PENERAPAN METODE JIGSAW DAPAT MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA MATERI PESAWAT SEDERHANA DI KELAS V SD NEGERI SUMBER KECAMATAN KARANGAN KABUPATEN TRENGGALEK TAHUN 2016

Authors

  • Suroso - SDN Sumber, Karangan, Trenggalek

DOI:

https://doi.org/10.22219/jp2sd.v6i2.7533

Keywords:

Metode Jigsaw, Hasil Belajar IPA

Abstract

Berdasarkan hasil observasi di SD Negeri Sumber Kecamatan Karangan
Kabupaten Trenggalek menunjukkan bahwa ditemukan kasus bahwa terdapat masalah di
dalam pembelajaran yang diterapkan yaitu guru hanya menggunakan metode ceramah
saja dan tidak pernah menggunakan metode-metode pembelajaran lainnya. Jenis
penelitian ini adalah penelitian tindakan dan menggunakan desain Kemmis dan Mc
Taggart. Berdasarkan data hasil tes siklus 1 didapatkan rata-rata nilai kelas sebesar 57,89
% hasil tes siklus 2 diperoleh rata-rata nilai kelas 89,47 %. Hasil rata-rata nilai kelas pada
siklus 1 dan siklus 2 diketahui hasil belajar siswa pada ranah kognitif dengan
menerapkan metode jigsaw meningkat sebesar 31,58 %.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2018-09-30