Upaya peningkatan hasil belajar kognitif dan aktivitas siswa melalui implementasi inquiry pada materi gaya
DOI:
https://doi.org/10.22219/jppg.v3i1.24004Keywords:
Aktivitas siswa, Hasil belajar kognitif, InquiryAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar kognitif siswa kelas IV SD Negeri Temenggungan 1 pada mata pelajaran IPA pokok bahasan Gaya dengan menggunakan model inquiry. Subjek penelitian berjumlah 14 orang yang terdiri atas 7 siswa laki-laki dan 7 siswi perempuan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini terdiri dari tiga tahapan yaitu 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, 3) pengamatan, dan 4) refleksi. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Ada peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa antara siklus I dengan siklus II. Pada pelaksanaan siklus I, perolehan rata-rata aktivitas belajar siswa 50,0%. Pada siklus II perolehan rata-rata aktivitas belajar siswa 83,31%. Sedangan untuk hasil belajar siswa pada siklus I nilai rata-rata nilai yang diperoleh 61,1% dengan ketuntasan 44,4%. Pada siklus II nilai rata-rata hasil belajar siswa mencapai 80,0 dengan ketuntasan 88,8%. Dari hasil penelitian tindakan kelas ini terlihat bahwa penerapan metode inquiry pada mata pelajaran IPA dengan pokok bahasan Gaya dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Temenggungan I Blitar.
Downloads
References
Andiasari, L. (2015). Penggunaan model inquiry dengan metode eksperimen dalam pembelajaran IPA di SMPN 10 Probolinggo. Jurnal Kebijakan Dan Pengembangan Pendidikan, 3(1), 15–20.
Ariani, M., Hamid, A., & Leny. (2015). Meningkatkan keterampilan proses sains dan hasil belajar siswa pada materi koloid dengan model inkuiri terbimbing (guided inquiry) pada siswa Kelas XI IPA 1 SMA Negeri 11 Banjarmasin. Quantum (Jurnal Inovasi Pendidikan Sains), 6(1), 98–107. http://ppjp.unlam.ac.id/journal/index.php/quantum/article/view/3242
Aslamiah, & Agusta, A. R. (2015). Upaya meningkatkan hasil belajar siswa pada tema ekosistem dengan muatan IPA menggunakan kombinasi model pembelajaran inquiry learning, Somatic, Auditory, Visualization, Intellectually (SAVI) dan Team Game Tournament (TGT) Pada Kelas 5B Sdn Sungai Miai 7 . Jurnal Paradigma, 10(1), 67–76. https://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/paradigma/article/view/2842
Dewi, P. S. (2016). Perspektif guru sebagai implementasi pembelajaran inkuiri terbuka dan inkuiri terbimbing terhadap sikap ilmiah dalam pembelajaran sains. Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 1(2), 179. https://doi.org/10.24042/tadris.v1i2.1066
Dewi, P. S., & Diana, R. (2015). Implementasi pendekatan saintifik terhadap proses aktivitas guru dan siswa pada pembelajaran iPA Terpadu. Prosiding Simposium Nasional Inovasi Dan Pembelajaran Sains 2015 (SNIPS 2015), 2015(Snips), 489–492. http://portal.fmipa.itb.ac.id/snips2015/files/snips_2015_pramita_sylvia_dewi_655939a403f2fed3cddab4217c2deb03.pdf
Gaol, D. K. L., & Makmur, S. (2014). Pengaruh model pembelajaran inquiry training menggunakan media powerpoint terhadap hasil belajar siswa. Jurnal Inpafi, 2(2), 30–39.
Hanum, N. S. (2013). Keefetifan e-learning sebagai media pembelajaran (studi evaluasi model pembelajaran e-learning SMK Telkom Sandhy Putra Purwokerto). Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(1), 90–102. https://doi.org/10.21831/jpv.v3i1.1584
Kencana Sari, F. F., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2019). Keefektifan model pembelajaran inquiry dan discovery learning bermuatan karakter terhadap keterampilan proses ilmiah siswa Kelas V dalam pembelajaran tematik. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 4(1), 1. https://doi.org/10.26737/jpdi.v4i1.929
Kurniawan, M. W., & Zarnita, Y. (2020). Pembelajaran daring dalam pendidikan profesi guru: Dampak dan kendala yang dihadapi. Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 83–90. http://ejournal.umm.ac.id/index.php/jppg/article/view/12440
Kusumah, R. G. T., Walid, A., Pitaloka, S., Dewi, P. S., & Agustriana, N. (2020). Penerapan metode inquiry sebagai usaha untuk meningkatkan hasil belajar ipa pada materi penggolongan hewan di Kelas IV SD Seluma. Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 11(1), 142–153. https://doi.org/10.26418/jpmipa.v11i1.34708
Putrianasari, D. (2015). Pengaruh penerapan pendekatan. Scholaria, 5(20).
Rangkuti, M. A. (2018). Pengaruh model pembelajaran inquiry berbasis pictorial riddle terhadap hasil belajar dan aktivitas belajar siswa. INPAFI (Inovasi Pembelajaran Fisika), 6(2), 27–32. https://doi.org/10.24114/inpafi.v6i2.10100
Rizkiana, F., Dasna, I. W., & Marfu’ah, S. (2016). Pengaruh praktikum dan demonstrasi dalam pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap motivasi belajar siswa materi asam basa ditinjau dari kemampuan awal. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan Volume: 1 Nomor: 3 Bulan Maret Tahun 2016 Halaman:, 1(3), 354–362.
Setiowati, H., Saputro, A. N. C., & Setyowati, W. A. E. (2015). Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing (guided inquiry) dilengkapi LKS untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa pada materi pokok kelarutan dan hasil kali kelarutan Kelas XI MIA SMA Negeri 1 Banyudono Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Pendidikan Kimia, 4(4), 54–60. http://www.jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/kimia/article/view/6582/4491
Sinaga, M., & Silaban, S. (2020). Implementasi pembelajaran kontekstual untuk aktivitas dan hasil belajar kimia siswa. Gagasan Pendidikan Indonesia, 1(1), 33. https://doi.org/10.30870/gpi.v1i1.8051
Sri Yani Widyaningsih, dkk. (2013). Model MFI dan POGIL ditinjau dari aktivitas belajar dan kreativitas siswa terhadap prestasi belajar. Inkuiri, 1(3), 266–276.
Suarni, E. (2019). Efforts to improve the mathematics learning outcomes of 3 rd grade students using the guided inquiry approach at SDN 05 Mukomuko City. Ijis Edu, 1(1), 63–70.
Suhada, H. (2017). Model pembelajaran inquiry dan kemampuan berpikir kritis terhadap keterampilan proses sains siswa Kelas V pada mata pelajaran IPA. Jurnal Pendidikan Dasar, 8(2), 63–68. http://doi.org/10.21009/JPD
Ulandari, N., Putri, R., Ningsih, F., & Putra, A. (2019). Efektivitas model pembelajaran inquiry terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi Teorema Pythagoras. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 227–237. https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i2.99
Vlassi, M., & Karaliota, A. (2013). The comparison between guided inquiry and traditional teaching method. A case study for the teaching of the structure of matter to 8th grade greek students. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 93, 494–497. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2013.09.226
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Fiki Nurfaza Rahma Laily
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.