Kesiapan Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam-Jabatan untuk Menempuh Program Praktik Pengalaman Lapangan

Authors

  • Hari Sunaryo Universitas Muhammadiyah Malang
  • Nurul Zuriah Universitas Muhammadiyah Malang
  • Trisakti Handayani Universitas Muhammadiyah Malang

DOI:

https://doi.org/10.22219/jppg.v1i1.12430

Abstract

Kualitas sumber daya manusia suatu bangsa berbanding lurus dengan kualitas pendidikannya. Untuk itu, sistem pendidikan yang utamanya berkenaan dengan pendidikan profesi profesi guru menjadi sangat krusial. Dalam konteks ini, pada kondisi mutakhir ini dalam sistem pendidikan di Indonesia digalakkan system yang mengarah pada peningkatan kulaitas guru melalui program Pendidikan Profesi Guru (PPG). Tujuan penelitian ini adalah memperoleh deskripsi mengenai kesiapan mahasiswa PPG dalam menempuh Praktik Pengalaman Lapangan (PPL), yang meliputi kesiapan terkait dengan kompetensi professional, pedagogik, sosial, dan kepribadian. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum mahasiswa PPG memiliki kesiapan dalam menempuh PPL di sekolah mitra. Kesiapan ini menyangkut empat kompetensi dasar yang harus dimiliki guru, yaitu kompetensi professional, pedagogik, sosial, dan kepribadian. Satu hal yang dipandang perlu ditingkatkan adalah  kompetensi profesional terkait dengan struktur, konsep, dan prinsip keilmuan sesuai dengan bidang studi.Kesiapan mahasiswa PPG Daljab 2019 dalam menempuh PPL terbangun karena faktor pembelajaran di kampus, pengalaman mengajar di sekolah asal, dan keberterimaan pihak sekolah mitra. <w:LsdException Locked="false" Pr

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ambarawati, M. (2020). Analisis keterampilan mengajar calon guru pendidikan matematika pada matakuliah micro teaching. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 5(1), 81–90.

Anwar, Y., Rustaman, N. Y., & Widodo, A. (2012). Kemampuan subject specific pedagogy calon guru biologi peserta program pendidikan profesional guru (ppg) yang berlatar belakang basic sains pra dan post workshop. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1(2).

Arikunto, S. (2010). Research procedure a practical approach. PT Rineka Reserved.

Firdaus, D. (2014). Pengaruh tingkat pendidikan, pelatihan, dan pengalaman mengajar terhadap profesionalitas guru di Madrasah Tsanawiyah Negeri Kediri 2. Didaktika Religia, 2(2).

Hotimah, H. (2017). Strategi pendidikan profesi guru (PPG) unesa dalam mengembangkan kompetensi pedagogik dan profesional peserta PPG pasca SM-3T. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 5(01).

Izzan, A. (2012). Membangun guru berkarakter. Humaniora.

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative data analysis: A methodes sourcebook (3rd Ed.). Sage.

Oktradiksa, A. (2012). Pengembangan kualitas kepribadian guru. Nadwa, 6(2), 231–248.

Rahardjo, S. (2017). Mendesain profil guru berkarakter cerdas. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 27(1), 30–40.

Rahmaniati, R. (2015). Keterampilan calon guru sd dalam menerapkan media pembelajaran IPA Berbasis IT terhadap hasil belajar siswa SDN–5 Panarung Palangka Raya. Anterior Jurnal, 15(1), 62–69.

Richardo, R. (2016). Program guru pembelajar: Upaya peningkatan profesionalisme guru di abad 21. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika.

Rindrayani, S. R. (2017). Upaya membangun guru profesional berkarakter di era globalisasi melalui pembelajaran.

Roqib, M., & Nurfuadi, N. (2020). Kepribadian guru. CV. Cinta Buku.

Sa’ud, U. S. (2000). Standarisasi lulusan dan program pendidikan pra-jabatan guru profesional sebuah harapan.

Setiawan, D., & Sitorus, J. (2017). Urgensi tuntutan profesionalisme dan harapan menjadi guru berkarakter (Studi kasus: Sekolah dasar dan sekolah menengah pertama di Kabupaten Batubara). Cakrawala Pendidikan, 1, 122–129.

Sugi, S. (2006). Pengaruh tingkat pendidikan, pengalaman mengajar dan ketersediaan media terhadap kemampuan guru menggunakan media pengajaran IPS di kelas III SD Negeri Se-Kecamatan Sidoharjo Kabupaten Wonogiri. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Suraji, I. (2012). Urgensi kompetensi guru. Edukasia Islamika, 10(2), 70284.

Syarnubi, S. (2019). Guru yang bermoral dalam konteks sosial, budaya, ekonomi, hukum dan agama (Kajian terhadap UU No 14 Tahun 2005 Tentang Guru Dan Dosen). Jurnal PAI Raden Fatah, 1(1), 21–40.

Yulianto, A., & Khafid, M. (2016). Pengaruh praktik pengalaman lapangan (PPL), minat menjadi guru, dan prestasi belajar terhadap kesiapan mahasiswa menjadi guru yang profesional. Economic Education Analysis Journal, 5(1).

Downloads

Published

2020-06-13

Issue

Section

Articles