ANALISIS PERSEPSI GURU SD KOTA MALANG TERHADAP KANDUNGAN MI PADA BUKU SISWA KURIKULUM 2013

Authors

  • Maharani Putri Kumalasani Universitas Muhammadiyah Malang
  • Dian Ika Kusumaningtyas Universitas Muhammadiyah Malang

DOI:

https://doi.org/10.22219/jp2sd.v6i2.7153

Keywords:

buku siswa, multiple Intellegences, persepsi guru

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskrispsikan persepsi guru SD Kota
Malang terhadap kandungan Multiple Intellegences pada buku siswa kurikulum 2013.
Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini ialah menggunakan pendekatan
kualitatif dengan metode deskriptif kualitatif. Alat pengumpul data dalam penelitian ini
ialah instrument wawancara dan angket analisis kandungan Multiple Intellegences pada
buku siswa kurikulum 2013. Hasil penelitian ini ialah analisis yang dilakukan oleh guru
menunjukkan bahwa terkandung Multiple Intellegences pada buku siswa yang
khususnya pada kegiatan siswa. Kedelapan kecerdasan itu antara lain kecerdasan
linguistic, spasial, kinestetik, interpersonal, intrapersonal, logis matematis, musical, dan
naturalis. Kedelapan kecerdasan tersebut tidak selalu muncul secara bersamaan.
Terdapat kecerdasan yang mendominasi pada buku siswa tersebut. Karena buku siswa
merupakan sumber utama pada saat proses pembelajaran, ntuk memaksimalkan
kecerdasan yang ada pada diri siswa guru memberikan tanggapan terhadap penambahan
kegiatan yang diharapkan dapat memaksimalkan kecerdasan siswa secara seimbang. Hal
tersebut merupakan persepsi positif yang ditunjukkan oleh guru

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2018-11-30