IMPLEMENTASI KURIKULUM CAMBRIDGE DI SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.22219/jp2sd.v7i1.8636Keywords:
Implementasi Kurikulum, Kurikulum CambridgeAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi kurikulumCambridge, menganalisis faktor pendukung dan mendeskripsikan tahap-tahap kurikulum
tersebut di Sekolah Dasar Khadijah Surabaya. Penelitian ini menggunakan purposive
sampling, Sampel penelitian ini terdiri dari kepala sekolah, wakil kepala sekolah bagian
kurikulum, dan guru di SD Khadijah Surabaya. Penulis menggunakan teknik pengumpulan
data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian di simpulkan bahwa
implementasi kurikulum Cambridge di Sekolah Dasar Khadijah Surabaya meliputi tiga
tahap yaitu a) perencanaan, b) pelaksanaan dan c) evaluasi. Dalam tahap perencanaan
terlihat mulai dari persiapan framework Cambridge dan RPP (Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran). Kurikulum Cambridge dilaksanakan dengan baik dalam kegiatan
pembelajaran yang di dukung dari media pembelajaran, textbook dan berjalan dengan active
learning. Penerapan kurikulum ini melalui pembelajaran untuk pendukungnya dan
ekstrakurikuler untuk pendalamannya. Kurikulum Cambridge di aplikasikan dari tiga mata
pelajaran yaitu English, Science, dan Mathematics. Tahap evaluasi dalam implementasi
kurikulum Cambridge di Sekolah Dasar Khadijah Surabaya telah dievaluasi dengan baik
melalui check progression test atau (CPT) untuk siswa kelas I hingga kelas V dan
checkpoint untuk siswa kelas VI dan ujian ini dilakukan sekali setahun. Hasil ujian ini tidak
ada standar kelulusan bagi siswa hanya untuk pemetaan kemampuan belajar siswa
Downloads
References
Arifin, Zainal. (2011). Konsep dan Model
Pengembangan Kurikulum.
Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Arifin, Zainal. (2012). Metodologi
Penelitian Pendidikan.Surabaya:
Lentera Cendikia
Arsyad, Azhar. (2011). Media
Pembelajaran. Jakarta: Rajawalli
Pers
Azwar, Saifudin. (2012). Reliabilitas dan
Validitas. Yogyakarta: Pustaka
Pelajar
Busro, Muhammad dan Siskandar.
(2017). Perencanaan dan
Pengembangan Kurikulum.
Yogyakarta: Media Akademi
Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan
Zain. (2010). Guru dan Anak
Didik dalam Interaksi Edukatif
Suatu Pendekatan Teoritis
Psikologis. Jakarta: Rineka Cipta
Hamzah, Ali. (2014). Evaluasi
Pembelajaran Matematika.
Jakarta: PT Rajagrafindo
Persada/Rajawali Pers
Kemendikbud. (2013). Permedikbud
Nomor 65 Tahun 2013 Tentang
Standar Proses. Jakarta:
Kemendikbud
Kunandar. (2007). Guru Profesional
Implementasi Kurikulum Tingkat
Satuan Pelajaran (KTSP) dan
Persiapan Menghadapi Sertifikasi
Guru. Jakarta: Raja Grafindo
Persada
Mulyono.2008.Manajemen Administrasi
dan Organisasi Pendidikaan.Yog
yakarta: Arruzmedia.
Muslich, Mansur. (2010). Text Book
Writing. Jakarta: Ar-Ruzz Media
Purnomo, Edy. (2016). Dasar-Dasar dan
Perancangan Evaluasi
Pembelajaran. Yogyakarta:Media
Akademi.
Raharjo, Rahmat. (2012). Inovasi
Kurikulum Pendidikan Agama
Islam. Yogyakarta: Magnum
Pustaka.
Sugiyono. (2007). Metode Penelitian dan
Pengembangan (Research and
Development/R&D). Bandung:
Elfabeta.
Sutopo H.B.. (2006). Metodologi
Penelitian Kualitatif. Surakarta:
Universitas Negeri Sebelas Maret.
Yulaelawati, Ella. (2004). Kurikulum dan
Pembelajaran filosofi teori dan
Aplikasi. Bandung: Pakar Raya
Pustaka
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD) agree to the following terms:
- For all articles published in Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), copyright is retained by the authors. Authors give permission to the publisher to announce the work with conditions. When the manuscript is accepted for publication, the authors agree to automatic transfer of the publishing right to the publisher.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.