PENINGKATAN EFEKTIVITAS BERKOMUNIKASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD PADA PEMBELAJARAN IPA MELALUI MODEL OPEN ENDED
DOI:
https://doi.org/10.22219/jp2sd.v7i1.8635Keywords:
Keterampilan berkomunikasi, Pembelajaran, Open Ended, IPAAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan efektifitas komunikasi dan hasilbelaja siswa pada pembelajaran IPA Kelas IV SD. Jenis penelitian ini adalah tindakan kelas, dengan
subjek siswa kelas IV SD. Penelitian dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2015/2016,
instrumen penelitian yang digunakan adalah efektivitas berkomunikasi lembar siswa, lembar
penilaian hasil belajar pada aspek kognitif siswa pada level pengetahuan dan pemahaman.
Berdasarkan hasil penelitian, efektifitas berkomunikasi siswa pada siklus I memperoleh nilai rata-rata
peningkatan 49,99% pada siklus II menjadi 67,45%, efektivitas berkomunikasi siswa pada siklus I
memperoleh nilai rata-rata 53,96% meningkat pada siklus kedua menjadi 71,42%. Sedangkan hasil
belajar siswa pada tingkat kognitif pengetahuan pada siklus I meningkat pada siklus II 68,33 menjadi
80,47, hasil belajar kognitif pada level pemahaman pada siklus I meningkat pada siklus II 58,09
menjadi 71,42. Dapat disimpulkan bahwa model Open Ended dapat meningkatkan efektifitas
komunikasi dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA kelas IV SD
Downloads
References
Agustian, W. Y. (2017). Efektifitas
layanan penguasaan konten
menggunakan metode problem
solving untuk meningkatkan self
regulated learning siswa, 0, 1–10.
Anatan, L. (2009). Efektivitas
komunikasi dalam organisasi,
(4), 1–9
Aswida, W., & Syukur, Y. (2012).
Efektifitas layanan bimbingan
kelompok dalam mengurangi
kecemasan berkomunikasi pada
siswa, 1–11
Akbar. (2013). Instrumen Perangkat
Pembelajaran. PT Remaja
Rosdakarya
Arikunto, Suharsimi, dkk. 2012.
Penelitian Tindakan Kelas.
Jakarta: Bumi Aksara
Baharun, H. (2015). Penerapan
pembelajaran active learning
untuk meningkatkan hasil belajar
siswa di madrasah, 1(1), 34–46
Depdiknas. (2007). Naskah Akademik:
Kajian Kebijakan Kurikulum
Mata Pelajaran IPA. Jakarta:
Departemen Pendidikan Nasional
Desfitri, Rita dkk. (2008). Laporan
Pengembangan Inovasi
Pembelajaran di Sekolah (PIPS).
Jurnal. FKIP. Universitas Bung
Hatta
Dewi, Y. A. S. (2017). Korelasi
efektivitas komunikasi dan latar
belakang etnis/suku orangtua
terhadap perkembangan bahasa
anak, 3, 99–114
Istarani. (2011). 58 Model Pembelajaran
Inovatif. Medan, Media Persada
Istarani. (2015). Ensiklopedi Pendidikan.
Media Persada
Huda. (2014). Model-model Pengajaran
dan Pembelajaran. Yogyakarta
eJournal Ilmu Komunikasi. (2014), 2
(4):287-296. ISSN 0000-0000,
http://ejournal.ilkom.fisipunmul.a
c.id/site/Copyright2014
Nikmatullah, D. (2005). Efektivitas
komunikasi kelompok pada
sekolah lapang pengendalian
hama terpadu (sl-pht) lada di upt
bukit kemuning lampung utara
Oleh, 1(1)
Noah, S. M., Malek, A., Karim, A.,
Othman, J., Malik, A., Rahman,
A., … Harun, M. T. (2009).
PEDAGOGI | Jurnal Ilmiah Ilmu
Pendidikan Volume IX No.1 April
48. Jurnal Ilmiah Ilmu
Pendidikan, IX(1), 48–57.
https://doi.org/10.1016/j.jtbi.2009.
031
Education, Perangkat, P., Ipa, P., & Di, T.
(2012). Journal of Innovative
Science Ed 1(1)
Sudjana.2012. Penilaian Hasil Proses
Belajar Mengajar. Bandung
Sumantri. (2002). Metode Penelitian.
Jakarta: Bina Ilmu
Suparno, Paul. (2007). Metodologi
Pembelajaran Fisika. Yogyakarta:
Universitas Sanata Dharma
Susanto. (2014). Teori Belajar dan
Pembelajaran. Jakarta: Bina Ilmu
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD) agree to the following terms:
- For all articles published in Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), copyright is retained by the authors. Authors give permission to the publisher to announce the work with conditions. When the manuscript is accepted for publication, the authors agree to automatic transfer of the publishing right to the publisher.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.