PENGARUH MEDIA LARON (GAMELAN SARON) DENGAN LAGU DAERAH TERHADAP HASIL BELAJAR UNTUK ANAK TUNAGRAHITA RINGAN DI SLB MALANG
DOI:
https://doi.org/10.22219/jp2sd.v7i1.8634Keywords:
Penelitian Pra-eksperimen, Media LARON (Gamelan Saron), Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendiskripsikan penggunaan media LARON(Gamelan Saron) dengan lagu daerah terhadap hasil belajar anak tunagrahita ringan; (2)
mendiskripsikan tingkat kefektifan dan kevalidan dari media LARON (Gamelan Saron)
dengan lagu daerah terhadap hasil belajar anak tunagrahita ringan. Jenis penelitian ini
termasuk kedalam penelitian pra-eksperimen pola One Shot Case Study. Penelitian
dilakukan di SLB Malang dengan sampel populasi skala kecil berjumlah 2 anak dan skala
besar berjumlah 4 anak.. Hasil penelitian menunjukkan bahwa respon siswa dan guru
terhadap meida LARON memiliki rerata prosentase keefektifan sebesar 90,3% yang berarti
sangat efektif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar anak
tunagrahita ringan di SLB Malang mengalami peningkatan dengan penggunaan media
LARON (Gamelan Saron) dengan lagu daerah.
Downloads
References
Achmad, Tsabit Azinar. (2016). Sejarah
Kontroversial di Indonesia:
Prespektif Pendidikan. Jakarta:
Yayasan Pustaka Obor Indonesia
Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur
Penelitian : Suatu Pendekatan
Praktik (Edisi Revisi). Jakarta: PT
Rineka Cipta
Handayani, I. K., & Sopandi, A. A.
(2013). Efektifitas Meronce Balok
Huruf Untuk Meningkatkan
Kemampuan Membaca Anak
Tunagrahita Ringan. E-JUPEKhu,
(3)
Oka, Putu Arya. (2017). Media dan
Multimedia Pembelajaran.
Yogyakarta: Deepublish
Solichah, Imroatus. (2014). Alat Peraga
untuk Pelajar Tunarungu. Jakarta:
Media Guru
Tim Pustaka Pusindo. (2008). Lagu
Daerah. Jakarta: Media Pusindo
Bratana, S.A. (1997). Pendidikan Anak
Terbelakang Mental. Jakarta:
Depdikbud
Shobur, Alex. (2003). Psikologi Umum.
Bandung: Pustaka Setia
Heward, W.L. (2009). Excepcional
Children An Introduction To
Special Education. New Jersey:
The Lancet
Arief, dkk. (2009). Media Pendidikan,
Pengertian, Pengembangan, Dan
Pemanfaatannya. Jakarta:
Rajawali Press
Arsyad, Azhar. (2003). Media
Pembelajaran. Jakarta: PT Raja
Grafindo Persada
Mumpuniarti. (2017). Sejarah Lembaga
Pendidikan Khusus Tunagrahita
Di Jawa. Jurnal Cakrawala
Pendidikan. Yogyakarta: FIP
UNY
Nurhayati, (2015). Psikologi Perempuan
Dalam Berbagai Perspektif.
Yogykarta: Pustaka Pelajar
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD) agree to the following terms:
- For all articles published in Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), copyright is retained by the authors. Authors give permission to the publisher to announce the work with conditions. When the manuscript is accepted for publication, the authors agree to automatic transfer of the publishing right to the publisher.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.