ANALISIS PELAKSANAAN SOP PEMBELAJARAN TEMATIK BERBASIS KEARIFAN LOKAL DI SD SUMBERSARI 1 KOTA MALANG
DOI:
https://doi.org/10.22219/jp2sd.v6i2.7154Keywords:
SOP, pembelajaran tematik, kearifan lokalAbstract
Tujuan penelitian ini yaitu untuk 1) mendeskripsikan pelaksanaan SOP
pembelajaran tematik berbasis kearifan lokal di SD Sumbersari 1 Kota Malang, 2) kelebihan
dan kekurangan pelaksanaan SOP pembelajaran tematik berbasis kearifan lokal di SD
Sumbersari 1 Kota Malang, dan 3) mendeskripsikan solusi dari kekurangan pelaksanaan SOP
pembelajaran tematik berbasis kearifan lokal di SD Sumbersari 1 Kota Malang. Penelitian ini
menggunakan jenis penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu
observasi, dokumentasi, dan wawancara. Kearifan lokal Kota Malang yang digunakan dalam
pembelajaran ini yaitu terkait keberagaman makanan tradisional kota Malang, permainan
tradisional engklek, keanekaragaman candi di kota Malang, dan keanekaragaman tari kota
Malang. Kelebihan dari pelaksanaan SOP ini yaitu a) siswa lebih tertarik dalam mempelajari
materi, b) materi lebih mudah diterima oleh siswa, c) materi lebih lama diingat siswa.
Sedangkan kekurangan dari pelaksanaan SOP ini yaitu 1) guru harus memahami kearifan
lokal yang ada di daerahnya, 2) guru lebih ekstra dalam menyiapkan bahan pembelajaran,
dan 3) guru harus mampu melaksanakan kearifan lokal yang diajarkan ke siswa. Solusi dari
kekurangan pelaksanaan SOP pembelajaran tematik berbasis kearifan lokal yaitu 1) guru
harus banyak menambah wawasan terkait kearifan lokal daerah, guru harus banyak berlatih
keterampilan terkait kearifan lokal di daerahnya
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD) agree to the following terms:
- For all articles published in Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), copyright is retained by the authors. Authors give permission to the publisher to announce the work with conditions. When the manuscript is accepted for publication, the authors agree to automatic transfer of the publishing right to the publisher.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.