORANG TUA TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA ANAK TUNARUNGU KELAS TINGGI PADA TINGKAT SEKOLAH DASAR LUAR BIASA

Authors

  • Eni Rachmawati SDLB Sumber Dharma Malang

DOI:

https://doi.org/10.22219/jp2sd.v6i1.5903

Keywords:

Anak Tunarungu, Keterampilan Berbicara, Program Bimbingan Orang Tua

Abstract

Gangguan fungsi pendengaran pada anak tunarungu menyebabkan
perkembangan bahasa anak terhambat, akibatnya kemampuan untuk memonitor
produksi bahasa dan bicara anak tuna rungu terbatas. Hal tersebut menyebabkan
anak tuna rungu mengalami hambatan dalam berkomunikasi dengan lingkungan
orang mendengar, dimana bicara merupakan alat komunikasi. Program bimbingan
orang tua merupakan program yang dirancang dengan memanfaatan cara alami
orang tua berinteraksi dengan anak-anak mereka. Program ini berisikan cara-cara
mengembangkan keterampilan berbicara anak yang dikombinasikan dengan
pendekatan Behavioural dalam Family Counseling yang mengambil prinsip-prinsip
belajar manusia untuk melattih orang tua dalam pengelolaan anak. keterampilan
berbicara yang dikembangkan dalam program bimbingan orang tua meliputi :
pelafalan, struktur, kosakata, kefasihan/kelancaran, isi pembicaraan dan pemahaman
si pembicara terhadap isi pembicaraannya. Sehingga sebagai hasilnya anak. 

tunarungu dapat berkomunikasi menggunakan bahasa verbal da lam lingkungan
orang mendengar. Tujuan penelitian ini adalah mendiskripsikan pelaksanaan
program bimbingan orang tua serta mengkaji pengaruh program tersebut terhadap
keterampilan berbicara anak tunarungu. Penelitian ini menggunakan pendekatan
kuantitatif dengan jenis penelitian Pre-Eksperimental dengan rancangan penelitian
One group pre test-post test design. Populasi yang diteliti dalam penelitian ini
adalah anak tunarungu kelas tinggi di SDLB Sumber Dharma Malang yang
berjumlah 7 anak. teknik pengumpulan data menggunakan metode tes lisan. Teknik
analisis data dengan Sign test. Hasil penelitian diperoleh perhitungan dengan nilai
kritis 5% untuk dua sisi (1,96), merupakan suatu kenyataan bahwa nilai Z yang
diperoleh dalam hitungan (ZH=2,27) adalah lebih besar dari pada nilai kritis Z 5%
dua sisi (1,96) sehingga hipotesis nol (Ho) di tolak dan hipotesis kerja (Ha) diterima.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan ada pengaruh penggunaan Program
Bimbingan Orang Tua terhadap keterampilan berbicara anak tunarungu kelas tinggi
di SDLB Sumber Dharma Malang

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2018-06-25

Issue

Section

Articles