MENGEKSPLORASI MOTIF BATIK ELEPHANT THAILAND MENGGUNAKAN TEKNIK SHIBORI OLEH SISWA SD BAN KRUA BANGKOK
DOI:
https://doi.org/10.22219/jp2sd.v6i2.7151Keywords:
Eksplorasi, motif batik, Elephant Thailand, Teknik ShiboriAbstract
Setiap negara mempunyai ciri khas tersendiri, baik adat istiadat maupun budaya.
Salah satunya Negara Thailand yang terkenal dengan gajahnya dan sudah menjadi ikon.
Thailand sangat menjunjung tinggi budaya terutama dalam dunia pendidikan. SD Ban Krua
merupakan salah satu sekolah yang masih kental dengan budaya serta merupakan sekolah
islam yang terdapat di Bangkok. Pembelajaran seni budaya di SD Ban Krua, para siswa
sudah dikenalkan binatang gajah karena masuk dalam mata pelajaran menggambar bentuk.
Saat wawancara dengan guru SD Bank Krua, sekolah ini belum pernah diajarkan membuat
batik. Sehingga tidak ada hal menarik bagi siswa dari tahun ketahunnya. Melihat fenomena
diatas, peneliti tertarik melakukan penelitian “Mengeksplorasi Motif Batik Elephant
Thailand Menggunakan Teknik Shibori oleh Siswa SD Ban Krua Bangkok”. Penelitian ini
tujuannya (1) Mengetahui Bagaimana cara Mengeksplorasi Elephant Menjadi Salah Satu
Motif Batik Teknik Shibori. (2) Mengetahui Bagaimana Aplikasi Motif Batik Elephant
dalam Teknik Shibori. Penelitian ini berjenis penelitian kualitatif dengan pendekatan
deskriptif. Subjek dari penelitian ini, karya membatik siswa menggunakan teknik Shibori
dengan motif Elephant. Penelitian ini menghasilkan:1) Proses eksplorasi Elephant menjadi
salah satu motif Batik teknik Shibori yaitu dengan pengamatan di sekitar lingkungan SD
Ban Krua, baik secara langsung maupun studi pustaka. Setelah melakukan pengamatan,
siswa menggambar wajah gajah dengan mengkombinasikan bentuk lain yang terdapat
disekitar SD Ban Krua. 2) Aplikasi motif batik Elephant dalam Teknik Shibori sehingga
menghasilkan hiasan dinding maupun taplak meja yang indah. Dengan membuat Batik
berteknik Shibori, menambah kreatifitas bagi siswa terutama dalam mengkombinasikan
warna dengan objek yang telah digambar sehingga menghasilkan karya batik yang indah
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD) agree to the following terms:
- For all articles published in Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), copyright is retained by the authors. Authors give permission to the publisher to announce the work with conditions. When the manuscript is accepted for publication, the authors agree to automatic transfer of the publishing right to the publisher.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.