PENGARUH MEDIA LARON (GAMELAN SARON) DENGAN LAGU DAERAH TERHADAP HASIL BELAJAR UNTUK ANAK TUNAGRAHITA RINGAN DI SLB MALANG

Authors

  • Leny Suryaning Suryaning Pendidikan Dasar, Pascasarjana, Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.22219/jp2sd.v7i1.8634

Keywords:

Penelitian Pra-eksperimen, Media LARON (Gamelan Saron), Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendiskripsikan penggunaan media LARON
(Gamelan Saron) dengan lagu daerah terhadap hasil belajar anak tunagrahita ringan; (2)
mendiskripsikan tingkat kefektifan dan kevalidan dari media LARON (Gamelan Saron)
dengan lagu daerah terhadap hasil belajar anak tunagrahita ringan. Jenis penelitian ini
termasuk kedalam penelitian pra-eksperimen pola One Shot Case Study. Penelitian
dilakukan di SLB Malang dengan sampel populasi skala kecil berjumlah 2 anak dan skala
besar berjumlah 4 anak.. Hasil penelitian menunjukkan bahwa respon siswa dan guru
terhadap meida LARON memiliki rerata prosentase keefektifan sebesar 90,3% yang berarti
sangat efektif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar anak
tunagrahita ringan di SLB Malang mengalami peningkatan dengan penggunaan media
LARON (Gamelan Saron) dengan lagu daerah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Achmad, Tsabit Azinar. (2016). Sejarah

Kontroversial di Indonesia:

Prespektif Pendidikan. Jakarta:

Yayasan Pustaka Obor Indonesia

Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur

Penelitian : Suatu Pendekatan

Praktik (Edisi Revisi). Jakarta: PT

Rineka Cipta

Handayani, I. K., & Sopandi, A. A.

(2013). Efektifitas Meronce Balok

Huruf Untuk Meningkatkan

Kemampuan Membaca Anak

Tunagrahita Ringan. E-JUPEKhu,

(3)

Oka, Putu Arya. (2017). Media dan

Multimedia Pembelajaran.

Yogyakarta: Deepublish

Solichah, Imroatus. (2014). Alat Peraga

untuk Pelajar Tunarungu. Jakarta:

Media Guru

Tim Pustaka Pusindo. (2008). Lagu

Daerah. Jakarta: Media Pusindo

Bratana, S.A. (1997). Pendidikan Anak

Terbelakang Mental. Jakarta:

Depdikbud

Shobur, Alex. (2003). Psikologi Umum.

Bandung: Pustaka Setia

Heward, W.L. (2009). Excepcional

Children An Introduction To

Special Education. New Jersey:

The Lancet

Arief, dkk. (2009). Media Pendidikan,

Pengertian, Pengembangan, Dan

Pemanfaatannya. Jakarta:

Rajawali Press

Arsyad, Azhar. (2003). Media

Pembelajaran. Jakarta: PT Raja

Grafindo Persada

Mumpuniarti. (2017). Sejarah Lembaga

Pendidikan Khusus Tunagrahita

Di Jawa. Jurnal Cakrawala

Pendidikan. Yogyakarta: FIP

UNY

Nurhayati, (2015). Psikologi Perempuan

Dalam Berbagai Perspektif.

Yogykarta: Pustaka Pelajar

Downloads

Published

2019-06-18

Issue

Section

Articles