Optimalisasi gaya belajar melalui lontar barang antik untuk meningkatkan hasil belajar geografi

Authors

  • Dwi Ambarwati SMA Negeri 2 Probolinggo

DOI:

https://doi.org/10.22219/jppg.v4i1.24001

Keywords:

Hasil belajar, Gaya belajar, Lontar barang antik

Abstract

Lontar Barang Antik merupakan suatu pembelajaran yang memadukan modifikasi permainan tradisional engklek menjadi loncat pintar dengan penggunaan aplikasi Smartphone Toontastic. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh penggunaan model pembelajaran Lontar Barang Antik terhadap peningkatan hasil belajar geografi peserta didik. Penelitian ini menggunakan rancangan eksperimen semu  (quasi experimental design) dengan desain penelitian non randomized pretest-posttest control group design. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 2 Probolinggo. Uji hipotesis menggunakan uji beda melalui  independent sample t-test yang dilakukan dengan bantuan  SPSS 16 For Windows. Hasil uji statistik dengan uji beda (t-test) menunjukkan model pembelajaran Lontar Barang Antik berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar geografi peserta didik. Model pembelajaran Lontar Barang Antik bisa memfasilitasi semua gaya belajar yang dimiliki peserta didik. Peserta didik lebih aktif dan motivasi belajar menjadi lebih tinggi. Optimalisasi gaya belajar melalui model pembelajaran Lontar Barang antik dapat meningkatkan hasil belajar geografi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alfiyani, P., Sulistyorini, S., & Subali, B. (2020). The effectiveness of guided inquiry-based of interactive media to increase interests and learning outcomes. Journal of Primary Education, 9(4), 398–407. https://doi.org/10.15294/jpe.v9i4.41137

Andarini, T., Masykuri, M., & Sudarisman, S. (2012). Pembelajaran biologi menggunakan pendekatan CTL (contextual teaching and learning) melalui media flipchart dan video ditinjau dari kemampuan verbal dan gaya belajar. Jurnal Inkuiri, 1(2), 93–104.

Arief, M., Sihkabuden, S., & Ulfa, S. (2018). Hubungan gaya belajar berdasarkan gender dengan hasil belajar pada mahasiswa teknologi pendidikan Universitas Negeri Malang. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(1), 53–61. http://journal2.um.ac.id/index.php/jktp/article/view/ 3388

Arikunto, S. (2010). Research procedure a practical approach. PT Rineka Reserved.

Azis, F. R. N., Pamujo, & Yuwono, P. H. (2020). Analisis Gaya Belajar Visual, Auditorial, Kinestetik Siswa Berprestasi di SD Negeri Ajibarang Wetan. Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia, 6(1), 26–31. https://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/AN-NUR/article/vi ew/2658

Christy, M. P. H. (2010). Establishing construct validity of the biology subject area testing program in Mississippi. University Of Southern Mississippi.

Chrisyarani, D. D., & Yasa, A. D. (2018). Validasi modul pembelajaran: Materi dan desain tematik berbasis PPK. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 8(2), 206. https://doi.org/10.25273/pe.v8i2.3207

Ebrahimzadeh, M., & Alavi, S. (2017). The effect of digital video games on EFL students’ language learning motivation. Teaching English with Technology, 17(2), 87–112. https://eric.ed. gov/?id=EJ1140688

Hakim, A. R., & Windayana, H. (2016). Pengaruh penggunaan multimedia interaktif dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan hasil belajar siswa SD. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 4(2). https://doi.org/10.17509/eh.v4i2.2827

Halim, A. (2012). Pengaruh strategi pembelajaran dan gaya belajar terhadap hasil belajar fisika siswa SMPN 2 Secanggang Kabupaten Langkat. Jurnal Tabularasa PPS UNIMED, 9(2), 141–158. http://digilib.unimed.ac.id/683/1/Pengaruh strategi pembelajaran dan gaya belajar terhadap hasil belajar fisika siswa SMP N 2 Secanggang Kabupaten Langkat.pdf

Handayani, S. L., Budiarti, I. G., Kusmajid, K., & Khairil, K. (2021). Problem-based instruction berbantuan e-learning: Pengaruhnya terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 697–705. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.795

Husein, S., Herayanti, L., & Gunawan. (2015). Pengaruh penggunaan multimedia interaktif terhadap penguasaan konsep dan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi suhu dan kalor. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, I(3). https://doi.org/10.29303/jpft.v1i3.262

Leksana, D. M., Wibowo, M. E., & Tadjri, I. (2014). Pengembangan modul bimbingan karir berbasis multimedia interaktif untuk meningkatkan kematangan karir siswa. Jurnal Bimbingan Konseling, 3(2), 6. https://journal.unnes.ac.id/artikel_sju/jubk/1230

Lisnawati, T. (2022). Efektivitas Model Pembelajaran Kelompok dan Problem Based Learning pada Studi Sosial terhadap Hasil Belajar Siswa Berdasarkan Gaya Belajar Siswa Sekolah Dasar. JURNAL BASICEDU : Journal of Elementary Education, 6(Volume 6 Nomor 2 Tahun 2022 Halaman 2912-2921), 2912–2921. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/do wnload/2521/pdf/9660

Madeali, H., & Prahani, B. K. (2018). Development of multimedia learning based inquiry on vibration and wave material. Journal of Physics: Conference Series, 997(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/997/1/012029

Maisarah, M., Lestari, T. A., & Sakulpimolrat, S. (2022). Urgensi pengembangan media berbasis digital pada pembelajaran Bahasa Indonesia. EUNOIA (Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia), 2(1), 65. https://doi.org/10.30821/eunoia.v2i1.1348

Muswita, M., Yelianti, U., Intan, A., & Kusuma, L. (2020). Pengembangan booklet tumbuhan paku di Taman Hutan Raya Sultan Thaha Syaifuddin sebagai bahan pengayaan mata kuliah taksonomi tumbuhan. Biodik, 6(1), 58–75. https://doi.org/10.22437/bio.v6i1.8642

Ningsih, P. R., Hidayat, A., & Kusairi, S. (2018). Penerapan problem based learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa kelas III. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(12), 1587–1593. https://doi.org/10.17 977/jptpp.v3i12.11799

Nisa, E. K., Koestiari, T., Habibbulloh, M., & Jatmiko, B. (2018). Effectiveness of guided inquiry learning model to improve students’ critical thinking skills at senior high school. Journal of Physics: Conference Series, 997(1), 012049. https://doi.org/10.1088/1742-6596/997/1/ 012049

Pursitasari, I. D., Suhardi, E., & Putikah, T. (2019). Fun science teaching materials on the energy transformation to promote students’ scientific literacy. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran IPA, 5(2), 155. https://doi.org/10.30870/jppi.v5i2.4008

Rahmi, M. N., & Samsudi, M. A. (2020). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi sesuai dengan karakteristik Gaya Belajar. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 4(2), 355–363. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v4i2.439

Revita, R. (2019). Practical Test of Guided Discovery Based Mathematics Learning Tools for Middle Schools. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 2(2), 148.

Rousseau, J.-J. (1990). Judge of Jean-Jacques: Dialogues. https://www.sas.upenn.edu/~cavitc h/pdf-library/Rousseau_Rousseau_Judge_of_Jean_Jacq ues.pdf

Sarah, S., & Maryono, M. (2014). Keefektivan pembelajaran berbasis potensi lokal dalam pembelajaran fisika SMA dalam meningkatkan living values siswa. Jurnal Pendidikan Sains, 02(01), 6–13. https://doi.org/10.26714/jps.2.1.2014.36-42

Sari, N. Y., Agustini, F., & Basyar, ‪Moh A. K. (2019). Efektivitas permainan tradisional Gobag Sodor terhadap hasil belajar subtema 3 Keseimbangan Ekosistem. Indonesian Journal of Educational Research and Review, 2(1), 82–91. https://doi.org/10.23887/ijerr.v2i1.17296

Sugiyono, S. (2008). Metode penelitian pendidikan: Pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R & D. Alfabeta.

Suryanda, A., Azrai, E. P., & Julita, A. (2020). Analisis kebutuhan pengembangan buku saku biologi berbasis mind map (Biomap). Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 11(1), 86–98. https://doi.org/10.26418/jpmipa.v11i1.31861

Tamimiya, K. T., & Suryadarma, I. G. P. (2019). Potensi lokal Gunung Ijen untuk pemahaman konsep dan berpikir kreatif pengurangan resiko bencana. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 5(1), 117–128. https://doi.org/10.21831/jipi.v5i1.25702

Yllana-Prieto, F., Jeong, J. S., & González-Gómez, D. (2021). An online-based edu-escape room: A comparison study of a multidimensional domain of psts with flipped sustainability-stem contents. Sustainability (Switzerland), 13(3), 1–18. https://doi.org/10.3390/su13031032

Downloads

Published

2024-03-13 — Updated on 2024-03-13

Versions

Issue

Section

Articles