Pengembangan buku panduan permainan tradisional sebagai media pembelajaran matematika kelas II sekolah dasar

Authors

  • Silverius Reynaldo Alvares Christananda Universitas Sanata Dharma Yogyakarta
  • Christiyanti Aprinastuti Universitas Sanata Dharma
  • Elisabeth Desiana Mayasari Universitas Sanata Dharma

DOI:

https://doi.org/10.22219/jppg.v1i2.13468

Keywords:

Buku panduan, Pengembangan, Permainan tradisional, Matematika

Abstract

Kebutuhan guru terhadap referensi kegiatan pembelajaran matematika yang bisa diintegrasikan dengan permainan traditional masih terbatas sehingga perlu banyak diteliti dan dikembangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku panduan permainan tradisional menilai kualitas buku panduan permainan tradisional sebagai media pembelajaran matematika pada kelas II SD pada tema 4. Riset ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE. Subjek yang terlibat dalam penilaian buku panduan ini adalah guru kelas II SD Kanisius Kalasan, Yogyakarta. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan survey. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan pedoman observasi, pedoman wawancara, dan kuesioner. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan buku panduan permainan tradisional sebagai media pembelajaran matematika tergolong sangat baik dengan skor 3,70 (skala 4), sehingga dapat digunakan dalam pembelajaran di kelas. Peneliti merekomendasikan pengembangan media inovatif dalam pembelajaran matematika terutama di tingkat sekolah dasar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afandi, R. (2015). Pengembangan media pembelajaran permainan ular tangga untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dan hasil belajar IPS di sekolah dasar. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 1(1), 77–89. https://doi.org/10.22219/jinop.v1i1.2450

Agatha, N. D., Prihatin, J., & Narulita, E. (2018). Pengembangan buku komik pokok bahasan sistem peredaran darah. Jurnal Bioedukatika, 5(2), 59. https://doi.org/10.26555/bioedukatika.v5i2.7200

Andika, M. C., Sutjiadi, R., & Trianto, E. M. (2016). Perancangan dan pembuatan aplikasi pengenalan batik “Indonesiaku” melalui permainan berbasis android. Teknika, 5(1), 32–37.

Annajih, Z. H., & Sa’idah, I. (2020). Pengembangan panduan permainan tradisional benteng untuk meningkatkan kecerdasan emosional siswa SDN Lawangan Daya Pamekasan. Jurnal Konseling Pendidikan Islam, 1(2), 129–140. https://doi.org/10.32806/jkpi.v1i2.20

Branch, R. M. (2009). Instructional Design: The ADDIE Approach. In Department of Educational Psychology and Instructional Technology University of Georgia (Vol. 53). https://doi.org/10.1007/978-0-387-09506-6

Chabib, M., Djatmika, E. T., & Kuswandi, D. (2017). Efektivitas pengembangan media permainan ular tangga sebagai sarana belajar tematik SD. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(7), 910–918. https://doi.org/10.17977/jptpp.v2i7.9634

Febriyanti, C., Prasetya, R., & Irawan, A. (2018). Etnomatematika pada permainan tradisional engklek dan gasing khas kebudayaan sunda. Barekeng: Jurnal Ilmu Matematika Dan Terapan, 12(1), 1–6. https://doi.org/10.30598/vol12iss1pp1-6ar358

Firdaus, A., Samhati, S., & Suyanto, E. (2014). Analisis kelayakan isi buku teks Bahasa Indonesia terbitan Erlangga Kelas VII SMP/MTs. Jurnal Kata (Bahasa, Sastra, Dan Pembelajarannya), 2(4), 1–12. Retrieved from http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/BINDO1/article/view /6274

Gustian, U. (2020). Permainan tradisional: suatu pendekatan dalam mengembangkan physical literacy siswa sekolah dasar. Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran, 6(1). https://doi.org/10.29407/js_unpgri.v6i1.14252

Hudha, A. M., Amin, M., Bambang, S., & Akbar, S. (2017). Study of instructional models and syntax as an effort for developing ‘OIDDE’ instructional model. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia, 2(2), 109–124. https://doi.org/10.22219/jpbi.v2i2.3448

Kore, D., Wondal, R., & Samad, R. (2020). Peran permainan ludo dalam mengembangkan kemampuan kognitif anak usia 5-6 tahun. CAHAYA PAUD, 2(1). Retrieved from https://ejournal.unkhair.ac.id/index.php/cahayapd/article/view/2068

Kurniawati, I. D., & Nita, S.-. (2018). Media pembelajaran berbasis multimedia interaktif untuk meningkatkan pemahaman konsep mahasiswa. DOUBLECLICK: Journal of Computer and Information Technology, 1(2), 68–75. https://doi.org/10.25273/doubleclick.v1i2.1540

Luju, A., Wahyuningsih, W., Dhema, M., & Rusdin, M. E. (2020). Pengaruh alat peraga mobil-mobilan terhadap minat belajar matematika siswa SMPN I Bola. AlphaMath: Journal of Mathematics Education, 6(2), 129–134. https://doi.org/10.30595/alphamath.v6i2.7862

Mahfud, I., & Fahrizqi, E. B. (2020). Pengembangan Model Latihan Keterampilan Motorik Melalui Olahraga Tradisional Untuk Siswa Sekolah Dasar. Sport Science and Education Journal, 1(1). Retrieved from https://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/sport/article/view/622

Maswar, M. (2019). Strategi pembelajaran matematika menyenangkan siswa (MMS) berbasis metode permainan mathemagic, teka-teki dan cerita matematis. Alifmatika: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 1(1), 28–43. https://doi.org/10.35316/alifmatika.2019.v1i1.28-43

Nahdiyah, F. (2020). Learning by doing media belajar jam dinding dalam pembelajaran Matematika di Kelas 2 MIN 3 Banyumas. Educreative: Jurnal Pendidikan Kreativitas Anak, 5(2), 190–196. https://doi.org/10.37530/edu.v5i2.19

Nugraha, E., & Suryadi, D. (2015). Peningkatan kemampuan berfikir matematis siswa SD kelas iii melalui pembelajaran Matematika realistik berbasis permainan tradisional. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 7(1). https://doi.org/10.17509/eh.v7i1.2794

Nurhikmayati, I. (2019). Efektivitas bahan ajar berbasis saintifik untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis ssiwa. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics), 3(2), 124–133.

Nurrahmah, A., & Ningsih, R. (2018). Penerapan permainan tradisional berbasis matematika. Wikrama Parahita: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 43. https://doi.org/10.30656/jpmwp.v2i2.631

Parmawati, P. T., & Sukayana, P. (2016). Aplikasi Online Public Access Cataloque (Opac) Berbasis Android Sebagai Sarana Temu Kembali Informasi Di Perpustakaan Universitas Pendidikan Ganesha. JST (Jurnal Sains Dan Teknologi), 5(1), 736–745. https://doi.org/10.23887/jst-undiksha.v5i1.8279

Pratiwi, J. W., & Pujiastuti, H. (2020). Eksplorasi etnomatematika pada permainan tradisional kelereng. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 5(2), 1–12. https://doi.org/10.33449/jpmr.v5i2.11405

Purwanti, R. (2020). Peningkatan Kemampuan Berhitung Permulaan Melalui Permainan Tradisional Congklak (TK Dharma Wanita Kedunggalar Ngawi Tahun Ajaran 2018/2019). Journal of Modern Early Childhood Education, 1(01), 45–54.

Puspitorini, R., Prodjosantoso, A. K., Subali, B., & Jumadi, J. (2014). Penggunaan media komik dalam pembelajaran ipa untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar kognitif dan afektif. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 3(3), 413–420. https://doi.org/10.21831/cp.v3i3.2385

Richardo, R. (2017). Peran ethnomatematika dalam penerapan pembelajaran matematika pada kurikulum 2013. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 7(2), 118–125.

Sada, A. M., Mohd, Z. A., Adnan, A., & Yusri, K. (2016). Prospects of problem-based learning in building critical thinking skills among technical college students in Nigeria. Mediterranean Journal of Social Sciences, 7(3), 356–365. https://doi.org/10.5901/mjss.2016.v7n3p356

Saputro, B. A. (2016). Kemampuan penalaran matematis siswa yang belajar operasi pada pecahan menggunakan permainan tradisional. JPPM (Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika), 9(1). https://doi.org/10.30870/jppm.v9i1.981

Sari, N. Y., Agustini, F., & Basyar, ‪Moh A. K. (2019). Efektivitas permainan tradisional Gobag Sodor terhadap hasil belajar subtema 3 Keseimbangan Ekosistem. Indonesian Journal of Educational Research and Review, 2(1), 82–91. https://doi.org/10.23887/ijerr.v2i1.17296

Shaaruddin, J., & Mohamad, M. (2017). Identifying the effectiveness of active learning strategies and benefits in curriculum and pedagogy course for undergraduate TESL students. Creative Education, 8(14), 2312–2324. https://doi.org/10.4236/ce.2017.814158

Sugilar, H., Rachmawati, T. K., & Nuraida, I. (2019). Integrasi interkoneksi matematika agama dan budaya. Jurnal Analisa, 5(2), 189–198. https://doi.org/10.15575/ja.v5i2.6717

Sulistyo. (2020). Peran Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar Pada Siswa Kelas Tinggi. At-Ta’lim: Kajian Pendidikan Agama Islam, 2(1), 104–113.

Ulya, H., & Rahayu, R. (2017). Pembelajaran treffinger berbantuan permainan tradisional congklak untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 6(1), 48–55. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v6i1.773

Yuliati, E. (2020). Strategi peer lessons dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran Matematika di kelas IV MI Negeri 1 Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Madrasah, 5(1), 135–142. https://doi.org/10.14421/jpm.2020.51-15

Yusuf, M. M., Amin, M., & Nugrahaningsih, N. (2017). Developing of instructional media-based animation video on enzyme and metabolism material. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia, 3(3), 254–257. https://doi.org/10.22219/jpbi. v3i3.4744

Zainuddin, Z., & Keumala, C. M. (2018). Blended learning method within Indonesian Higher Education Institutions. JPH - Jurnal Pendidikan Humaniora, 6(1), 69–77. https://doi.org/10.17977/jph.v6i1.10604

Downloads

Published

2020-08-12 — Updated on 2020-08-31

Versions

Issue

Section

Articles