PENINGKATAN EFEKTIVITAS BERKOMUNIKASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD PADA PEMBELAJARAN IPA MELALUI MODEL OPEN ENDED

Authors

  • Mira Santika Pendidikan Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.22219/jp2sd.v7i1.8635

Keywords:

Keterampilan berkomunikasi, Pembelajaran, Open Ended, IPA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan efektifitas komunikasi dan hasil
belaja siswa pada pembelajaran IPA Kelas IV SD. Jenis penelitian ini adalah tindakan kelas, dengan
subjek siswa kelas IV SD. Penelitian dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2015/2016,
instrumen penelitian yang digunakan adalah efektivitas berkomunikasi lembar siswa, lembar
penilaian hasil belajar pada aspek kognitif siswa pada level pengetahuan dan pemahaman.
Berdasarkan hasil penelitian, efektifitas berkomunikasi siswa pada siklus I memperoleh nilai rata-rata
peningkatan 49,99% pada siklus II menjadi 67,45%, efektivitas berkomunikasi siswa pada siklus I
memperoleh nilai rata-rata 53,96% meningkat pada siklus kedua menjadi 71,42%. Sedangkan hasil
belajar siswa pada tingkat kognitif pengetahuan pada siklus I meningkat pada siklus II 68,33 menjadi
80,47, hasil belajar kognitif pada level pemahaman pada siklus I meningkat pada siklus II 58,09
menjadi 71,42. Dapat disimpulkan bahwa model Open Ended dapat meningkatkan efektifitas
komunikasi dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA kelas IV SD

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustian, W. Y. (2017). Efektifitas

layanan penguasaan konten

menggunakan metode problem

solving untuk meningkatkan self

regulated learning siswa, 0, 1–10.

https://doi.org/10.24036/

Anatan, L. (2009). Efektivitas

komunikasi dalam organisasi,

(4), 1–9

Aswida, W., & Syukur, Y. (2012).

Efektifitas layanan bimbingan

kelompok dalam mengurangi

kecemasan berkomunikasi pada

siswa, 1–11

Akbar. (2013). Instrumen Perangkat

Pembelajaran. PT Remaja

Rosdakarya

Arikunto, Suharsimi, dkk. 2012.

Penelitian Tindakan Kelas.

Jakarta: Bumi Aksara

Baharun, H. (2015). Penerapan

pembelajaran active learning

untuk meningkatkan hasil belajar

siswa di madrasah, 1(1), 34–46

Depdiknas. (2007). Naskah Akademik:

Kajian Kebijakan Kurikulum

Mata Pelajaran IPA. Jakarta:

Departemen Pendidikan Nasional

Desfitri, Rita dkk. (2008). Laporan

Pengembangan Inovasi

Pembelajaran di Sekolah (PIPS).

Jurnal. FKIP. Universitas Bung

Hatta

Dewi, Y. A. S. (2017). Korelasi

efektivitas komunikasi dan latar

belakang etnis/suku orangtua

terhadap perkembangan bahasa

anak, 3, 99–114

Istarani. (2011). 58 Model Pembelajaran

Inovatif. Medan, Media Persada

Istarani. (2015). Ensiklopedi Pendidikan.

Media Persada

Huda. (2014). Model-model Pengajaran

dan Pembelajaran. Yogyakarta

eJournal Ilmu Komunikasi. (2014), 2

(4):287-296. ISSN 0000-0000,

http://ejournal.ilkom.fisipunmul.a

c.id/site/Copyright2014

Nikmatullah, D. (2005). Efektivitas

komunikasi kelompok pada

sekolah lapang pengendalian

hama terpadu (sl-pht) lada di upt

bukit kemuning lampung utara

Oleh, 1(1)

Noah, S. M., Malek, A., Karim, A.,

Othman, J., Malik, A., Rahman,

A., … Harun, M. T. (2009).

PEDAGOGI | Jurnal Ilmiah Ilmu

Pendidikan Volume IX No.1 April

48. Jurnal Ilmiah Ilmu

Pendidikan, IX(1), 48–57.

https://doi.org/10.1016/j.jtbi.2009.

031

Education, Perangkat, P., Ipa, P., & Di, T.

(2012). Journal of Innovative

Science Ed 1(1)

Sudjana.2012. Penilaian Hasil Proses

Belajar Mengajar. Bandung

Sumantri. (2002). Metode Penelitian.

Jakarta: Bina Ilmu

Suparno, Paul. (2007). Metodologi

Pembelajaran Fisika. Yogyakarta:

Universitas Sanata Dharma

Susanto. (2014). Teori Belajar dan

Pembelajaran. Jakarta: Bina Ilmu

Downloads

Published

2019-06-18

Issue

Section

Articles