KEEFEKTIFAN MODUL KOMIK TEMATIK BERBASIS MULTIPLE INTELEGENCE (MI) UNTUK SISWA KELAS V SD

Authors

  • Arnelia Dwi Yasa
  • Denna Delawanti Chrisyarani
  • Sa’dun Akbar
  • Alif Mudiono

DOI:

https://doi.org/10.22219/jp2sd.v6i2.7148

Keywords:

Keefektifan, Komik, Tematik, Multiple Intelegence

Abstract

Modul komik tematik berbasis MI memiliki kelebihan berupa pembelajaran
tematik integratif yang dipadukan dengan MI. Modul dikembangkan untuk mengetahui dan
mengembangkan kecerdasan siswa. Teori MI yang diterapkan dalam pembelajaran tematik,
dapat digunakan untuk mengaktifkan kecerdasan yang belum terlihat pada diri siswa.
Pengembangan modul berbasis MI jarang ditemukan dilapangan. Modul yang digunakan di
sekolah, menekankan pada aspek kognitif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui
keefektifan modul komik tematik berbasis MI. Data keefektifan diperoleh dari rata-rata
seluruh tes yang diberikan kepada siswa setelah menggunakan modul. Analisis data untu k
penilaian berupa tes. Hasil kefektifan modul yang diujicobakan pada tujuh sekolah
menunjukkan perolehan nilai dengan rata-rata keefektifan siswa sebesar 76,75, siswa
mencapai mencapai skor ≥ 75. Prosentase ketuntasan modul 74% dapat dikatakan bahwa
Modul Komik Tematik Berbasis MI Kelas V SD efektif untuk digunakan dalam
pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul komik tematik berbasis MI
efektif.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2018-11-30