PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN NGANGGUNG SEBAGAI ALTERNATIF PEMBELAJARAN BERBICARA DI KELAS RENDAH
DOI:
https://doi.org/10.22219/jp2sd.v6i2.7155Keywords:
media pembelajaran, Nganggung, pembelajaran berbicaraAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) profil pembelajaran berbicara
siswa di kelas rendah; (2) rancangan pengembangan media pembelajaran Nganggung
sebagai alternatif pembelajaran berbicara di kelas rendah; (3) pengembangan dan penilaian
media pembelajaran Nganggung sebagai alternatif pembelajaran berbicara di kelas rendah.
Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode Penelitian dan Pengembangan
(Research and Development) dengan desain pengembangan Hannafin & Peck. Model
Hannafin & Peck terdiri atas tiga tahap atau fase, yaitu: tahap ana lisis kebutuhan, tahap
desain, serta tahap pengembangan. Tahap analisis kebutuhan dilakukan untuk mengetahui
profil pembelajaran berbicara siswa kelas rendah. Setelah data profil pembelajaran
diperoleh, langkah selanjutnya ialah mendesain atau merancang media sesuai dengan
kebutuhan di lapangan. Rancangan media dilakukan dengan membuat Garis Besar Program
(GBP) dan naskah media. Merancang media memerlukan kerja sama dengan para ahli
materi maupun media. Oleh karena itu, peneliti melakukan wawancara/ diskusi dengan 3
expert materi dan 3 expert media pembelajaran. Hasil rancangan GBP dan naskah media
menjadi landasan mengembangkan produk berupa media pembelajaran. Setelah produk
dikembangkan, langkah selanjutnya adalah melakukan pengujian atau penilaian produk
oleh beberapa ahli media dan ahli materi, masing-masing sebanyak 3 orang yang memiliki
kompetensi di bidang materi pembelajaran kelas rendah dan media pembelajaran berbasis
budaya Nganggung. Hasil penilaian menunjukkan pengembangan media pembelajaran
Nganggung layak digunakan sebagai alternatif pembelajaran berbicara di kelas rendah
khususnya pembelajaran Kurikulum 2013
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD) agree to the following terms:
- For all articles published in Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), copyright is retained by the authors. Authors give permission to the publisher to announce the work with conditions. When the manuscript is accepted for publication, the authors agree to automatic transfer of the publishing right to the publisher.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.