Optimalisasi gaya belajar melalui lontar barang antik untuk meningkatkan hasil belajar geografi
DOI:
https://doi.org/10.22219/jppg.v4i1.24001Keywords:
Hasil belajar, Gaya belajar, Lontar barang antikAbstract
Lontar Barang Antik merupakan suatu pembelajaran yang memadukan modifikasi permainan tradisional engklek menjadi loncat pintar dengan penggunaan aplikasi Smartphone Toontastic. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh penggunaan model pembelajaran Lontar Barang Antik terhadap peningkatan hasil belajar geografi peserta didik. Penelitian ini menggunakan rancangan eksperimen semu (quasi experimental design) dengan desain penelitian non randomized pretest-posttest control group design. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 2 Probolinggo. Uji hipotesis menggunakan uji beda melalui independent sample t-test yang dilakukan dengan bantuan SPSS 16 For Windows. Hasil uji statistik dengan uji beda (t-test) menunjukkan model pembelajaran Lontar Barang Antik berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar geografi peserta didik. Model pembelajaran Lontar Barang Antik bisa memfasilitasi semua gaya belajar yang dimiliki peserta didik. Peserta didik lebih aktif dan motivasi belajar menjadi lebih tinggi. Optimalisasi gaya belajar melalui model pembelajaran Lontar Barang antik dapat meningkatkan hasil belajar geografi.
Downloads
References
Arikunto, S.. (2012). Dasar-dasar evaluasi pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Azwar, S. (2007). Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Arikunto, S. (2003). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara
Joyce, B.&Weil. (2011). Model of Teaching. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Munir, 2008. Kurikulum Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Alfabeta
Purwanto, Edy. (2005). Evaluasi Proses dan Hasil dalam Pembelajaran, Aplikasi dalam Bidang Studi Geografi. Malang: Penerbit Universitas Negeri Malang (UM Press)
Purwanto, Edy. (2013). Strategi Pembelajaran Bidang Studi Geografi. Malang: Penerbit Universitas Negeri Malang (UM Press)
Sugiono, (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: AlfaBeta
Published
Versions
- 2024-03-13 (2)
- 2024-03-13 (1)
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Dwi Ambarwati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.