PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEGAK BERSAMBUNG MELALUI METODE SAS PADA SISWA KELAS II-B SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.22219/jp2sd.v7i1.8637Keywords:
Keterampian Menulis Tegak Bersambung, SAS, Metode SASAbstract
Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemamuan menulis tegak bersambungmelalui metode SAS (Struktural Analitik Sintetik) pada siswa kelas II-B SDN Tlogomas II
Kota Malang. Metode SAS dipilih karena sejalan dengan prinsip linguistik. Subjek
penelitian ini yaitu siswa kelas II-B SDN Tlogomas II Kota Malang tahun ajaran 2018/2019
dengan jumlah 27 orang. Penelitian ini berjenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), adapun
penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 siklus, dimana dalam setiap siklus terdiri dari 2
pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Penelitian ini
menunjukkan bahwa metode SAS dapat meningkatkan keterampilan siswa menulis tegak
bersambung. Hal tersebut dapat dilihat dari peningkatan rata-rata kelas dari pre-test, yaitu
64,97, meningkat menjadi 72,34 pada siklus I pertemuan pertama, dan dari siklus II
pertemuan pertama, yaitu 70,71, meningkat menjadi 76,95. Prosentase kelulusan kelas
mengalami peningkatan dari pre test yaitu 18,18%, meningkat menjadi 59,09% pada siklus
I pertemuan pertama, dari siklus I pertemuan kedua, yaitu 41,67%, meningkat menjadi
52,17% pada siklus II pertemuan pertama, dari siklus II pertemuan pertama, yaitu 52,17%,
meningkat menjadi 85% pada siklus II pertemuan kedua.
Downloads
References
Agustina, Ine. (2017). Penerapan Metode
Sas untuk Meningkatkan
Keterampilan Menulis Huruf
Tegak Bersambung Kelas I SD
skripsi tidak diterbitkan.
Bandung: FIP UPI
Hartati, dkk. (2006). Pendidikan Bahasa
dan Sastra Indonesia Di Kelas
Rendah, Bandung: UPI PRES
Kristiantari, Rini. (2004). Pembelajaran
Menulis di Sekolah Dasar.
Surabaya: Media Ilmu
Miles & Huberman. (1992). Analisis
Data Kualitatif. Jakarta: Penerbit
Universitas Indonesia
Mulyati, dkk. (2015). Keterampilan
Berbahasa Indonesia SD.
Tangerang Selatan: Universitas
terbuka – Kementrian Riset,
Teknolog, dan Pendidikan Tinggi
Hopkins, David. (2008). Panduan Guru
Penelitian Tindakan Kelas.
Terjemahan Achmad Fawaid.
Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Pranoto, Naning. (2004). Creative
Writing: 72 Jurus Seni
Mengarang. Jakarta: PT. Primadia
Pustaka.
Solchan, dkk. (2008). Pendidikan Bahasa
Indonesia di SD. Jakarta:
Universitas Terbuka
Zulela. (2012). Pembelajaran Bahasa
Indonesia Apersepsi Sastra di
Sekolah Dasar. Jakarta: PT.
Remaja Rosdakarya
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD) agree to the following terms:
- For all articles published in Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), copyright is retained by the authors. Authors give permission to the publisher to announce the work with conditions. When the manuscript is accepted for publication, the authors agree to automatic transfer of the publishing right to the publisher.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.