This is an outdated version published on 2024-03-13. Read the most recent version.

Optimalisasi gaya belajar melalui lontar barang antik untuk meningkatkan hasil belajar geografi

Authors

  • Dwi Ambarwati SMA Negeri 2 Probolinggo

DOI:

https://doi.org/10.22219/jppg.v4i1.24001

Keywords:

Hasil belajar, Gaya belajar, Lontar barang antik

Abstract

Lontar Barang Antik merupakan suatu pembelajaran yang memadukan modifikasi permainan tradisional engklek menjadi loncat pintar dengan penggunaan aplikasi Smartphone Toontastic. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh penggunaan model pembelajaran Lontar Barang Antik terhadap peningkatan hasil belajar geografi peserta didik. Penelitian ini menggunakan rancangan eksperimen semu  (quasi experimental design) dengan desain penelitian non randomized pretest-posttest control group design. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 2 Probolinggo. Uji hipotesis menggunakan uji beda melalui  independent sample t-test yang dilakukan dengan bantuan  SPSS 16 For Windows. Hasil uji statistik dengan uji beda (t-test) menunjukkan model pembelajaran Lontar Barang Antik berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar geografi peserta didik. Model pembelajaran Lontar Barang Antik bisa memfasilitasi semua gaya belajar yang dimiliki peserta didik. Peserta didik lebih aktif dan motivasi belajar menjadi lebih tinggi. Optimalisasi gaya belajar melalui model pembelajaran Lontar Barang antik dapat meningkatkan hasil belajar geografi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S.. (2012). Dasar-dasar evaluasi pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Azwar, S. (2007). Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Arikunto, S. (2003). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara

Joyce, B.&Weil. (2011). Model of Teaching. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Munir, 2008. Kurikulum Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Alfabeta

Purwanto, Edy. (2005). Evaluasi Proses dan Hasil dalam Pembelajaran, Aplikasi dalam Bidang Studi Geografi. Malang: Penerbit Universitas Negeri Malang (UM Press)

Purwanto, Edy. (2013). Strategi Pembelajaran Bidang Studi Geografi. Malang: Penerbit Universitas Negeri Malang (UM Press)

Sugiono, (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: AlfaBeta

Published

2024-03-13

Versions

Issue

Section

Articles