PENINGKATAN PEMAHAMAN ARTI KATA DALAM PEMBELAJARAN TEMA PENGALAMANKU KELAS II SEKOLAH DASAR

Authors

  • Rakyan Nimmanarati
  • Dyah Worowirastri Ekowati
  • Aftikah Aftikah

DOI:

https://doi.org/10.22219/jp2sd.v7i1.8640

Keywords:

Kemampuan Memahami, Kartu Petunjuk

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk meningkatkan kemampuan memahami arti
kata pada puisi anak siswa kelas II A SDN Purwantoro 2 Malang dengan menggunakan
media kartu petunjuk. Siswa dirasa mengalami kesulitan dalam memahami arti kata pada
puisi anak. Jenis penelitian yang digunakan ialah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan
model penelitian tindakan yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc. Taggart. Subjek
penelitian ini yaitu siswa kelas II A SDN Purwantoro 2 Malang yang berjumlah 25 siswa.
Penelitian tindakan dilaksanakan dalam dua siklus, yakni siklus I dan siklus II. Teknik
pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Data hasil penelitian diperoleh dari
observasi dan tes hasil belajar. Pada siklus I kemampuan siswa dalam memahami arti kata
pada puisi mengalami peningkatan dari hasil pra siklus nilai rata-rata siswa sebesar 47,2
meningkat menjadi 65,8 pada siklus I dan 82,4 pada siklus II dengan prosentase ketuntasan
dari 32% pada pra siklus menjadi 56% pada siklus I dan 80% pada siklus II. Dengan
demikian dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian menunjukkan penggunaan media kartu
petunjuk dalam pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan memahami arti kata pada
puisi anak.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akbar, Sa’dun. (2009). Penelitian

Tindakan Kelas: Filosofi,

Metodologi, Implementasi.

Yogyakarta: Cipta Media

Ambarawati, Retno. (2017). Penggunaan

Media Gambar untuk

Meningkatkan Hasil Belajar IPA

Siswa Kelas VI C SDN 004

Tembilahan Kota. Jurnal Primary

Program Studi Pendudukan Guru

Sekolah Dasar Fakultas

Keguruan dan Ilmu Pendidikan

universitas Riau,6 (1), 276-285

Daryanto. (2012). Media Pembelajaran.

Bandung: Satu Nusa

Handiyani, Seni dan Wildan. (2008).

Persiapan UN Bahasa Indonesia

untuk SMP/MTS. Bandaung:

Grafindo

Hopkins, David. (2008). Panduan Guru

Penelitian Tindakan Kelas.

Terjemahan Achmad Fawaid.

Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Irfan. (2017). Pengaruh Penggunaan

Media Gambar Terhadap

Kemampuan Bercerita dalam

Bahasa Bugis Siswa Kelas VII

SMP Negeri 4 Sinjai Timur

Skripsi tidak

diterbitkan.Makassar:FBS UNM

Peraturan Menteri Pendidikan dan

Kebudayaan Republik Indonesia

No 24, 2016. BSNP Indoensia

(online), (http://bdnpindonesia.org/wpcontent/uploads/2009/09/Permend

ikbud_Tahun2016_Nomor024.pdf

Pertiwi, Ismi Julia. (2018).

Peningngkatan Keterampilan

Mneulis Permulaan menggunakan

Media Gambar Tunggal Pada

Siswa Kelas IIA SD Negeri

bangunjiwo Bantul. Skripsi tidak

diterbitkan. Jogjakarta:FIP UNY

Putra, Winata dkk. (2011). Strategi

Belajar Mengajar.Jakarta:

Universitas Terbuka

Rahman. (2014). Penggunaan Media

Visual Gambar untuk

Meningkatkan Hasil Belajar IPS

Siswa Kelas IV Mi YAPIA

Parung. Skripsi tidak diterbitkan.

Jakarta: FITK UNM

Rusman. (2017). Belajar dan

Pembelajaran Berorientasi

Standar Proses Pendidikan.

Jakarta: Kencana Slavin, Robert

E. 2009. Psikologi Pendidikan:

Teori dan Praktik. Terjemahan

Marianto Samosir. 2011. Jakarta:

Indeks

Susilana, Rudi dan Cepi Riyana. (2009).

Media Pembelajaran: Hakikat

Pengembangan Pemanfaatan dan

Penilaian.Bandung: Wacana

Prima

Winarti. (2013).Peningkatan Keaktifan

dan Hasil Belajar Siswa Pokok

Bahasan Penyusutan Aktiva Tetap

dengan Metode Menjodohkan

Kotak. Jurnal Pendidikan

Ekonomi Dinamika Pendidikan, 8

(2), 123-132

Handayani. (2013). Penggunaan Media

kartu Bergambar untuk

Meningkatkan Hasil Belajar

Peninggalan Sejarah pada Siswa

Kelas IV di MINU Curungrerjo

Kepanjen Skripsi tidak

diterbitkan. Malang:FITK UIN

Downloads

Published

2019-06-18

Issue

Section

Articles