PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP NILAI TEMPAT BILANGAN MELALUI MEDIA KANTUNG BIJI BILANGAN PADA SISWA KELAS I-A SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.22219/jp2sd.v7i1.8639Keywords:
Pemahaman Konsep, Nilai Tempat Bilangan, Kantung Biji BilanganAbstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa tentangkonsep nilai tempat bilangan melalui media kantung biji bilangan. Siswa dirasa masih
mengalami kesulitan dalam memahami konsep nilai tempat bilangan. Metode yang
digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan model penelitian yang
dikembangkan oleh Kemmis dan Mc. Taggart. Subjek penelitian adalah siswa kelas I-A
SDN Sumbersari 1 Malang yang berjumlah 21 siswa. Penelitian ini dilaksanakan pada
bulan Januari-Februari 2019. Penelitian tindakan dilaksanakan dalam dua siklus, yakni
siklus I dan siklus II. Setiap siklus memiliki 4 tahapan yakni, perencanaan, pelaksanaan,
observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, tes
dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada pra siklus
mendapatkan nilai rata-rata sebesar 69,76, lalu meningkat menjadi 71,66 pada siklus I, dan
menjadi 82,24 pada sikus II. Prosentase ketuntasan pun mengalami peningkatan dari
52,38% (pra siklus), menjadi 80,95% (siklus I) hingga 90,48% pada siklus II. Dengan
demikian dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian menunjukkan media kantung biji
bilangan dapat meningkatkan pemahaman konsep nilai tempat bilangan siswa.
Downloads
References
Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur
Penelitian Suatu PendekatanPraktik. Jakarta : PT Asdi
Mahasatya
Budi, T. S. (2010). Peningkatan
Kemampuan Memahami Nilai
Tempat dengan Media Kantung
Kelereng Pada Peserta Didik
Kelas II SD Negeri Bukuran 2
Kecamatan Kalijambe Kabupaten
Sragen TP 2009/2011 Skripsi.
Surakarta : Universitas Sebelas
Maret
Harjanto. (2011). Perencanaan
Pengajaran. Jakarta : Rineka
Cipta
Haryono, Ari Dwi. (2015). Metode
Praktis Pengembangan Sumber
dan Media Pembelajaran. Malang
: Genus Media
Hasyim, Adelina. (2016). Metode
Penelitian dan Pengembangan di
Sekolah. Yogyakarta : Media
Akademi
Soedjadi. (2002). Kiat Pendidikan
Matematika di Indonesia. Jakarta :
Direktorat Jendral Pendidikan
Tinggi Departemen Pendidikan
Nasional
Suherman, Erman. (1993). Evaluasi
Proses dan Hasil Belajar
Matematika. Jakarta : Universitas
Terbuka. Depdikbud
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD) agree to the following terms:
- For all articles published in Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), copyright is retained by the authors. Authors give permission to the publisher to announce the work with conditions. When the manuscript is accepted for publication, the authors agree to automatic transfer of the publishing right to the publisher.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.