Korelasi antara nilai rencana pelaksanaan pembelajaran dengan nilai pelaksanaan pembelajaran pada praktik pengalamanan lapangan mahasiswa pendidikan profesi guru daerah khusus

Authors

  • Trisakti Handayani Universitas Muhammadiyah Malang
  • Hari Sunaryo Universitas Muhammadiyah Malang

DOI:

https://doi.org/10.22219/jppg.v1i1.12403

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi antara Nilai Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dengan Nilai Pelaksanaan Pembelajaran pada Praktik Pengalaman Lapangan Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru Daerah Khusus. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif  dengan pendekatan korelasi. Desain penelitian ini menggunakan rancangan penelitian penjelasan (explanatory research design). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Pendidikan Profesi Guru Daerah Khusus, dengan jumlah keseluruhan 34 Mahasiswa. Data yang telah didapatkan kemudian diolah menggunakan software statistik “SPSS. 21”. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes. Tes digunakan untuk melihat nilai RPP dan PP. Instrumen Penilaian RPP dan PP menggunakan format lembar penilaian Uji Kompetensi Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat korelasi yang kuat dan signifikan antara nilai Rencana pelaksanaan pembelajaran dengan Pelaksanaan pembelajaran pada Praktik pengalaman lapangan mahasiswa Pendidikan profesi guru daerah khusus.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amiruddin, A. (2015). Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis dimensi belajar untuk meningkatkan hasil belajar kewirausahaan pada mahasiswa FKIP Universitas Syiah Kuala. In Disertasi Program Pascasarjana UM (Vol. 0, Issue 0).

Anggraeni, P. (2018). Analisis keterkaitan antar komponen dalam rencana pelaksanaan pembelajaran di Sekolah Dasar Kota Sumedang. El-Ibtidaiy:Journal of Primary Education, 1(1), 64. https://doi.org/10.24014/ejpe.v1i1.5069

Anggraeni, P., & Akbar, A. (2018). Kesesuaian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Dan Proses Pembelajaran. Jurnal Pesona Dasar, 6(2), 55–65. https://doi.org/10.24815/pear.v6i2.12197

Arifa, F. N., & Prayitno, U. S. (2019). Peningkatan Kualitas Pendidikan: Program Pendidikan Profesi Guru Prajabatan dalam Pemenuhan Kebutuhan Guru Profesional di Indonesia. Jurnal Aspirasi, 10(1), 1–17. https://doi.org/10.22212/aspirasi.v10i1.1229

Bariyah, L. (2014). Analisis Kesesuaian RPP dan Pelaksanaan Pembelajaran Guru SMP di Kabupaten Mojokerto pada Sub Materi Fotosintesis dengan Kurikulum 2013. Jurnal BioEdu - Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi UNESA, 3(3), 453–460.

Eisenhower, D. D., & Harrison, B. (2007). Lesson Design and Planning (Issue 2005, p. http://www.sierra-training.com). Sierra Training Associates, Inc. https://www.westmont.edu/sites/default/files/lessondesign_0.pdf

Fauziyah, L., & Jailani, J. (2014). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika yang menunjang pendidikan karakter siswa kelas IV sekolah dasar. Jurnal Prima Edukasia, 2(2), 149–163. https://doi.org/10.21831/jpe.v2i2.2715

Froelich, J. (2009). Effective lesson design: A basic conceptual outline. Effective Lesson Design, 1–5. www.lookinglearning.com

Glaze, A. (2018). Teaching and learning science in the 21st century: Challenging critical assumptions in post-secondary science. Education Sciences, 8(1), 12. https://doi.org/10.3390/educsci8010012

Goldman, D., Yavetz, B., & Pe’er, S. (2014). Student teachers’ attainment of environmental literacy in relation to their disciplinary major during undergraduate studies. International Journal of Environmental and Science Education, 9(4), 369–383. https://doi.org/10.12973/ijese.2014.222a

Hermawati, N. W. M. (2012). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap penguasaan konsep biologi dan sikap ilmiah siswa SMA ditinjau dari minat belajar siswa. Jurnal Pendidikan IPA, 2(2), 1–30. https://www.tandfonline.com/doi/full/10.1080/09718923.2012.11893104

Hussin, A. A. (2018). Education 4.0 made simple: Ideas for teaching. International Journal of Education and Literacy Studies, 6(3), 92–98. https://doi.org/10.7575/aiac.ijels.v.6n.3p.92

Kurniawan, R. Y. (2016). Identifikasi permasalahan pendidikan di Indonesia untuk meningkatkan mutu dan profesionalisme guru. Konvensi Nasional Pendidikan Indonesia (KONASPI) VIII Tahun, October 2016, 1415–1420.

Maryani, I., Martaningsih, S. T., & Bhakti, C. P. (2017). Module based on pedagogical content knowledge to increase the engagement and skills of the future teachers in designing a lesson plan. Journal of Education and Learning (EduLearn), 11(1), 91–102. https://doi.org/10.11591/edulearn.v11i1.5758

Mas’ud, A., Haerullah, A., Husen, I., Pagala, J., Papuangan, N., & Sundari. (2019). The development of lesson design to improve collaboration activities and scientific work of student at SMAN 6 Ternate based on lesson study for learning community. AIP Conference Proceedings, 2194. https://doi.org/10.1063/1.5139793

May, S., & Wright, N. (2007). Secondary literacy across the curriculum: Challenges and possibilities. Language and Education, 21(5), 370–376. https://doi.org/10.2167/le797.0

McKechan, S., & Ellis, J. (2014). Collaborative learning in the Scottish curriculum for excellence: the challenges of assessment and potential of multi-touch technology. Education 3-13, 42(5), 475–487. https://doi.org/10.1080/03004279.2012.717959

Menristekdikti. (2017). Kepmenristekdikti No 192/M/KPT/2017 tentang Perguruan Tinggi Penyelenggara Sertifikasi bagi Guru dalam Jabatan Melalui Pendidikan dan Latihan Profesi Guru.

Mustofa, -. (2012). Upaya Pengembangan Profesionalisme Guru di Indonesia. Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 4(1), 76–88. https://doi.org/10.21831/jep.v4i1.619

Ningrum, E. (2016). Membangun Sinergi Pendidikan Akademik (S1) Dan Pendidikan Profesi Guru (Ppg). Jurnal Geografi Gea, 12(2), 49–55. https://doi.org/10.17509/gea.v12i2.1783

Nugraha, I. S., & Suherdi, D. (2017). Scientific approach: An English Learning-Teaching (ELT) approach in the 2013 curriculum. Journal of English and Education, 5(2), 112–119. http://ejournal.upi.edu/index.php/L-E/article/view/9941

Nulfita, I. M. (2014). Implementasi pendekatan saintifik dan karakter dalam pembelajaran sains menyongsong generasi emas Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sains (SNPS), 1–7. http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/snps/article/view/4939

Pratama, M. Y., & Sumbawati, M. (2014). Pengembangan perangkat pembelajaran menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation (GI) berbantuan software isis proteus dan codevisionavr untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran teknik mikroposessor. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 4(1).

Putri, A. D. K., & Imaniyati, N. (2017). Pengembangan Profesi Guru Dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 2(2), 93. https://doi.org/10.17509/jpm.v2i2.8109

Rajagukguk, W., & Simanjuntak, E. (2015). Problem-based mathematics teaching kits integrated with ICT to improve students’ critical thinking ability in junior high schools in Medan. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 3(3), 347–356. https://doi.org/10.21831/cp.v3i3.7342

Ramdani, Y. (2012). Pengembangan Instrumen dan Bahan Ajar untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi, Penalaran, dan Koneksi Matematis dalam Konsep Integral. Jurnal Penelitian Pendidikan, 13(1), 44–52.

Rindarti, E. (2018). eningkatan kompetensi guru dalam mengembangkan rpp kurikulum 2013 revisi 2017 melalui pendampingan berkelanjutan di MA Binaan Kota Jakarta Pusat. Jurnal Penelitian Kebijakan Pendidikan, 11(1). https://doi.org/10.24832/jpkp.v11i2.221

Sabar Budi Raharjo. (2012). Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 16(2), 492–510.

Sadeh, I., & Zion, M. (2012). Which type of inquiry project do high school biology students prefer: Open or guided? Research in Science Education, 42(5), 831–848. https://doi.org/10.1007/s11165-011-9222-9

Setiana, D. S. (2018). Meningkatkan kemampuan menyusun RPP dengan pendekatan saintifik mahasiswa pendidikan matematika Universitas Sarjanawiyata Taman Siswa Yogyakarta. Prosiding Seminar Nasional MIPA 2018, 120–131. https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/SNMIPA/article/view/215/171

Slavin, R. E. (2014). Cooperative learning and academic achievement: Why does groupwork work? Anales de Psicología, 30(3), 785–791. https://doi.org/10.6018/analesps.30.3.201201

Smith, M. H. (2013). Findings show lesson study can be an effective model for professional development of 4-H volunteers. California Agriculture, 67(1), 54–61. https://doi.org/10.3733/ca.v067n01p54

Stevenson, K. T., Peterson, M. N., Bondell, H. D., Mertig, A. G., & Moore, S. E. (2013). Environmental, institutional, and demographic predictors of environmental literacy among middle school children. PLoS ONE, 8(3). https://doi.org/10.1371/journal.pone.0059519

Sugiyono, prof. dr. (2010). Sugiyono Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R D DOWNLOAD. Sugiyono Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R D, 13–61.

Syafii, A. (2018). Perluasan dan pemerataan akses kependidikan daerah 3T (terdepan, terluar, tertinggal). Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam, 4(2), 153–171. https://doi.org/10.12928/psikopedagogia.v1i2.4603.154

Taorina, R. M., Chandra, T. D., Sisworo, S., & Parta, I. N. (2018). Pengetahuan calon guru matematika tentang kurikulum 2013 dalam penyusunan RPP. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(12), 1520–1529. https://doi.org/10.17977/jptpp.v3i12.11785

Trilling, B., & Fadel, C. (2009). 21st Century Skills: Learning for Life in Our Times. John Wiley & Sons.

Triwinarni, E. (2017). Evaluasi program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Pendidikan Agama Islam di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Prosiding Interdisciplinary Postgraduate Student Conference, 219–223.

Unnes, F. E. (2010). Studi evaluasi kompetensi mengajar mahasiswa praktek pengalaman lapangan (PPL) Jurusan Akuntansi Universitas Negeri Semarang. Lembaran Ilmu Kependidikan, 39(2), 112–124.

Utami, R. D. (2015). Membangun karakter siswa pendidikan dasar Muhammadiyah melalui identifikasi implementasi pendidikan karakter di sekolah. Profesi Pendidikan Dasar, 2(1), 32–40. https://doi.org/10.23917/ppd.v2i1.1542

Wicaksono, G. W., Asrini, H. W., & Al-Rizki, M. A. (2017). Desain Perangkat Pembelajaran Pendidikan Tinggi dengan Sistem Lective GegulangTM. Jurnal Nasional Teknik Elektro Dan Teknologi Informasi (JNTETI), 6(4). https://doi.org/10.22146/jnteti.v6i4.353

Zendrato, J. (2016). Studi Kasus di SMA Dian Harapan Jakarta Juniriang Zendrato. E-JurnalUKSW, 58–73.

Zulfitri, H., Setiawati, N. P., & Ismaini. (2019). Pendidikan Profesi Guru ( PPG ) sebagai Upaya Meningkatkan Profesionalisme Guru. LINGUA, Jurnal Bahasa & Sastra, 19(2), 130–136.

Downloads

Published

2020-06-13

Issue

Section

Articles