ANALISIS IMPLEMENTASI FULL DAY SCHOOL SEBAGAI UPAYAPEMBENTUKAN KARAKTER SISWA DI SD MUHAMMADIYAH 4 KOTA MALANG
DOI:
https://doi.org/10.22219/jp2sd.v6i1.5904Keywords:
Implementasi, Full Day School, KarakterAbstract
Karakter sangat penting bagi siswa. Salah satu upaya untuk membentuk
karakter siswa yang berkualitas adalah melalui sekolah yang berbasis agama dan
menerapkan sistem full day school agar pembentukan karakter secara kontinu tersebut
dapat mencapai hasil. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) implementasi full
day school dalam pembentukan karakter siswa di SD Muhammadiyah 4 Malang, (2)
kendala implementasi full day school dalam pembentukan karakter siswa di SD
Muhammadiyah 4 Malang, dan (3) Solusi atas kendala implementasi full day school
dalam pembentukan karakter siswa di SD Muhammadiyah 4 Malang. Hasil penelitian
ini menunjukkan: (1) Pelaksanaan full day school di SD Muhammdiyah 4 Malang
dilaksanakan melalui kegiatan pembelajaran sehari penuh mulai pukul 07.00 WIB
sampai pukul 15.30 WIB, pembentukan karakter siswa di SD Muhammadiyah 4 Malang
dilaksanakan melalui budaya sekolah yaitu kegiatan rutin, kegiatan spontan dan
menggunakan metode pembentukan karakter. Pembentukan karakter siswa juga
dilaksanakan melalui kegiatan ekstrakurikuler. (2) kendala dalam penerapan full day
school dalam pembentukan karakter siswa yaitu kesadaran siswa, kurangnya dukungan
dan apresiasi dari beberapa orang tua atau wali murid, dan sarana prasarana yang belum
terpenuhi. (3) Solusi dalam mengatasi kendala yaitu melakukan pembinaan kepada
semua warga sekolah, menjalin hubungan dan kerjasama dengan wali murid yaitu
dengan membentuk paguyupan GPS (Gerakan Peduli Sekolah), memaksimalkan
pendanaan, fasilitas dan sarana prasarana sekolah
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD) agree to the following terms:
- For all articles published in Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), copyright is retained by the authors. Authors give permission to the publisher to announce the work with conditions. When the manuscript is accepted for publication, the authors agree to automatic transfer of the publishing right to the publisher.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.