IMPLEMENTASI KURIKULUM CAMBRIDGE DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Norhana Guialani Diocolano PGSD FKIP Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Nafiah Nafiah PGSD FKIP Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.22219/jp2sd.v7i1.8636

Keywords:

Implementasi Kurikulum, Kurikulum Cambridge

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi kurikulum
Cambridge, menganalisis faktor pendukung dan mendeskripsikan tahap-tahap kurikulum
tersebut di Sekolah Dasar Khadijah Surabaya. Penelitian ini menggunakan purposive
sampling, Sampel penelitian ini terdiri dari kepala sekolah, wakil kepala sekolah bagian
kurikulum, dan guru di SD Khadijah Surabaya. Penulis menggunakan teknik pengumpulan
data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian di simpulkan bahwa
implementasi kurikulum Cambridge di Sekolah Dasar Khadijah Surabaya meliputi tiga
tahap yaitu a) perencanaan, b) pelaksanaan dan c) evaluasi. Dalam tahap perencanaan
terlihat mulai dari persiapan framework Cambridge dan RPP (Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran). Kurikulum Cambridge dilaksanakan dengan baik dalam kegiatan
pembelajaran yang di dukung dari media pembelajaran, textbook dan berjalan dengan active
learning. Penerapan kurikulum ini melalui pembelajaran untuk pendukungnya dan
ekstrakurikuler untuk pendalamannya. Kurikulum Cambridge di aplikasikan dari tiga mata
pelajaran yaitu English, Science, dan Mathematics. Tahap evaluasi dalam implementasi
kurikulum Cambridge di Sekolah Dasar Khadijah Surabaya telah dievaluasi dengan baik
melalui check progression test atau (CPT) untuk siswa kelas I hingga kelas V dan
checkpoint untuk siswa kelas VI dan ujian ini dilakukan sekali setahun. Hasil ujian ini tidak
ada standar kelulusan bagi siswa hanya untuk pemetaan kemampuan belajar siswa

References

Arifin, Zainal. (2011). Konsep dan Model

Pengembangan Kurikulum.

Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Arifin, Zainal. (2012). Metodologi

Penelitian Pendidikan.Surabaya:

Lentera Cendikia

Arsyad, Azhar. (2011). Media

Pembelajaran. Jakarta: Rajawalli

Pers

Azwar, Saifudin. (2012). Reliabilitas dan

Validitas. Yogyakarta: Pustaka

Pelajar

Busro, Muhammad dan Siskandar.

(2017). Perencanaan dan

Pengembangan Kurikulum.

Yogyakarta: Media Akademi

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan

Zain. (2010). Guru dan Anak

Didik dalam Interaksi Edukatif

Suatu Pendekatan Teoritis

Psikologis. Jakarta: Rineka Cipta

Hamzah, Ali. (2014). Evaluasi

Pembelajaran Matematika.

Jakarta: PT Rajagrafindo

Persada/Rajawali Pers

Kemendikbud. (2013). Permedikbud

Nomor 65 Tahun 2013 Tentang

Standar Proses. Jakarta:

Kemendikbud

Kunandar. (2007). Guru Profesional

Implementasi Kurikulum Tingkat

Satuan Pelajaran (KTSP) dan

Persiapan Menghadapi Sertifikasi

Guru. Jakarta: Raja Grafindo

Persada

Mulyono.2008.Manajemen Administrasi

dan Organisasi Pendidikaan.Yog

yakarta: Arruzmedia.

Muslich, Mansur. (2010). Text Book

Writing. Jakarta: Ar-Ruzz Media

Purnomo, Edy. (2016). Dasar-Dasar dan

Perancangan Evaluasi

Pembelajaran. Yogyakarta:Media

Akademi.

Raharjo, Rahmat. (2012). Inovasi

Kurikulum Pendidikan Agama

Islam. Yogyakarta: Magnum

Pustaka.

Sugiyono. (2007). Metode Penelitian dan

Pengembangan (Research and

Development/R&D). Bandung:

Elfabeta.

Sutopo H.B.. (2006). Metodologi

Penelitian Kualitatif. Surakarta:

Universitas Negeri Sebelas Maret.

Yulaelawati, Ella. (2004). Kurikulum dan

Pembelajaran filosofi teori dan

Aplikasi. Bandung: Pakar Raya

Pustaka

Downloads

Published

2019-06-18

Issue

Section

Articles