PENGEMBANGAN MEDIA PERDASAWA (PERMAINAN DAKON AKSARA JAWA) MATA PELAJARAN BAHASA JAWA PADA KELAS V SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.22219/jp2sd.v6i1.5905Keywords:
Pengembangan, Media PERDASAWA, Membaca, Aksara JawaAbstract
Penelitian ini bertujuan menghasilkan produk media PERDASAWA yang
memiliki tingkat kevalidan sebagai kriteria media untuk membantu siswa membaca
aksara Jawa pada siswa kelas V SD. Penelitian ini menggunakan penelitian R&D
(Research and Development) dan jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian
pengembangan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media dapat
membantu siswa dalam belajar membaca aksara Jawa. Hal ini dibuktikan oleh hasil
validasi beberapa ahli antara lain, validasi ahli media sebesar 100%, validasi ahli
materi sebesar 95.71%, dan validasi ahli pembelajaran bahasa Jawa Sekolah Dasar
sebesar 93.07%. Sementara hasil uji coba kelompok kecil menunjukkan bahwa
88.75% pembelajaran bahasa Jawa menggunakan media KANCIL mendapat respon
positif dari siswa dan layak digunakan untuk pembelajaran. Hasil uji coba kelompok
besar menunjukkan bahwa 94.37% pembelajaran bahasa Jawa menggunakan media
mendapat respon positif dari siswa dan sangat layak dan efektif digunakan sebagai
media pembelajaran. Media KANCIL ini perlu perbaikan dalam segi ukuran font
dan spasi penulisan aksara Jawa yang benar
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD) agree to the following terms:
- For all articles published in Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), copyright is retained by the authors. Authors give permission to the publisher to announce the work with conditions. When the manuscript is accepted for publication, the authors agree to automatic transfer of the publishing right to the publisher.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.