PENINGKATAN PEMAHAMAN ARTI KATA DALAM PEMBELAJARAN TEMA PENGALAMANKU KELAS II SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.22219/jp2sd.v7i1.8640Keywords:
Kemampuan Memahami, Kartu PetunjukAbstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk meningkatkan kemampuan memahami artikata pada puisi anak siswa kelas II A SDN Purwantoro 2 Malang dengan menggunakan
media kartu petunjuk. Siswa dirasa mengalami kesulitan dalam memahami arti kata pada
puisi anak. Jenis penelitian yang digunakan ialah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan
model penelitian tindakan yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc. Taggart. Subjek
penelitian ini yaitu siswa kelas II A SDN Purwantoro 2 Malang yang berjumlah 25 siswa.
Penelitian tindakan dilaksanakan dalam dua siklus, yakni siklus I dan siklus II. Teknik
pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Data hasil penelitian diperoleh dari
observasi dan tes hasil belajar. Pada siklus I kemampuan siswa dalam memahami arti kata
pada puisi mengalami peningkatan dari hasil pra siklus nilai rata-rata siswa sebesar 47,2
meningkat menjadi 65,8 pada siklus I dan 82,4 pada siklus II dengan prosentase ketuntasan
dari 32% pada pra siklus menjadi 56% pada siklus I dan 80% pada siklus II. Dengan
demikian dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian menunjukkan penggunaan media kartu
petunjuk dalam pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan memahami arti kata pada
puisi anak.
Downloads
References
Akbar, Sa’dun. (2009). Penelitian
Tindakan Kelas: Filosofi,
Metodologi, Implementasi.
Yogyakarta: Cipta Media
Ambarawati, Retno. (2017). Penggunaan
Media Gambar untuk
Meningkatkan Hasil Belajar IPA
Siswa Kelas VI C SDN 004
Tembilahan Kota. Jurnal Primary
Program Studi Pendudukan Guru
Sekolah Dasar Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan
universitas Riau,6 (1), 276-285
Daryanto. (2012). Media Pembelajaran.
Bandung: Satu Nusa
Handiyani, Seni dan Wildan. (2008).
Persiapan UN Bahasa Indonesia
untuk SMP/MTS. Bandaung:
Grafindo
Hopkins, David. (2008). Panduan Guru
Penelitian Tindakan Kelas.
Terjemahan Achmad Fawaid.
Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Irfan. (2017). Pengaruh Penggunaan
Media Gambar Terhadap
Kemampuan Bercerita dalam
Bahasa Bugis Siswa Kelas VII
SMP Negeri 4 Sinjai Timur
Skripsi tidak
diterbitkan.Makassar:FBS UNM
Peraturan Menteri Pendidikan dan
Kebudayaan Republik Indonesia
No 24, 2016. BSNP Indoensia
(online), (http://bdnpindonesia.org/wpcontent/uploads/2009/09/Permend
ikbud_Tahun2016_Nomor024.pdf
Pertiwi, Ismi Julia. (2018).
Peningngkatan Keterampilan
Mneulis Permulaan menggunakan
Media Gambar Tunggal Pada
Siswa Kelas IIA SD Negeri
bangunjiwo Bantul. Skripsi tidak
diterbitkan. Jogjakarta:FIP UNY
Putra, Winata dkk. (2011). Strategi
Belajar Mengajar.Jakarta:
Universitas Terbuka
Rahman. (2014). Penggunaan Media
Visual Gambar untuk
Meningkatkan Hasil Belajar IPS
Siswa Kelas IV Mi YAPIA
Parung. Skripsi tidak diterbitkan.
Jakarta: FITK UNM
Rusman. (2017). Belajar dan
Pembelajaran Berorientasi
Standar Proses Pendidikan.
Jakarta: Kencana Slavin, Robert
E. 2009. Psikologi Pendidikan:
Teori dan Praktik. Terjemahan
Marianto Samosir. 2011. Jakarta:
Indeks
Susilana, Rudi dan Cepi Riyana. (2009).
Media Pembelajaran: Hakikat
Pengembangan Pemanfaatan dan
Penilaian.Bandung: Wacana
Prima
Winarti. (2013).Peningkatan Keaktifan
dan Hasil Belajar Siswa Pokok
Bahasan Penyusutan Aktiva Tetap
dengan Metode Menjodohkan
Kotak. Jurnal Pendidikan
Ekonomi Dinamika Pendidikan, 8
(2), 123-132
Handayani. (2013). Penggunaan Media
kartu Bergambar untuk
Meningkatkan Hasil Belajar
Peninggalan Sejarah pada Siswa
Kelas IV di MINU Curungrerjo
Kepanjen Skripsi tidak
diterbitkan. Malang:FITK UIN
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD) agree to the following terms:
- For all articles published in Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), copyright is retained by the authors. Authors give permission to the publisher to announce the work with conditions. When the manuscript is accepted for publication, the authors agree to automatic transfer of the publishing right to the publisher.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.