Kesalahan berbahasa Indonesia tulis pada aspek ejaan, morfologi, dan sintaksis oleh peserta pelatihan menulis Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP)
DOI:
https://doi.org/10.22219/kembara.v8i2.22282Keywords:
Analisis kesalahan, Kesalahan ejaan, Kesalahan morfologis, Kesalahan sintaksisAbstract
Bahasa Indonesia telah dipelajari selama bertahun-tahun di Indonesia. Namun demikian, masih ditemukan kesalahan dalam tulisan baik selama menulis maupun setelah menulis. Kesalahan itu pun banyak ditemukan dalam tulisan peserta pelatihan menulis yang diselenggarakan oleh Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP). Kesalahan itu perlu dianalisis untuk membantu peserta pelatihan meningkatkan keterampilan menulisnya karena keterampilan menulis merupakan bentuk keterampilan yang paling sulit. Penelitian ini bertujuan menganalisis kesalahan yang ada pada tulisan bahasa Indonesia peserta pelatihan menulis pada aspek ejaan, morfologi, dan sintaksis. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif analisis. Data yang dianalisis adalah kesalahan pada aspek ejaan, morfologi, dan sintaksis yang dikumpulkan dengan metode dokumentasi lalu dianalisis dengan tahapan analisis kesalahan berbahasa oleh Ellis dan Sidhar. Sumber data dari kesalahan itu adalah naskah esai motivasi yang ditulis oleh delapan belas peserta pelatihan menulis yang diselenggarakan oleh LPDP. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk kesalahan yang paling dominan dilakukan oleh peserta pelatihan adalah kesalahan penggunaan konjungsi pada tataran sintaksis, yaitu sebesar 67%. Pada aspek morfologi, bentuk kesalahan yang dilakukan oleh peserta berupa penggunaan diksi dan penulisan afiks. Sementara itu, pada aspek kesalahan ejaan, peserta pelatihan menulis lebih banyak melakukan kesalahan pada aspek penulisan unsur serapan (36%). Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai landasan bagi penyelenggara program pelatihan menulis dalam penyusunan modul, strategi, metode, dan media pelatihan menulis. Oleh karena itu, penelitian ini dapat memberikan sumbangsih bagi keberhasilan pelaksanaan pelatihan menulis pada aspek tata bahasa dan struktur kalimat.
Downloads
References
Agustina, T., & Oktavia, W. (2019). Analisis kesalahan berbahasa pada bahan ajar kelas menyimak program BIPA IAIN Surakarta. Disastra, 1(2), 60–70. http://dx.doi.org/10.29300/disastra.v1i2.1866
Alber, & Febria, R. (2018). Analisis kesalahan berbahasa tataran sintaksis dalam kumpulan makalah mahasiswa Universitas Islam Riau. GERAM (Gerakan Aktidf Menulis), 6(2), 77–90. http://www.fao.org/3/I8739EN/i8739en.pdf%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.adolescence.2017.01.003%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.childyouth.2011.10.007%0Ahttps://www.tandfonline.com/doi/full/10.1080/23288604.2016.1224023%0Ahttp://pjx.sagepub.com/lookup/doi/10
Alfin, J. (2018). Analisis kesalahan berbahasa Indonesia. Yogyakarta: LKiS.
Alinsunod, J., St, C., & Bicutan, W. (2014). A study on common writing errors of Engineering students: a basis for curriculum development. European Journal of English Language and Literature Studies, 2(3), 7–15. www.eajournals.org
Apriani, M. (2016). Analisis kesalahan berbahasa bidang morfologi oleh komunitas jual-beli online di Mataram Nusa Tenggara Barat.
Apriliana, A. C., & Martini, A. (2018). Analisis kesalahan ejaan dalam karangan narasi pada siswa kelas V sekolah dasar Kecamatan Sumedang Selatan. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(2), 227. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v7i2.6267
Apriwulan, H. F., Romania, T., & Restiana, M. (2021). Analisis kesalahan berbahasa pada baliho makanan (kajian morfologi). Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 10(1), 65–70. http://jurnal.umt.ac.id/index.php/lgrm
Arikunto, S. (2010). Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Astuti, S. P., Sobari, T., & Aeni, E. S. (2020). Analisis kesalahan berbahasa tataran fonologi dan morfologi pada penulisan teks eksplanasi siswa kelas VIII SMP PGRI 4 Cimahi. Parole: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 3(1), 21–30. http://dx.doi.org/10.22460/p.v3i1p21-30.4381
Bauer, L. (2007). The linguistics student’s handbook. Edinburgh: Edinburgh University Press.
Busri, H., & Badrih, M. (2022). Representation of linguistic characteristics in Mass Media. KEMBARA Journal of Scientific Language Literature and Teaching, 8(1), 1–14. https://ejournal.umm.ac.id/index.php/kembara/article/view/19324
Chaer, A. (2013). Kajian Bahasa (struktur internal, pemakaian, dan pemelajaran). Jakarta: Rineka Cipta.
Chaer, A., & Agustina, L. (2010). Sosiolinguistik: perkenalan awal. Jakarta: Rineka Cipta.
Depdiknas. (2015). Pedoman umum ejaan Bahasa Indonesia yang disempurnakan & pedoman umum pembentukan istilah. Bandung: Yrama Widya.
Dulay, H., Burt, M., & Krashen, S. (1982). Second language. Oxford: Oxford University Press.
Flynn, N., & Stainthorp, R. (2006). The learning and teaching of reading and writing 1st edition. Wiley and Sons Ltd.
Hendrickson, J. M. (1980). The treatment of error in written work. The Modern Language Journal, 64(2), 216–221. https://doi.org/10.1111/j.1540-4781.1980.tb05188.x
Irmawati, E., Sari, N., & Kusumahastuti, P. . (2020). Analisis kesalahan berbahasa bidang morfologi dan ejaan apada judul youtube di Chanel Baim Paula. Diglosia, 4(2), 277–289. https://jurnal.unma.ac.id/index.php/dl/article/view/2124
Isnaini, M. (2015). Struktur kalimat tunggal dalam karangan Bahasa Indonesia mahasiswa asing tingkat pemula di BIPA UMM. KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya (e-journal), 1(1), 43–53. https://doi.org/10.22219/kembara.v1i1.2330
Isodarus, P. B. (2017). Pembelajaran bahasa indonesia berbasis teks. Jurnal Ilmiah Kebudayaan SINTESIS, 11(1), 1–11. https://doi.org/10.24071/sin.v11i1.927
James, C. (1998). Errors in language learning and use. New York: Longman.
Javed, M., Juan, Xiao, W., Nazli, & Saima. (2013). A study of students’ assessment in writting skills of the English Language. International Journal of Instruction, 6(2). https://eric.ed.gov/?id=ED544075
Jayanti, R., & Rosita, Y. D. (2019). Pengembangan kompetensi kebahasaan dalam menulis teks cerpen sejarah di MAN 7 Jombang. KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya (e-journal), 5(2), 245–253. https://doi.org/10.22219/kembara.vol5.no2.245-253
Johan, G. M., & Ghasya, D. A. (2017). Analisis kesalahan morfologis dalam proses diskusi siswa sekolah dasar. Visipena Journal, 8(1), 124–134. htpps://doi.org/10.46244/visipena.v8i1.382
Kosasih, E. (2017). Jenis-jenis teks (analisis fungsi, struktur, dan kaidah serta langkah penulisannya). Yogyakarta: Yrama Widya.
Latifah, Y., Suwarno, B., & Diani, I. (2018). The effect of teachers’ direct and indirect feedback on student’s writing ability. Journal of Applied Linguistics and Literature, 3(2), 1–15. https://doi.org/10.33369/joall.v3i2.6846
Listiani, F. D. (2020). Faktor penyebab kesulitan menulis fabel dan model pembelajaran yang diharapkan mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Sanata Dharma. Kredo, 4(1), 112–128. https://doi.org/10.24176/kredo.v4i1.4883
Listyorini, A. (2005). Menuju budaya menulis: suatu bunga rampai. in berbagi kesalahan mekanik dalam karya ilmiah mahasiswa. Dalam Pangesti Wiedarti (Ed) (pp. 35–41). Yogyakarta: Tiara Wacana.
Lombardi, A. (2022). Moral outrage or mere possibility? An exploration of epistemic versus deontic stance in reading-to-write argumentation. Journal of Second Language Writing, 58(August), 100912. https://doi.org/10.1016/j.jslw.2022.100912
Maulina, Y. (2018). Penggunaan konjungsi dalam wacana pembelajaran literasi. Madah: Jurnal Bahasa dan Sastra, 9(2), 191. https://doi.org/10.31503/madah.v9i2.765
Nafinuddin, S. (2018). Analisis kesalahan berbahasa dalam Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 1(01), 10–20. https://e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/al-fathin/article/view/1186
Nur, Afiana. (2018). Analisis kesalahan berbahasa Indonesia tataran ejaan dalam karangan siswa. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 1(3), 68–78. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/KID/article/view/451
Nurwicaksono, B. D., & Amelia, D. (2018). Analisis kesalahan berbahasa Indonesia pada teks ilmiah mahasiswa. AKSIS: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(2), 138–153. https://doi.org/10.21009/aksis.020201
Oktavia, W. (2018). Analisis kesalahan berbahasa pada bidang morfologi terhadap jual beli online di instagram. Jalabahasa, 14(1), 76–86. https://doi.org/10.36567/jalabahasa.v14i1.136
Parera, J. D. (1997). Linguistik edukasional: metodologi pembelajaran Bahasa analisis kontrastif antarbahasa analisis kesalahan berbahasa. Jakarta: Erlangga.
Priyono, Y. (2012). Analisis kesalahan berbahasa bidang morfologi pada mading di Universitas Muhammadiyah Surakarta. In Universitas Muhammadiyah Surakarta (Vol. 10, Issue 9). https://dspace.ups.edu.ec/bitstream/123456789/5224/1/UPS-QT03885.pdf
Purwandari, H. S., Setiawan, B., & Saddhono, K. (2014). Analisis kesalahan berbahasa Indonesia pada surat dinas kantor Kepala Desa JLADRI. BASASTRA: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra Indonesia, Dan Pengajarannya, 1(3), 478–489. Retrieved from https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/bhs_indonesia/article/view/4045/2844
Rahmawati, L. E., Kartikasari, F., & Sukoco, Y. W. T. (2015). Analisis kesalahan berbahasa pada 20 paket soal ujian nasional bahasa Indonesia SMP 2012/2013. Varia Pendidikan, 26(2), 129–140. https://doi.org/10.23917/varidika.v26i2.682
Ramaniyar, E. (2017). Analisis kesalahan berbahasa Indonesia pada penelitian mini mahasiswa. Jurnal Edukasi, 15(1), 70–80. https://doi.org/10.31571/edukasi.v15i1.407
Sa’adah, F. (2016). Analisis kesalahan berbahasa dan peranannya dalam pembelajaran Bahasa Asing. Wahana Akademika: Jurnal Studi Islam dan Sosial, 14(1), 1–29. https://doi.org/https://doi.org/10.21580/wa.v14i1.351
Sari, D. R., Fadhilah, M. A., & Nucifera, P. (2019). Analisis kesalahan penggunaan ejaan Bahasa Indonesia (EBI) pada Kolom Opini Surat Kabar Serambi. Jurnal Samudra Bahasa, 2(1), 25–31. https://ejurnalunsam.id/index.php/JSB/article/download/1619/1203/
Sari, K., Joko Nurcahyo, R., & Kartini. (2019). Analisis kesalahan berbahasa pada majalah toga edisi III bulan desember tahun 2018. Imajeri: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(1), 11–23. https://doi.org/10.22236/imajeri.v2i1.5073
Sari, S. W., Qoriyah, A. N., & Aprilia, O. Y. (2020). Analisis kesalahan berbahasa bidang morfologi pada Portal Radar Solo tema covid-19. Imajeri: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 3(1), 82–92. https://doi.org/10.22236/imajeri.v3i1.4996
Setiawan, A., Slamet, S. Y., & Setiawan, B. (2017). Keterampilan menulis ikhtisar buku dalam kaitannya dengan penguasaan piranti kohesi koherensi. KEMBARA Journal of Scientific Language Literature and Teaching, 3(1), 13–22. https://doi.org/10.22219/kembara.v3i1.4373
Setiawan, D. A. (2016). Analisis kesalahan sintaksis bahasa indonesia dalam karangan deskripsi siswa kelas VI SDN Kanigoro 02 Kecamatan Pagelaran yang berbahasa ibu Bahasa Madura. Pancaran, 5(3), 25–36. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/pancaran/article/view/4047
Setyawati, N. (2010). Analisis kesalahan berbahasa: Teori dan praktik. Jakarta: Yuma Pustaka.
Siagian, E. N. (2017). Analisis kesalahan berbahasa (tulis) mahasiswa BIPA tingkat lanjut Universitas Yale, USA. FKIP E-PROCEEDING, 11–22. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/4849
Sukmadinata, N. S. (2007). Metode penelitian pendidikan. Bandung: Rosdakarya.
Supriani, R., & Siregar, I. R. (2012). Penelitian analisis kesalahan berbahasa. Edukasi Kultura, 3(2), 67–76. https://doi.org/10.24114/kultura.v1i2.5204
Suriasumantri, J. S. (2005). Filsafat Ilmu sebuah pengantar populer. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.
Syafi’i, B. A., Niha, I. K., & Nisaa’, S. (2021). Analisis kesalahan morfologi dalam penulisan makalah mahasiswa Hukum Ekonomi Syariah IAIN Surakarta. Jurnal Penelitian Humaniora, 22(1), 14–29. https://doi.org/10.23917/humaniora.v22i1.8153
Tabari, M. A. (2022). Investigating the interactions between l2 writing processes and products under different task planning time conditions. Journal of Second Language Writing, 55(January), 100871. https://doi.org/10.1016/j.jslw.2022.100871
Tarigan, H. G. (1987). Pengajaran pemerolehan bahasa. Bandung: Penerbit Angkasa.
Tarigan, H. G. (1990). Pengajaran analisis kesalahan berbahasa. Bandung: Penerbit Angkasa.
Turistiani, T. D. (2013). Fitur kesalahan penggunaan ejaan yang disempurnakan dalam makalah mahasiswa. Paramasastra: Jurnal Ilmiah Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya, 1(1), 61–72. https://doi.org/10.26740/paramasastra.v1n1.p%25p
Valdman, A. (1975). Error analysis and grading in the preparation of teaching materials. The Modern Language Journal, 59(8), 422–426. https://doi.org/10.1111/j.1540-4781.1975.tb04723.x
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with The KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya (e-Journal) agree to the following terms:
Articles are published under the Creative Commons Attribution 3.0 Unported License (CC-BY 3.0).
Under the CC-BY license, authors retain ownership of the copyright for their article, but authors grant others permission to use the content of publications in KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya (e-Journal) in whole or in part provided that the original work is properly cited. Users (redistributors) of KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya are required to cite the original source, including the author's names, KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya (e-Journal) as the initial source of publication, year of publication, volume number and DOI (if available).
Authors may publish the manuscript in any other journal or medium but any such subsequent publication must include a notice that the manuscript was initially published by KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya (e-Journal).
Authors grant KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya (e-Journal) the right of first publication. Although authors remain the copyright owner, they grant the journal the irrevocable, nonexclusive rights to publish, reproduce, publicly distribute and display, and transmit their article or portions thereof in any manner.