PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP NILAI TEMPAT BILANGAN MELALUI MEDIA KANTUNG BIJI BILANGAN PADA SISWA KELAS I-A SEKOLAH DASAR

Authors

  • Reza Ika Savitri
  • Lise Chamisijatin
  • Andayani Andayani

DOI:

https://doi.org/10.22219/jp2sd.v7i1.8639

Keywords:

Pemahaman Konsep, Nilai Tempat Bilangan, Kantung Biji Bilangan

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang
konsep nilai tempat bilangan melalui media kantung biji bilangan. Siswa dirasa masih
mengalami kesulitan dalam memahami konsep nilai tempat bilangan. Metode yang
digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan model penelitian yang
dikembangkan oleh Kemmis dan Mc. Taggart. Subjek penelitian adalah siswa kelas I-A
SDN Sumbersari 1 Malang yang berjumlah 21 siswa. Penelitian ini dilaksanakan pada
bulan Januari-Februari 2019. Penelitian tindakan dilaksanakan dalam dua siklus, yakni
siklus I dan siklus II. Setiap siklus memiliki 4 tahapan yakni, perencanaan, pelaksanaan,
observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, tes
dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada pra siklus
mendapatkan nilai rata-rata sebesar 69,76, lalu meningkat menjadi 71,66 pada siklus I, dan
menjadi 82,24 pada sikus II. Prosentase ketuntasan pun mengalami peningkatan dari
52,38% (pra siklus), menjadi 80,95% (siklus I) hingga 90,48% pada siklus II. Dengan
demikian dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian menunjukkan media kantung biji
bilangan dapat meningkatkan pemahaman konsep nilai tempat bilangan siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur

Penelitian Suatu PendekatanPraktik. Jakarta : PT Asdi

Mahasatya

Budi, T. S. (2010). Peningkatan

Kemampuan Memahami Nilai

Tempat dengan Media Kantung

Kelereng Pada Peserta Didik

Kelas II SD Negeri Bukuran 2

Kecamatan Kalijambe Kabupaten

Sragen TP 2009/2011 Skripsi.

Surakarta : Universitas Sebelas

Maret

Harjanto. (2011). Perencanaan

Pengajaran. Jakarta : Rineka

Cipta

Haryono, Ari Dwi. (2015). Metode

Praktis Pengembangan Sumber

dan Media Pembelajaran. Malang

: Genus Media

Hasyim, Adelina. (2016). Metode

Penelitian dan Pengembangan di

Sekolah. Yogyakarta : Media

Akademi

Soedjadi. (2002). Kiat Pendidikan

Matematika di Indonesia. Jakarta :

Direktorat Jendral Pendidikan

Tinggi Departemen Pendidikan

Nasional

Suherman, Erman. (1993). Evaluasi

Proses dan Hasil Belajar

Matematika. Jakarta : Universitas

Terbuka. Depdikbud

Downloads

Published

2019-06-18

Issue

Section

Articles