ANALISIS PELAKSANAAN SOP PEMBELAJARAN TEMATIK BERBASIS KEARIFAN LOKAL DI SD SUMBERSARI 1 KOTA MALANG

Authors

  • Dyah Worowirastri Ekowati
  • Endang Poerwanti
  • Ima Wahyu Putri Utami

DOI:

https://doi.org/10.22219/jp2sd.v6i2.7154

Keywords:

SOP, pembelajaran tematik, kearifan lokal

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk 1) mendeskripsikan pelaksanaan SOP
pembelajaran tematik berbasis kearifan lokal di SD Sumbersari 1 Kota Malang, 2) kelebihan
dan kekurangan pelaksanaan SOP pembelajaran tematik berbasis kearifan lokal di SD
Sumbersari 1 Kota Malang, dan 3) mendeskripsikan solusi dari kekurangan pelaksanaan SOP
pembelajaran tematik berbasis kearifan lokal di SD Sumbersari 1 Kota Malang. Penelitian ini
menggunakan jenis penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu
observasi, dokumentasi, dan wawancara. Kearifan lokal Kota Malang yang digunakan dalam
pembelajaran ini yaitu terkait keberagaman makanan tradisional kota Malang, permainan
tradisional engklek, keanekaragaman candi di kota Malang, dan keanekaragaman tari kota
Malang. Kelebihan dari pelaksanaan SOP ini yaitu a) siswa lebih tertarik dalam mempelajari
materi, b) materi lebih mudah diterima oleh siswa, c) materi lebih lama diingat siswa.
Sedangkan kekurangan dari pelaksanaan SOP ini yaitu 1) guru harus memahami kearifan
lokal yang ada di daerahnya, 2) guru lebih ekstra dalam menyiapkan bahan pembelajaran,
dan 3) guru harus mampu melaksanakan kearifan lokal yang diajarkan ke siswa. Solusi dari
kekurangan pelaksanaan SOP pembelajaran tematik berbasis kearifan lokal yaitu 1) guru
harus banyak menambah wawasan terkait kearifan lokal daerah, guru harus banyak berlatih
keterampilan terkait kearifan lokal di daerahnya

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2018-11-30