Strategi Advokasi Anti Kekerasan Berbasis Gender Online pada Akun @AwasKBGO Sebagai Upaya Meningkatkan Kesadaran Publik

Authors

  • Gandya Fitrah Universitas Muhammadiyah Malang
  • M. Himawan Sutanto Universitas Muhammadiyah Malang

DOI:

https://doi.org/10.22219/jurnalsospol.v9i2.27080

Keywords:

KBGO, Kesadaran Publik, Media Sosial, Strategi Advokasi

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mengidentifikasi bentuk-bentuk strategi advokasi apa saja yang digunakan @AwasKBGO—Akun lembaga advokat di bawah inisiatif SAFEnet—di berbagai platform media sosialnya dalam mengedukasi guna meningkatkan kepedulian dan kesadaran masyarakat atas bahayanya fenomena Kekerasan berbasis gender online di media sosial. Kekerasan digital berkembang mengikuti dinamika teknologi informasi pada era digital ini. salah satu jenis kekerasan digital yang sedang marak di ranah media sosial adalah kekerasan berbasis gender online atau disingkat KBGO.  Contoh paling nyata dan kerap terjadi adalah mengakses, menggunakan, memanipulasi, dan menyebarkan data pribadi, foto atau video, serta informasi dan konten pribadi tanpa persetujuan.  Penelitian ini menggunakan metode pendekatanakualitatif dengan teknik pengumpulan data wawancara mendalam ini diharapkan mendapatkan penjabaran strategi-strategi advokasi komunikasi yang pihak @AwasKBGO gunakan dalam melakukan kampanye edukasi dan aksi melawan terhadap kejahatan Kekerasan berbasis gender online. Hasil penelitian menunjukkan bahwa @AwasKBGO sebagai satu-satunya Lembaga advokat yang berfokus pada Kekerasan Berbasis Gender Online (KBGO) telah menjalankan strategi advokasi komunikasi yang meliputi analisis, strategi, mobilitass, aksi, evaluasi, dan kesinambungan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arianto, B. (2021). Media Sosial Sebagai Ruang Baru Kekerasan Berbasis Gender Online di Indonesia. PERSEPSI Communication Journal, Vol 4, No 2. doi:https://doi.org/10.30596/persepsi.v4i2.7628

Atnan, N. (2016). Strategi Komunikasi dalam Advokasi Hasil Penelitian (Studi : Mahasiswa Klinik Hukum Anti Korupsi Fakultas Hukum Unpad Tahun 2004). Jurnal Hukum & Pembangunan.

Departemen Kajian Strategis. (2021, maret 29). LM Psikologi UGM Kabinet Gama Pancarona. (UGM) Dipetik agustus 19, 2023, dari lm.psikologi.ugm.ac.id: https://lm.psikologi.ugm.ac.id/2021/03/satu-tahun-pandemi-meningkatnya-kekerasan-basis-gender-online/

Dirna, F. C. (2021). Pengaruh Media Sosial “Instagram” Di Masa Pandemi Covid-19 Terhadap Kekerasan Berbasis Gender Online. Jurnal Wanita dan Keluarga, Vol. 2 (2, 75-92. doi:https://doi.org/10.22146/jwk.3617

Hayati, N. (2021). Media Sosial Dan Kekerasan Berbasis Gender Online Selama Pandemi COVID-19. Jurnal hukum, Humaniora, Masyarakat dan Budaya, 43-52.

Illene, A., Damajanti, M. N., & Muljosumarto, C. (2019). Perancangan Kampanye Sosial Mengenai Kekerasan Berbasis Gender Online. Jurnal DKV Adiwarna, Universitas Kristen Petra, Vol 1, No 14.

Indrasty, R. W. (2018). Gender dalam kasus kekerasan terhadap perempuan di media online. jurnal ilmu jurnalistik, vol 3 (1), 90-112. doi:10.15575/ANNABA. V1I1.581

Krisanti Putri, M. E., Wijaya, L. S., & Kristiyani, D. N. (2020). Peran Public Relations Dalam Membangun Brand Awareness (Studi Kasus pada Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Kristen Satya Wacana - Salatiga). IMPRESI Jurnal Ilmiah Media, Public Relations dan Komunikasi, Vol 1, No 2. doi:https://doi.org/10.20961/impresi.v1i2.42227

Musyaffa, R. A., & Effendi, S. (2022, September). Kekerasan Berbasis Gender Online Dalam Interaksi di Media Sosial. Komunikologi : Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, Volume 19 Nomor 2. Dipetik September 2022

Oktafiana, S. F., & Kristiana, N. (2021). Perancangan Kampanye Sosial Tentang Pelecehan Seksual Terhadap Perempuan di Indonesia. Jurnal Barik, 258-270.

Prameswari, J. C., Hehanussa, D. A., & Salamor, Y. B. (2021). Kekerasan Berbasis Gender Di Media Sosial. PAMALI Pattimura Magister Law Review, 55-61.

Pratiwi, M. A., & Satriadi, D. (2021). Persepsi dan Kondisi Kekerasan Berbasis Gender Online (KBGO) pada Pekerja Wanita di Indonesia. Jurnal Masyarakat Maritim, VOL. 5 NO. 2. doi:https://doi.org/10.31629/jmm.v5i2.3463

Ratnasari, E., Sumartias, S., & Romli, R. (2021). Social Media, Digital Activism, and Online Gender-Based Violence in Indonesia. Nyimak Journal of Communication, 97–116.

Ratnasari, E., Sumartias, S., & Romli, R. (2020, December). Penggunaan Message Appeals dalam Strategi Pesan Kampanye Anti Kekerasan Berbasis Gender Online. Jurnal Ilmu Komunikasi, Volume 18, No. 3, 352-370. doi:https://doi.org/10.31315/jik.v18i3.3844

Safenet Voice. (2020). SAFEnet. Dipetik AGUSTUS 18, 2023, dari https://safenet.or.id/: https://safenet.or.id/id/2020/12/rilis-pers-peningkatan-kekerasan-berbasis-gender-online-selama-pandemi/

Simatupang, A. (2009, November). Kesadaran & Kesadaran Publik (Kesadaran Publik). Diambil kembali dari https://ircdindonesia.wordpress.com/: https://ircdindonesia.wordpress.com/

Syarifuddin, harahap, N., Faisal, M., & Daudsyah, T. (2023). “Sesi penyadaran Kekerasan Berbasis Gender (Raising Awareness Session on Gender Baesd Violence). Jurnal Hukum dan Kemasyarakatan Al-Hikmah, Vol. 4, No. 1.

Therik, J., & Lino, M. (2021). Membangun Kesadaran Masyarakat Sebagai Upaya Pelestarian Lingkungan. Jurnal Administrasi Publik, Vol. 17 No. 1.

Wiryawan, D., Riyantini, R., & Handayani, L. (2021). Komunikasi Advokasi Klarifikasi Fakta Pemberitaan Hoaks Pada Instagram @Jalahoaks. Jurnal Pustaka Komunikasi, 198-211.

Zainal S, M. (2018). Implementasi Advokasi, Komunikasi, Mobilisasi Sosial Dalam Program Pembanguan Bidang Kesehatan. Jurnal Perspektif Komunikasi, Vol 1. No. 3.

Wawancara

Kusuma, Ellen. (2022). Via Gmail, 15 Dec, 2022.

Wida (2023). Via Googlemeet, 12 May, 2023

Downloads

Published

2023-10-31

How to Cite

Fitrah, G., & Sutanto, M. H. (2023). Strategi Advokasi Anti Kekerasan Berbasis Gender Online pada Akun @AwasKBGO Sebagai Upaya Meningkatkan Kesadaran Publik. Sospol, 9(2), 176–189. https://doi.org/10.22219/jurnalsospol.v9i2.27080