KEKERASAN DI DUNIA MAYA: SURVEY TERHADAP SISWA SD DI KABUPATEN SLEMAN
DOI:
https://doi.org/10.22219/jp2sd.v6i2.7147Keywords:
Kekerasan, Dunia Maya, Siswa Sekolah DasarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi siswa, bentuk -bentuk
kekerasan, dan faktor-faktor penyebab kekerasan di dunia maya terhadap siswa SD di
Kabupaten Sleman. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian survei dengan pendekatan
kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SD Muhammadiyah se-Kabupaten
Sleman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi siswa tentang kekerasan di dunia
maya adalah positif, tetapi dalam kenyataannya siswa masih mengalami dan melakukan
kekerasan di dunia maya. Bentuk-bentuk kekerasan di dunia maya yang paling banyak
dialami siswa yaitu mendapat pesan yang membuat marah dimedia sosial (11%), mendapat
pesan yang mengganggu dimedia sosial (10%), dan mendapat foto tidak sopan dimedia
sosial (9,8%). Sedangkan, bentuk-bentuk kekerasan di dunia maya yang paling banyak
dilakukan siswa kelas yaitu mengirim pesan yang membuat orang lain marah dimedia sosial
(11,6%), mengirim pesan yang mengganggu orang lain dimedia sosial (11,2%), dan
mengomentari foto atau video orang lain dengan kata yang tidak menyenangkan dimedia
sosial (11,2%). Faktor-faktor penyebab kekerasan di dunia maya terhadap siswa kelas V di
Kabupaten Sleman terbesar adalah karena iseng (12,1%), benci atau jengkel (12,1%) dan
alasan yang lainnya (11,3%)
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD) agree to the following terms:
- For all articles published in Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), copyright is retained by the authors. Authors give permission to the publisher to announce the work with conditions. When the manuscript is accepted for publication, the authors agree to automatic transfer of the publishing right to the publisher.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.