ANALISIS PERSEPSI GURU SD KOTA MALANG TERHADAP KANDUNGAN MI PADA BUKU SISWA KURIKULUM 2013
DOI:
https://doi.org/10.22219/jp2sd.v6i2.7153Keywords:
buku siswa, multiple Intellegences, persepsi guruAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskrispsikan persepsi guru SD Kota
Malang terhadap kandungan Multiple Intellegences pada buku siswa kurikulum 2013.
Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini ialah menggunakan pendekatan
kualitatif dengan metode deskriptif kualitatif. Alat pengumpul data dalam penelitian ini
ialah instrument wawancara dan angket analisis kandungan Multiple Intellegences pada
buku siswa kurikulum 2013. Hasil penelitian ini ialah analisis yang dilakukan oleh guru
menunjukkan bahwa terkandung Multiple Intellegences pada buku siswa yang
khususnya pada kegiatan siswa. Kedelapan kecerdasan itu antara lain kecerdasan
linguistic, spasial, kinestetik, interpersonal, intrapersonal, logis matematis, musical, dan
naturalis. Kedelapan kecerdasan tersebut tidak selalu muncul secara bersamaan.
Terdapat kecerdasan yang mendominasi pada buku siswa tersebut. Karena buku siswa
merupakan sumber utama pada saat proses pembelajaran, ntuk memaksimalkan
kecerdasan yang ada pada diri siswa guru memberikan tanggapan terhadap penambahan
kegiatan yang diharapkan dapat memaksimalkan kecerdasan siswa secara seimbang. Hal
tersebut merupakan persepsi positif yang ditunjukkan oleh guru
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD) agree to the following terms:
- For all articles published in Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), copyright is retained by the authors. Authors give permission to the publisher to announce the work with conditions. When the manuscript is accepted for publication, the authors agree to automatic transfer of the publishing right to the publisher.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.