This is an outdated version published on 2020-08-12. Read the most recent version.

Pengembangan buku panduan permainan tradisional sebagai media pembelajaran matematika kelas II sekolah dasar

Authors

  • Silverius Reynaldo Alvares Christananda Universitas Sanata Dharma Yogyakarta
  • Christiyanti Aprinastuti Universitas Sanata Dharma
  • Elisabeth Desiana Mayasari Universitas Sanata Dharma

DOI:

https://doi.org/10.22219/jppg.v1i2.13468

Keywords:

Buku panduan, Pengembangan, Permainan tradisional, Matematika

Abstract

Kebutuhan guru terhadap referensi kegiatan pembelajaran matematika yang bisa diintegrasikan dengan permainan traditional masih terbatas sehingga perlu banyak diteliti dan dikembangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku panduan permainan tradisional menilai kualitas buku panduan permainan tradisional sebagai media pembelajaran matematika pada kelas II SD pada tema 4. Riset ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE. Subjek yang terlibat dalam penilaian buku panduan ini adalah guru kelas II SD Kanisius Kalasan, Yogyakarta. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan survey. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan pedoman observasi, pedoman wawancara, dan kuesioner. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan buku panduan permainan tradisional sebagai media pembelajaran matematika tergolong sangat baik dengan skor 3,70 (skala 4), sehingga dapat digunakan dalam pembelajaran di kelas. Peneliti merekomendasikan pengembangan media inovatif dalam pembelajaran matematika terutama di tingkat sekolah dasar.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2020-08-12

Versions

Issue

Section

Articles