ANALISIS IMPLEMENTASI FULL DAY SCHOOL SEBAGAI UPAYAPEMBENTUKAN KARAKTER SISWA DI SD MUHAMMADIYAH 4 KOTA MALANG

Authors

  • Endah Wulandari SDN Sidomulyo 3 Pacitan
  • Marhan Taufik Universitas Muhammadiyah Malang
  • Kuncahyono Kuncahyono Universitas Muhammadiyah Malang

DOI:

https://doi.org/10.22219/jp2sd.v6i1.5904

Keywords:

Implementasi, Full Day School, Karakter

Abstract

Karakter sangat penting bagi siswa. Salah satu upaya untuk membentuk
karakter siswa yang berkualitas adalah melalui sekolah yang berbasis agama dan
menerapkan sistem full day school agar pembentukan karakter secara kontinu tersebut
dapat mencapai hasil. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) implementasi full
day school dalam pembentukan karakter siswa di SD Muhammadiyah 4 Malang, (2)
kendala implementasi full day school dalam pembentukan karakter siswa di SD
Muhammadiyah 4 Malang, dan (3) Solusi atas kendala implementasi full day school
dalam pembentukan karakter siswa di SD Muhammadiyah 4 Malang. Hasil penelitian
ini menunjukkan: (1) Pelaksanaan full day school di SD Muhammdiyah 4 Malang
dilaksanakan melalui kegiatan pembelajaran sehari penuh mulai pukul 07.00 WIB
sampai pukul 15.30 WIB, pembentukan karakter siswa di SD Muhammadiyah 4 Malang
dilaksanakan melalui budaya sekolah yaitu kegiatan rutin, kegiatan spontan dan
menggunakan metode pembentukan karakter. Pembentukan karakter siswa juga
dilaksanakan melalui kegiatan ekstrakurikuler. (2) kendala dalam penerapan full day
school dalam pembentukan karakter siswa yaitu kesadaran siswa, kurangnya dukungan
dan apresiasi dari beberapa orang tua atau wali murid, dan sarana prasarana yang belum
terpenuhi. (3) Solusi dalam mengatasi kendala yaitu melakukan pembinaan kepada
semua warga sekolah, menjalin hubungan dan kerjasama dengan wali murid yaitu
dengan membentuk paguyupan GPS (Gerakan Peduli Sekolah), memaksimalkan
pendanaan, fasilitas dan sarana prasarana sekolah

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2018-06-25

Issue

Section

Articles