KEEFEKTIFAN MODUL KOMIK TEMATIK BERBASIS MULTIPLE INTELEGENCE (MI) UNTUK SISWA KELAS V SD
DOI:
https://doi.org/10.22219/jp2sd.v6i2.7148Keywords:
Keefektifan, Komik, Tematik, Multiple IntelegenceAbstract
Modul komik tematik berbasis MI memiliki kelebihan berupa pembelajaran
tematik integratif yang dipadukan dengan MI. Modul dikembangkan untuk mengetahui dan
mengembangkan kecerdasan siswa. Teori MI yang diterapkan dalam pembelajaran tematik,
dapat digunakan untuk mengaktifkan kecerdasan yang belum terlihat pada diri siswa.
Pengembangan modul berbasis MI jarang ditemukan dilapangan. Modul yang digunakan di
sekolah, menekankan pada aspek kognitif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui
keefektifan modul komik tematik berbasis MI. Data keefektifan diperoleh dari rata-rata
seluruh tes yang diberikan kepada siswa setelah menggunakan modul. Analisis data untu k
penilaian berupa tes. Hasil kefektifan modul yang diujicobakan pada tujuh sekolah
menunjukkan perolehan nilai dengan rata-rata keefektifan siswa sebesar 76,75, siswa
mencapai mencapai skor ≥ 75. Prosentase ketuntasan modul 74% dapat dikatakan bahwa
Modul Komik Tematik Berbasis MI Kelas V SD efektif untuk digunakan dalam
pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul komik tematik berbasis MI
efektif.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD) agree to the following terms:
- For all articles published in Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), copyright is retained by the authors. Authors give permission to the publisher to announce the work with conditions. When the manuscript is accepted for publication, the authors agree to automatic transfer of the publishing right to the publisher.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.