Kesalahan berbahasa Indonesia tulis pada aspek ejaan, morfologi, dan sintaksis oleh peserta pelatihan menulis Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP)

Authors

  • Ilmatus Sa'diyah Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.22219/kembara.v8i2.22282

Keywords:

Analisis kesalahan, Kesalahan ejaan, Kesalahan morfologis, Kesalahan sintaksis

Abstract

Bahasa Indonesia telah dipelajari selama bertahun-tahun di Indonesia. Namun demikian, masih ditemukan kesalahan dalam tulisan baik selama menulis maupun setelah menulis. Kesalahan itu pun banyak ditemukan dalam tulisan peserta pelatihan menulis yang diselenggarakan oleh Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP). Kesalahan itu perlu dianalisis untuk membantu peserta pelatihan meningkatkan keterampilan menulisnya karena keterampilan menulis merupakan bentuk keterampilan yang paling sulit. Penelitian ini bertujuan menganalisis kesalahan yang ada pada tulisan bahasa Indonesia peserta pelatihan menulis pada aspek ejaan, morfologi, dan sintaksis. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif analisis. Data yang dianalisis adalah kesalahan pada aspek ejaan, morfologi, dan sintaksis yang dikumpulkan dengan metode dokumentasi lalu dianalisis dengan tahapan analisis kesalahan berbahasa oleh Ellis dan Sidhar. Sumber data dari kesalahan itu adalah naskah esai motivasi yang ditulis oleh delapan belas peserta pelatihan menulis yang diselenggarakan oleh LPDP. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk kesalahan yang paling dominan dilakukan oleh peserta pelatihan adalah kesalahan penggunaan konjungsi pada tataran sintaksis, yaitu sebesar 67%. Pada aspek morfologi, bentuk kesalahan yang dilakukan oleh peserta berupa penggunaan diksi dan penulisan afiks. Sementara itu, pada aspek kesalahan ejaan, peserta pelatihan menulis lebih banyak melakukan kesalahan pada aspek penulisan unsur serapan (36%). Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai landasan bagi penyelenggara program pelatihan menulis dalam penyusunan modul, strategi, metode, dan media pelatihan menulis. Oleh karena itu, penelitian ini dapat memberikan sumbangsih bagi keberhasilan pelaksanaan pelatihan menulis pada aspek tata bahasa dan struktur kalimat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustina, T., & Oktavia, W. (2019). Analisis kesalahan berbahasa pada bahan ajar kelas menyimak program BIPA IAIN Surakarta. Disastra, 1(2), 60–70. http://dx.doi.org/10.29300/disastra.v1i2.1866

Alber, & Febria, R. (2018). Analisis kesalahan berbahasa tataran sintaksis dalam kumpulan makalah mahasiswa Universitas Islam Riau. GERAM (Gerakan Aktidf Menulis), 6(2), 77–90. http://www.fao.org/3/I8739EN/i8739en.pdf%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.adolescence.2017.01.003%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.childyouth.2011.10.007%0Ahttps://www.tandfonline.com/doi/full/10.1080/23288604.2016.1224023%0Ahttp://pjx.sagepub.com/lookup/doi/10

Alfin, J. (2018). Analisis kesalahan berbahasa Indonesia. Yogyakarta: LKiS.

Alinsunod, J., St, C., & Bicutan, W. (2014). A study on common writing errors of Engineering students: a basis for curriculum development. European Journal of English Language and Literature Studies, 2(3), 7–15. www.eajournals.org

Apriani, M. (2016). Analisis kesalahan berbahasa bidang morfologi oleh komunitas jual-beli online di Mataram Nusa Tenggara Barat.

Apriliana, A. C., & Martini, A. (2018). Analisis kesalahan ejaan dalam karangan narasi pada siswa kelas V sekolah dasar Kecamatan Sumedang Selatan. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(2), 227. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v7i2.6267

Apriwulan, H. F., Romania, T., & Restiana, M. (2021). Analisis kesalahan berbahasa pada baliho makanan (kajian morfologi). Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 10(1), 65–70. http://jurnal.umt.ac.id/index.php/lgrm

Arikunto, S. (2010). Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Astuti, S. P., Sobari, T., & Aeni, E. S. (2020). Analisis kesalahan berbahasa tataran fonologi dan morfologi pada penulisan teks eksplanasi siswa kelas VIII SMP PGRI 4 Cimahi. Parole: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 3(1), 21–30. http://dx.doi.org/10.22460/p.v3i1p21-30.4381

Bauer, L. (2007). The linguistics student’s handbook. Edinburgh: Edinburgh University Press.

Busri, H., & Badrih, M. (2022). Representation of linguistic characteristics in Mass Media. KEMBARA Journal of Scientific Language Literature and Teaching, 8(1), 1–14. https://ejournal.umm.ac.id/index.php/kembara/article/view/19324

Chaer, A. (2013). Kajian Bahasa (struktur internal, pemakaian, dan pemelajaran). Jakarta: Rineka Cipta.

Chaer, A., & Agustina, L. (2010). Sosiolinguistik: perkenalan awal. Jakarta: Rineka Cipta.

Depdiknas. (2015). Pedoman umum ejaan Bahasa Indonesia yang disempurnakan & pedoman umum pembentukan istilah. Bandung: Yrama Widya.

Dulay, H., Burt, M., & Krashen, S. (1982). Second language. Oxford: Oxford University Press.

Flynn, N., & Stainthorp, R. (2006). The learning and teaching of reading and writing 1st edition. Wiley and Sons Ltd.

Hendrickson, J. M. (1980). The treatment of error in written work. The Modern Language Journal, 64(2), 216–221. https://doi.org/10.1111/j.1540-4781.1980.tb05188.x

Irmawati, E., Sari, N., & Kusumahastuti, P. . (2020). Analisis kesalahan berbahasa bidang morfologi dan ejaan apada judul youtube di Chanel Baim Paula. Diglosia, 4(2), 277–289. https://jurnal.unma.ac.id/index.php/dl/article/view/2124

Isnaini, M. (2015). Struktur kalimat tunggal dalam karangan Bahasa Indonesia mahasiswa asing tingkat pemula di BIPA UMM. KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya (e-journal), 1(1), 43–53. https://doi.org/10.22219/kembara.v1i1.2330

Isodarus, P. B. (2017). Pembelajaran bahasa indonesia berbasis teks. Jurnal Ilmiah Kebudayaan SINTESIS, 11(1), 1–11. https://doi.org/10.24071/sin.v11i1.927

James, C. (1998). Errors in language learning and use. New York: Longman.

Javed, M., Juan, Xiao, W., Nazli, & Saima. (2013). A study of students’ assessment in writting skills of the English Language. International Journal of Instruction, 6(2). https://eric.ed.gov/?id=ED544075

Jayanti, R., & Rosita, Y. D. (2019). Pengembangan kompetensi kebahasaan dalam menulis teks cerpen sejarah di MAN 7 Jombang. KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya (e-journal), 5(2), 245–253. https://doi.org/10.22219/kembara.vol5.no2.245-253

Johan, G. M., & Ghasya, D. A. (2017). Analisis kesalahan morfologis dalam proses diskusi siswa sekolah dasar. Visipena Journal, 8(1), 124–134. htpps://doi.org/10.46244/visipena.v8i1.382

Kosasih, E. (2017). Jenis-jenis teks (analisis fungsi, struktur, dan kaidah serta langkah penulisannya). Yogyakarta: Yrama Widya.

Latifah, Y., Suwarno, B., & Diani, I. (2018). The effect of teachers’ direct and indirect feedback on student’s writing ability. Journal of Applied Linguistics and Literature, 3(2), 1–15. https://doi.org/10.33369/joall.v3i2.6846

Listiani, F. D. (2020). Faktor penyebab kesulitan menulis fabel dan model pembelajaran yang diharapkan mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Sanata Dharma. Kredo, 4(1), 112–128. https://doi.org/10.24176/kredo.v4i1.4883

Listyorini, A. (2005). Menuju budaya menulis: suatu bunga rampai. in berbagi kesalahan mekanik dalam karya ilmiah mahasiswa. Dalam Pangesti Wiedarti (Ed) (pp. 35–41). Yogyakarta: Tiara Wacana.

Lombardi, A. (2022). Moral outrage or mere possibility? An exploration of epistemic versus deontic stance in reading-to-write argumentation. Journal of Second Language Writing, 58(August), 100912. https://doi.org/10.1016/j.jslw.2022.100912

Maulina, Y. (2018). Penggunaan konjungsi dalam wacana pembelajaran literasi. Madah: Jurnal Bahasa dan Sastra, 9(2), 191. https://doi.org/10.31503/madah.v9i2.765

Nafinuddin, S. (2018). Analisis kesalahan berbahasa dalam Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 1(01), 10–20. https://e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/al-fathin/article/view/1186

Nur, Afiana. (2018). Analisis kesalahan berbahasa Indonesia tataran ejaan dalam karangan siswa. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 1(3), 68–78. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/KID/article/view/451

Nurwicaksono, B. D., & Amelia, D. (2018). Analisis kesalahan berbahasa Indonesia pada teks ilmiah mahasiswa. AKSIS: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(2), 138–153. https://doi.org/10.21009/aksis.020201

Oktavia, W. (2018). Analisis kesalahan berbahasa pada bidang morfologi terhadap jual beli online di instagram. Jalabahasa, 14(1), 76–86. https://doi.org/10.36567/jalabahasa.v14i1.136

Parera, J. D. (1997). Linguistik edukasional: metodologi pembelajaran Bahasa analisis kontrastif antarbahasa analisis kesalahan berbahasa. Jakarta: Erlangga.

Priyono, Y. (2012). Analisis kesalahan berbahasa bidang morfologi pada mading di Universitas Muhammadiyah Surakarta. In Universitas Muhammadiyah Surakarta (Vol. 10, Issue 9). https://dspace.ups.edu.ec/bitstream/123456789/5224/1/UPS-QT03885.pdf

Purwandari, H. S., Setiawan, B., & Saddhono, K. (2014). Analisis kesalahan berbahasa Indonesia pada surat dinas kantor Kepala Desa JLADRI. BASASTRA: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra Indonesia, Dan Pengajarannya, 1(3), 478–489. Retrieved from https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/bhs_indonesia/article/view/4045/2844

Rahmawati, L. E., Kartikasari, F., & Sukoco, Y. W. T. (2015). Analisis kesalahan berbahasa pada 20 paket soal ujian nasional bahasa Indonesia SMP 2012/2013. Varia Pendidikan, 26(2), 129–140. https://doi.org/10.23917/varidika.v26i2.682

Ramaniyar, E. (2017). Analisis kesalahan berbahasa Indonesia pada penelitian mini mahasiswa. Jurnal Edukasi, 15(1), 70–80. https://doi.org/10.31571/edukasi.v15i1.407

Sa’adah, F. (2016). Analisis kesalahan berbahasa dan peranannya dalam pembelajaran Bahasa Asing. Wahana Akademika: Jurnal Studi Islam dan Sosial, 14(1), 1–29. https://doi.org/https://doi.org/10.21580/wa.v14i1.351

Sari, D. R., Fadhilah, M. A., & Nucifera, P. (2019). Analisis kesalahan penggunaan ejaan Bahasa Indonesia (EBI) pada Kolom Opini Surat Kabar Serambi. Jurnal Samudra Bahasa, 2(1), 25–31. https://ejurnalunsam.id/index.php/JSB/article/download/1619/1203/

Sari, K., Joko Nurcahyo, R., & Kartini. (2019). Analisis kesalahan berbahasa pada majalah toga edisi III bulan desember tahun 2018. Imajeri: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(1), 11–23. https://doi.org/10.22236/imajeri.v2i1.5073

Sari, S. W., Qoriyah, A. N., & Aprilia, O. Y. (2020). Analisis kesalahan berbahasa bidang morfologi pada Portal Radar Solo tema covid-19. Imajeri: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 3(1), 82–92. https://doi.org/10.22236/imajeri.v3i1.4996

Setiawan, A., Slamet, S. Y., & Setiawan, B. (2017). Keterampilan menulis ikhtisar buku dalam kaitannya dengan penguasaan piranti kohesi koherensi. KEMBARA Journal of Scientific Language Literature and Teaching, 3(1), 13–22. https://doi.org/10.22219/kembara.v3i1.4373

Setiawan, D. A. (2016). Analisis kesalahan sintaksis bahasa indonesia dalam karangan deskripsi siswa kelas VI SDN Kanigoro 02 Kecamatan Pagelaran yang berbahasa ibu Bahasa Madura. Pancaran, 5(3), 25–36. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/pancaran/article/view/4047

Setyawati, N. (2010). Analisis kesalahan berbahasa: Teori dan praktik. Jakarta: Yuma Pustaka.

Siagian, E. N. (2017). Analisis kesalahan berbahasa (tulis) mahasiswa BIPA tingkat lanjut Universitas Yale, USA. FKIP E-PROCEEDING, 11–22. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/4849

Sukmadinata, N. S. (2007). Metode penelitian pendidikan. Bandung: Rosdakarya.

Supriani, R., & Siregar, I. R. (2012). Penelitian analisis kesalahan berbahasa. Edukasi Kultura, 3(2), 67–76. https://doi.org/10.24114/kultura.v1i2.5204

Suriasumantri, J. S. (2005). Filsafat Ilmu sebuah pengantar populer. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.

Syafi’i, B. A., Niha, I. K., & Nisaa’, S. (2021). Analisis kesalahan morfologi dalam penulisan makalah mahasiswa Hukum Ekonomi Syariah IAIN Surakarta. Jurnal Penelitian Humaniora, 22(1), 14–29. https://doi.org/10.23917/humaniora.v22i1.8153

Tabari, M. A. (2022). Investigating the interactions between l2 writing processes and products under different task planning time conditions. Journal of Second Language Writing, 55(January), 100871. https://doi.org/10.1016/j.jslw.2022.100871

Tarigan, H. G. (1987). Pengajaran pemerolehan bahasa. Bandung: Penerbit Angkasa.

Tarigan, H. G. (1990). Pengajaran analisis kesalahan berbahasa. Bandung: Penerbit Angkasa.

Turistiani, T. D. (2013). Fitur kesalahan penggunaan ejaan yang disempurnakan dalam makalah mahasiswa. Paramasastra: Jurnal Ilmiah Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya, 1(1), 61–72. https://doi.org/10.26740/paramasastra.v1n1.p%25p

Valdman, A. (1975). Error analysis and grading in the preparation of teaching materials. The Modern Language Journal, 59(8), 422–426. https://doi.org/10.1111/j.1540-4781.1975.tb04723.x

Downloads

Published

2022-10-14

How to Cite

Sa’diyah, I. (2022). Kesalahan berbahasa Indonesia tulis pada aspek ejaan, morfologi, dan sintaksis oleh peserta pelatihan menulis Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP). KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 8(2), 255–271. https://doi.org/10.22219/kembara.v8i2.22282

Issue

Section

Articles