Strategi Diplomasi Ekonomi Indonesia dalam Menjaga Stabilitas Neraca Perdagangan di Tengah Pandemi Covid-19

Authors

  • Natsha Nabilla Universitas Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.22219/sospol.v7i2.15925

Keywords:

Covid-19, Diplomasi Ekonomi, Indonesia, Perdagangan Internasional

Abstract

Sejak pertama kali muncul di kota Wuhan, Tiongkok, COVID 19 telah diumumkan oleh World Health Organization (WHO) sebagai suatu darurat kesehatan dunia. Bagi Indonesia pandemi COVID 19 telah menyebabkan neraca perdagangan mengalami defisit sejumlah 344,7 juta USD per April 2020. Situasi akibat pandemi COVID 19 membuat Indonesia membutuhkan strategi baru dalam menjaga arus lalu lintas perdagangan baik domestik maupun internasional. Dalam tulisan ini akan dibahas mengenai strategi baru dalam diplomasi ekonomi Indonesia sebagai instrumen dalam meningkatkan perdagangan dan investasi internasional. Tulisan ini juga akan membatasi penelitian di masa pemerintahan Presiden Joko Widodo baik sebelum maupun pada saat pandemi COVID-19. Adapun dalam pembahasannya akan digunakan konsep tahapan strategi diplomasi ekonomi negara berkembang dari Kishan Rana. Berdasarkan penelitian ditemukan bahwa beberapa dari strategi Indonesia yang pada masa sebelum COVID 19 mulai mengalami kesulitan. Akibatnya Indonesia menggunakan strategi baru yang disesuaikan dengan keadaan pada saat pandemi COVID 19 terjadi. Meskipun begitu, secara garis besar, strategi yang digunakan tetap mencakup 4 tahapan yaitu Economic Salesmanship, Networking, Image Branding/Promotion, dan Regulation Management.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Basith (November 18, 2020). Ini lima prioritas perjanjian dagang yang dikejar Indonesia tahun 2020. Kontan.co.id. Retrieved from https://nasional.kontan.co.id/news/ini-lima-prioritas-perjanjian-dagang-yang-dikejar-indonesia-tahun-2020

Bayne, N., & Woolcock, S. (Eds.). (2016). The new economic diplomacy: decision-making and negotiation in international economic relations. Ashgate Publishing, Ltd.

Berridge, G. R. (2015). Diplomacy: theory and practice. Springer.

Damuri & Hirawan. (2020). Mengukur Dampak COVID-19 pada Pertumbuhan Ekonomi dan Perdagangan Indonesia 2020. CSIS Commentaries. Retrieved from https://www.csis.or.id/publications/mengukur-dampak-covid-19-pada-pertumbuhan-ekonomi-dan-perdagangan-indonesia-2020

Haryono, E. (2019). Economic Diplomacy as Indonesian Foreign Policy Orientation in 2015-2018: Challenges and Opportunities. Global Strategis, 13(2), 46-61.

Hendartyo. (May 16, 2020). Pandemi COVID 19 Bikin Neraca Perdagangan Indonesia Defisit. Tempo.co. Retrieved from https://bisnis.tempo.co/read/1342879/pandemi-covid-19-bikin-neraca-perdagangan-indonesia-defisit

Jumadil Akhir (2015) Jokowi Ingatkan agar Dubes jadi Sales. Okefinance dalam https://economy.okezone.com/read/2015/02/02/320/1100211/jokowi-ingatkan-agar-dubes-jadi-sales

Kemendag. (2020). Kemendag Terus Dobrak Pasar Ekspor Pangan Olahan Tingkatkan Neraca Perdagangan di Tengah Pandemi Covid-19.

Kemendag. (2020). Lawan COVID-19: Pimpin Pertemuan Dewan Kopi Internasional, Indonesia Bertekad Bantu Petani Kopi di Tengah Pandemi COVID-19.

Kemendag. (2020). Mendag Jalankan Langkah Strategis Bidang Perdagangan di Masa Pandemi Covid-19.

Kemlu (2020). Lawan COVID-19, Indonesia Dorong Kemitraan di Kawasan Samudera Hindia.

Kemlu (2020). Mesin Diplomasi ASEAN Terus Bekerja Hadapi COVID-19.

Kemlu (2020). Wamenlu RI: Manfaatkan Peluang Ekonomi di Tengah COVID-19.

Kemlu. (2018). Batik Indonesia Memenangkan Penghargaan Best New Product pada NY NOW 2018 Pameran Dagang dan Kriya Terbesar di Amerika Utara.

Kemlu. (2020). Indonesia Kembangkan Kerja Sama dengan Alibaba Foundation dan Jack Ma Foundation untuk Penanganan COVID-19.

Kencana, M.R.B. (2018) Ini Hasil Diplomasi Ekonomi ala Jokowi-JK. Liputan6 dalam https://www.liputan6.com/bisnis/read/3672549/ini-hasil-diplomasi-ekonomi-ala-jokowi-jk

Killian, P. M. (2012). Paradigma dan Problematika Diplomasi Ekonomi Indonesia. Global & Strategis, 6(2), 171-186.

Kurniawan, A. (2014). Diplomasi Ekonomi Indonesia dan Thailand terhadap Pasar Timur Tengah. Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 17(3), 254-271.

Lane, M. (2015). Amidst Indonesia's Nationalist Atmospherics: The Changing Politics of Jokowi's Economics. Institute of Southeast Asian Studies.

Levitt, H. M., Motulsky, S. L., Wertz, F. J., Morrow, S. L., & Ponterotto, J. G. (2017). Recommendations for Designing and Reviewing Qualitative Research in Psychology: Promoting Methodological Integrity. Qualitative Psychology, 4(1), 2–22.

Lidwina, dkk. (March 16, 2020). Ekonomi Dunia Menanggung Beban COVID 19. Katadata.co.id. Retrieved from https://katadata.co.id/analisisdata/2020/03/16/ekonomi-dunia-menanggung-beban-covid-19

Madu, L. (2015). Indonesia's Foreign Policy under President Jokowi: More Domestic and Nationalist Orientations. Southeast Asia, 37(1), 6.

Michaela (2017) Promosi Indonesia, KBRI Kairo Gelar Pameran Dagang dan Investasi. Medcom.id dalam https://www.medcom.id/internasional/dunia/0k8j9lWN-promosi-indonesia-kbri-kairo-gelar-pameran-dagang-dan-investasi

Negara, S. D. (2015). Rising Economic Nationalism in Indonesia: Will This Time be Different? ISEAS Perspective, 59, 1-12.

Okano-Heijmans, M. (2011). Conceptualizing economic diplomacy: The crossroads of international relations, economics, IPE and diplomatic studies. The Hague journal of diplomacy, 6(1-2), 7-36.

Pigman, G. A. (2005). Making room at the negotiating table: The growth of diplomacy between nation-state governments and non-state economic entities. Diplomacy and Statecraft, 16(2), 385-401.

Pigman, G. A. (2007). The World Economic Forum: A multi-stakeholder approach to global governance. Routledge.

Pramudyani (2019) Empat Strategi Diplomasi Ekonomi Indonesia di Afrika. Antaranews.com dalam https://www.antaranews.com/berita/1135611/empat-strategi-diplomasi-ekonomi-indonesia-di-afrika

Rana, K. S. (2007). Economic diplomacy: the experience of developing countries. The New Economic Diplomacy: Decision-Making and Negotiations in International Economic Relations. Aldershot: Ashgate.

Rana, K. S. (2011). 21st-Century Diplomacy: A Practitioner's Guide. Bloomsbury Publishing USA.

Rosada, Q. I. (2016). Diplomasi Ekonomi Indonesia Terhadap World Economic Forum (Wef) Pada Masa Pemerintahan Presiden Sby Periode Tahun 2009-2014 (Bachelor’s thesis, Jakarta: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UIN Syarif Hidayatullah).

Sabaruddin, S. S. (2016). Grand Design Diplomasi Ekonomi Indonesia: Sebuah Pendekatan Indeks Diplomasi Ekonomi. Jurnal Ilmiah Hubungan Internasional, 12(1), 69-90.

Satya, V.E. (2019). Upaya Penciptaan Iklim Investasi yang Kondusif. Info SIngkat. Badan Keahlian DPR RI. Vol. XI. No. 06.

Situmorang, M. (2015). Orientasi kebijakan politik luar negeri Indonesia di bawah pemerintahan Jokowi-JK. Jurnal Ilmiah Hubungan Internasional, 11(1).

Strauss, A., & Corbin, J. (2008). Basics of Qualitative Research: Techniques and Procedures for Developing Grounded Theory (3rd Ed.). Thousand Oaks, London, New Delhi: SAGE Publications.

Supriatin (2019) Periode kedua, Menlu Retno akan perkuat Diplomasi Ekonomi Luar Negeri. Merdeka.com dalam https://www.merdeka.com/peristiwa/periode-kedua-menlu-retno-akan-perkuat-diplomasi-ekonomi-luar-negeri.html

Surya, A., & Bukhari, A. S. (2019). PELUANG DAN TANTANGAN KERJASAMA INVESTASI INDONESIA DENGAN NEGARA-NEGARA VISEGRAD. Jurnal Ilmu Politik dan Komunikasi Volume IX No.

Walker, A. (April, 2020). Coronavirus: Drop in global trade to be worse than 2008 crisis. BBC.com. Retrieved from https://www.bbc.com/news/business-52211919

Weatherbee, D. E. (2017). Indonesia’s foreign policy in 2016. Southeast Asian Affairs, 163-176.

Downloads

Published

2021-11-30

How to Cite

Nabilla, N. (2021). Strategi Diplomasi Ekonomi Indonesia dalam Menjaga Stabilitas Neraca Perdagangan di Tengah Pandemi Covid-19. Sospol, 7(2), 227–239. https://doi.org/10.22219/sospol.v7i2.15925