Akun Twitter BNPB_RI Sebagai Media Komunikasi Pemerintah Indonesia di Masa Pandemi Covid-19

Authors

  • Vindhi Putri Pratiwi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
  • Dian Eka Rahmawati Magister Ilmu Pemerintahan, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
  • Titin Purwaningsih Magister Ilmu Pemerintahan, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.22219/sospol.v7i2.16116

Keywords:

Covid-19, Komunikasi Pemerintah, Media Sosial, Twitter

Abstract

Adanya pandemi COVID-19 secara global menjadi tantangan sendiri khususnya bagi pemerintah Indonesia. Salah satunya dalam penyampaian informasi terkait dengan COVID-19. Adanya pandemi besar ini juga menghasilkan berbagai informasi-informasi yang mampu menciptakan ketegangan bagi masyarakat. Oleh karenanya perlu adanya komunikasi pemerintah yang efektif dan tepat kepada masyarakat terkait dengan pandemic ini. Sehingga tujuan penelitian ini untuk melihat komunikasi pemerintah di masa pandemi melalui akun Twitter @BNPB_Indonesia dengan mengetahui intensitas komunikasi pemerintah dan melihat hubungan interaksi komunikasi pemeirntah melalui akun Twitter @BNPB_Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan penelitian kualitatif dan analisis data diolah dengan bantuan software NVivo 12 Plus. Data diperoleh melalui akun Twitter @BNPB_indonesia. Dari hasil penelitian diperoleh komunikasi yang dibangun oleh pemerintah di masa pandemic COVID-19 melalui akun Twitter @BNPB_indonesia aktif menyampaikan informasi kepada public dan informasi tersebut dapat diterima oleh public dengan baik. Sehingga hal ini melihatkan komunikasi pemerintah yang bersifat eksternal dimana memiliki fungsi to managing people.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin, Y. Z. (2016). Komunikasi Pemerintahan Filosofi, Konsep dan Aplikasi. CV Pustaka Setia.

Alfiyani, N. (2018). Media Sosial Sebagai Strategi Komunikasi Politik. Potret Pemikiran, 22(1). https://doi.org/10.30984/pp.v22i1.762

Anggreani, M. D., Purnomo, E. P., & Kasiwi, A. N. (2020). RUANG PUBLIK VIRTUAL SEBAGAI PINTU KOMUNIKASI GOVERNMENT TO CITIZEN (Studi Kasus: Perbandingan Media Sosial Pemerintah Kota Yogyakarta dan Surabaya). Jurnal MODERAT, 6(1), 203–220. https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/moderat/article/view/3165/2919

Anisa, R., & Rachmaniar, R. (2019). Media Informasi dan Komunikasi Pemerintah Provinsi jawa Barat. Jurnal Lontar, 7(1), 36–40.

Azmi, O., Anisasari, Z., & Uny, F. I. S. (n.d.). POLA KOMUNIKASI ANTARA PEMERINTAH DAN ORGANISASI KEPEMUDAAN TINGKAT KABUPATEN SLEMAN. 1–15.

Barniat, Z. (2019). POLITICAL COMMUNICATIONS IN THE SOCIAL MEDIA OF INDUSTRIAL REVOLUTION 4.0. Konsensus, 1(1), 59–67.

Chen, E., Lerman, K., & Ferrara, E. (2020). Tracking Social Media Discourse About the COVID-19 Pandemic: Development of a Public Coronavirus Twitter Data Set. JMIR Public Health and Surveillance, 6(2), e19273. https://doi.org/10.2196/19273

Damayanti, A., & Yuriawan, K. (2020). Instagram sebagai Medium Komunikasi Risiko di Masa Pandemi COVID-19 : Studi Netnografi terhadap Komunitas Online KawalCOVID19 . id Instagram as a Medium of Risk Communication in COVID-19 Pandemic : A Netnography Study of Virtual Community KawalCOVID19 . i. 18(02), 176–193. https://doi.org/10.46937/18202032355

Encyclopedia. (2019). 済無No Title No Title. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Eom, S. J., Hwang, H., & Kim, J. H. (2018a). Can social media increase government responsiveness? A case study of Seoul, Korea. Government Information Quarterly, 35(1), 109–122. https://doi.org/10.1016/j.giq.2017.10.002

Eom, S. J., Hwang, H., & Kim, J. H. (2018b). Can social media increase government responsiveness? A case study of Seoul, Korea. Government Information Quarterly, 35(1), 109–122. https://doi.org/10.1016/j.giq.2017.10.002

Erliana, H. (2014). Paradigma Komunikasi Pemerintahan. Jurnal Komunikasi Pemerintahan, 54.

Fauzi, E., & Rahmawati, D. E. (2019). Government of Yogyakarta City Communication in the Arrangement of Maliboro Areas in 2015-2016. Advances in Social Science, Education, and Humanities Research, 353(IcoSIHESS), 2016–2018. https://doi.org/10.2991/icosihess-19.2019.48

Flabianos, H. (2019). PENGARUH KOMUNIKASI PEMASARAN POLITIK PARTAI SOLIDARITAS INDONESIA MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM PADA PEMILU 2019 THE INFLUENCE OF INDONESIAN SOLIDARITY PARTY POLITICAL MARKETING COMMUNICATIONS THROUGH INSTAGRAM SOCIAL MEDIA IN 2019 ELECTION. 3–4.

Graham, M. W. (2014). Government communication in the digital age: Social media’s effect on local government public relations. Public Relations Inquiry, 3(3), 361–376. https://doi.org/10.1177/2046147X14545371

Graham, M. W., Avery, E. J., & Park, S. (2015). The role of social media in local government crisis communications. Public Relations Review, 41(3), 386–394. https://doi.org/10.1016/j.pubrev.2015.02.001

Gregory, A. (2006). A development framework for government communicators. Journal of Communication Management, 10(2), 197–210. https://doi.org/10.1108/13632540610664742

Hakim, A. R., Zaenuri, M., & Fridayani, H. D. (2019). Collaborative governance in managing educative tourism of jogja exotarium in sleman regency 2019. Journal of Governance and Public Policy, 6(2), 195–215.

Indasari, F., & Anggriani, I. (2020). KRISIS KOMUNIKASI PADA MASA PANDEMI COVID-19 (Studi Kasus Pemberitaan Penyebaran COVID-19 melalui Udara). Profesional: Jurnal Komunikasi Dan Administrasi Publik, 7(1), 1–11. https://doi.org/10.37676/professional.v7i1.1086

Kompas.com. (2020). Tren Kasus COVID-19 Meningkat di Bulan Juni, Ini Alasannya Menurut Ahli. Kompas.Com. https://www.kompas.com/tren/read/2020/06/17/200500665/tren-kasus-COVID-19-meningkat-di-bulan-juni-ini-alasannya-menurut-ahli?page=all

Kosasih, I. (2016). PERAN MEDIA SOSIAL FACEBOOK DAN TWITTER DALAM MEMBANGUN KOMUNIKASI (Persepsi dan Motifasi Masyarakat jejaring Sosial Dalam Pergaulan). Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Kurniawan, D. (2018). Komunikasi Model Laswell Dan Stimulus-Organism-Response Dalam Mewujudkan Pembelajaran Menyenangkan. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(1), 60. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i1.65

Lasswell, H. (1948). The structure and function of communication in society. İletişim Kuram ve Araştırma Dergisi, 1948, 215–228.

Liu, Z., & Weber, I. (2014). Is Twitter a public sphere for online conflicts? a cross-ideological and cross-hierarchical look. Lecture Notes in Computer Science (Including Subseries Lecture Notes in Artificial Intelligence and Lecture Notes in Bioinformatics), 8851, 336–347. https://doi.org/10.1007/978-3-319-13734-6_25

Malecki, K. M. C., Keating, J. A., & Safdar, N. (2020). Crisis Communication and Public Perception of COVID-19 Risk in the Era of Social Media. Clinical Infectious Diseases, 53726(Xx), 1–6. https://doi.org/10.1093/cid/ciaa758

Masitoh, S. (2018). Strategi Komunikasi Eksternal Humas Polda D.I.Yogykarta Dalam Mengelola Citra Positif Institusi. Student Journal of Communication (SJC), 1(1).

Mergel, I., & Bretschneider, S. (2013). A Three-Stage Adoption Process for Social Media Us. Public Administration Review, 73(June), 390–400. https://doi.org/10.1111/puar.12021.390

Nofrima, S., Nurmandi, A., Dewi, D. K., & Salahudin. (2020). Cyber-activism on the dissemination of # Gejayanmemanggil : Yogyakarta ’ s student movement. Jurnal Studi Komunikasi, 4(1, March), 103–116. https://doi.org/10.25139/jsk.v4i1.2091.Received

Nugraha RG. (2019). Pelaksanaan Strategi Komunikasi Pemerintah Indonesia Dalam Penanggulangan Hoax. Jurnal Informatika. Universitas Telkom. Diakses Pada Hari Selasa 30 Juli 2019. Pukul 16:42 WIB., 6(1), 1568–1578.

Pratiwi, S. A., & Hidayat, D. (2020). Iklan Layanan Masyarakat COVID-19 Di Media Sosial dan Perilaku Masyarakat di Jawa Barat. 1–7.

Rahmawati, D. E., & Pratiwi, V. P. (2020). Aktifitas Komunikasi Pemerintah DIY melalui Twitter pada Masa Pandemi COVID-19. In Covid 19 dalam Perspektif Governance (pp. 172–195). Samudra Biru.

Silalahi, U. (2004). Komunikasi Pemerintahan : Mengirim Dan Menerima Informasi Tugas Dan Informasi Publik. Jurnal Administrasi Publik Unpar, 3(1), 36–54.

Suryandari, N., & Lutviana, V. (2020). Impression management of buzzer in social media Twitter. Jurnal Studi Komunikasi (Indonesian Journal of Communications Studies), 4(3), 614. https://doi.org/10.25139/jsk.v4i3.2665

yuliana, irma. (2019). Adopsi Social Network Analysis (Sna) Dalam Upaya Membangun Ketangguhan Bencana Di Masyarakat. JIKO (Jurnal Informatika Dan Komputer), 2(2), 49–54. https://doi.org/10.33387/jiko.v2i2.1312

Downloads

Published

2021-11-30

How to Cite

Putri Pratiwi, V., Rahmawati, D. E., & Purwaningsih, T. (2021). Akun Twitter BNPB_RI Sebagai Media Komunikasi Pemerintah Indonesia di Masa Pandemi Covid-19. Sospol, 7(2), 212–226. https://doi.org/10.22219/sospol.v7i2.16116