PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATERI KELILING DAN LUAS BANGUN DATAR MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING PADA SISWA KELAS IV-A SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.22219/jp2sd.v7i1.8638Keywords:
Hasil Belajar, Model Pembelajaran, Discovery Learning, Keliling dan Luas Bangun DatarAbstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peningkatan hasil belajar materi kelilingdan luas bangun datar melalui model pembelajaran Discovery Learning. Penelitian ini
merupakan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini
menggunakan desain penelitian tindakan kelas dari Kemmis & Mc. Taggart. Subjek dari
penelitian ini adalah peserta didik kelas IV-A SDN Ngaglik 01 Kota Batu sebanyak 29
peserta didik. Data dari penelitian ini adalah data dokumenter, data hasil observasi aktivitas
peserta didik dan aktivitas guru serta data hasil belajar peserta didik. Penelitian ini
menunjukkan bahwa model pembelajaran discovery learning meningkatkan hasil belajar
peserta didik dengan prosentase di siklus 1 sebesar 65,5% dan pada siklus 2 meningkat
menjadi 82,7% dari siklus 1 ke siklus 2 meningkat 17,2%. Peningkatan terjadi pula pada
aktivitas peserta didik dan aktivitas guru. Aktivitas peserta didik dari siklus 1 ke siklus 2
menigkat 20,9%, sedangkan aktivitas guru meningkat 17,5%.
Downloads
References
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian
Suatu Pendekatan Praktik.
Jakarta: Bumi Aksara
Harmony, J. and T. (2012). Pengaruh
Kemampuan Spasial terhadap
Hasil Belajar Matematika Siswa
Kelas VII SMP Negeri 9 Kota
Jambi. Edumatica, 02(01)
Hosnan. (2014). Pendekatan Saintifik
Dan Konstektual Dalam
Pembelajaran Abad 21. Bogor:
Ghalia Indonesia
Ilahi, M. T. (2012). Pembelajaran
Discovery Strategy dan Skill.
Jogjakarta: DIVA Press
Mulyasa. (2010). Praktik Penelitian
Tindakan Kelas. Bandung:
Remaja Rosdakarya
Nurcholis. (2013). Implementasi Metode
Penemuan Terbimbing untuk
Meningkatkan Hasil Belajar
Siswa pada Penarikan Kesimpulan
Logika Matematika.
JurnalElektronik Pendidikan
Matematika Tadulako, 1(1)
Supriyanto, B. (2014). Penerapan
Discovery Learning untuk
Meningkatkan Hasil Belajar
Siswa Kelas VI B Mata Pelajaran
Matematika Pokok Bahasan
Keliling dan Luas Lingkaran di
SDN Tanggul Wetan 02
Kecamatan Tanggul Kabupaten
Jember. Pancaran, 3(2), 165–167
Trianto. (2012). Mendesain Model
Pembelajaran Inovatif-Progresif.
Jakarta: Kencana Predana Media
Group
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD) agree to the following terms:
- For all articles published in Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), copyright is retained by the authors. Authors give permission to the publisher to announce the work with conditions. When the manuscript is accepted for publication, the authors agree to automatic transfer of the publishing right to the publisher.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.