Manajemen Produksi Program Podcast “Action Nihil”
DOI:
https://doi.org/10.22219/jurnalsospol.v9i2.29736Keywords:
Action Nihil, Lembaga Sensor Film, Manajemen Produksi, Podcast, YoutubeAbstract
Podcast Action Nihil merupakan sebuah program yang dikelola oleh Lembaga Sensor Film yang tayang pada YouTube Resmi Lembaga Sensor Film. Podcast Action Nihil berdiri pada tahun 2022 yang memiliki tujuan awal untuk mengenalkan anggota Lembaga Sensor kepada publik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kegiatan dari manajemen produksi program podcast Action Nihil Lembaga Sensor Film. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe deskriptif bertujuan untuk menjelaskan secara umum, jelas dan runtut. Pengumpulan data melalui teknik dokumentasi, observasi serta wawancara. Objek Penelitian ini adalah Manajemen Podcast Action Nihil Lembaga Sensor Film serta Subjek penelitian ini tim podcast Action Nihil dan menggunakan POAC teori George. R, Terry penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengeksplorasi sistem kecerdasan buatan (artificial intelligence systems) dengan studi manajemen secara efektif dapat meningkatkan kompetensi sumber daya manusia. Hasil dari penelitian ini yaitu adanya proses produksi yang panjang untuk setiap tayangannya melalui teknik POAC agar terstruktur dan Podcast Action Nihil sudah menerapkan dan melaksanakannya dengan baik.
Downloads
References
(n.d.). Lembaga Sensor Film Republik Indonesia – Website Resmi LSF. Retrieved October 15, 2023, from https://lsf.go.id
(n.d.). Lembaga Sensor Film – Independen, tangguh dan profesional, melindungi masyarakat dari pengaruh negatif film. Retrieved October 10, 2023, from https://sensor.kemdikbud.go.id/public/info.
Bayu, J. D. (2021, March 10). Anak Muda Dominasi Jumlah Pendengar Podcast di Indonesia. Databoks. Retrieved October 15, 2023, from https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/03/10/anak-muda-dominasi-jumlah-pendengar-podcast-di-indonesiapendengar-podcast-di-indonesia-didominasi-anak-muda
Bianca, M. I. (2019). Instagram TV: Konvergensi penyiaran Digital dan Media Sosial. 12(2), 251-263. https://doi.org/10.29313/mediator.vI2i2.4778
Cin, S., Savitri, L., & Utami, S. (2020). Su Cin, Lusia Savitri Setyo Utami: Konvergensi Media Baru dalam Penyampaian Pesan Melalui podcast Konvergensi Media Baru dalam Penyampaian Pesan Melalui podcast. https://doi.org/10.24853/pk.5.2.213-221
Dinda Rizki Tiara, D. M. (2019, Desember). Podcast Sebagai Media Pembelajaran Di Era Milenial. 3(2), 126-136. https://doi.org/10.29408/goldenage.v3i02.1720
Fadilah, E., Yudhapramesti, p., & Aristi, N. (2017). Podcast sebagai Alternatif Distribusi Konten Audio. Kajian Jurnalisme, 1(1), 90-104. https://doi.org/10.24198/jkj.v1i1.10562
Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif, 21(1), 33-54. 10.21831/hum.v21i1. 38075. 33-54
Ihsan et al., (2023). Manajemen Produksi Konten YouTube Danang Giri Sadewa. Jurnal Audiens. 4(2), 331-340. https://doi.org/10.18196/jas.v4i2.37
Imarshan, I. (2021). POPULARITAS PODCAST SEBAGAI PILIHAN SUMBER INFORMASI BAGI MASYARAKAT SEJAK PANDEMI COVID-19 (Perspektif Komunikasi: Jurnal Ilmu Komunikasi Politik dan Komunikasi Bisnis. 5(2), 213-221. https://doi.org/10.24853/pk.5.2.213-221
Irene Nyoman, E. P. A. D., I Komang, D., & Ricky, I. (2022). Proses Produksi Program Podcast Berbasis Audio-Visual Sebagai Media Penyebaran Informasi Proses Kreatif Musisi Pop Bali. https://doi.org/10.31091/jomsti.v5i1.1972
Indriastuti, F., & Saksono, W. T. (2014, Desember). Podcast Sebagai Sumber Belajar Berbasis Audio Audio Podcast As Audio-Based Learning Resources, 18(3), 11. https://doi.org/10.32550/teknodik.v0i0.136
Lembaga Sensor Film. (2022). Majalah Sensor Film (4th ed., Vol. 13). Lembaga Sensor Film. ISSN 2962-958X
Mansyur, Y. F. (2021). Pemanfaatan Anchor Sebagai Platform Distribusi Podcast (Studi Kualitatif Podcast Notesa Nte Notutura). Connected. Jurnal Ilmu Komunikasi, 130-145. https://jpii.upri.ac.id/index.php/connected/article/view/21
Meisyanti, W. H. K. (2020, februari). Platform Digital Siaran Suara Berbasis On Demand (Studi Deskriptif Podcast di Indonesia), 4(2), 191-207. 10.33884/commed.v4i2.1547
Pahlevi, R. (2022, February 2). Pendengar Podcast di Indonesia Terbanyak Kedua di Dunia. Data Indonesia. Retrieved October 10, 2023, from https://dataindonesia.id/Digital/detail/pendengar-podcast-di-indonesia-terbanyak-kedua-di-dunia
Prihatsanti, U., Suryanto, S., & Hendriani,W. (2018, Buletin Psikologi). Menggunakan Studi Kasus sebagai Metode Ilmiah dalam Psikolog, 26(2), 126-136. DOI: 10.22146/buletinpsikologi.38895
Putra dalem, A. Agung Gede & De Given Farima LAY, L. N. (2019). Manajemen Media Penyiaran Radio Televisi Timor Leste Sebagai Lembaga Penyiaran Publik., 18(1), 36-42.
Riadi, M. (2013, March 4). Strengths, Weakness, Opportunities, Threats (SWOT). KajianPustaka. Retrieved October 9, 2023, from https://www.kajianpustaka.com/2013/03/strenghts-weakness-opportunities.html
Rusandi & Muhammad Rusli (2021). Merancang Penelitian Kualitatif Dasar/Deskriptif dan Studi Kasus. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 2(1), 48-60. https://doi.org/10.55623/au.v2i1.18
Thifalia, N., & Susanti, S. (2020, Juni). Produksi Konten dan Visual Audio Visual Media Sosial Lembaga Sensor Film, 5(1), 17. https://doi.org/10.34010/common
Tanaya Tria Pandhita, D. P. M. (2022). Manajemen Produksi Program Podcast Firasat Wirang Kilat TV di Era Pandemi, 2(1), 43-53. https://doi.org/10.31603/bcrev.7028
Widyawati, Rizki & Sutanto (2017, oktober). Manajemen Produksi Program Siaran “Kampung Radio” Radio Republik Indonesia Pro 1 Pekanbaru dalam Pemberdayaan Masyarakat Kota Pekanbaru." Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Riau, 4(2), 1-25.
Zaini, Penerbit & Saputra, Nanda & Abdullah Lawang, Karimuddin & Susilo, Adi. (2023). Metodologi Penelitian Kualitatif.
Wawancara
Gunapriatna, A. (2023). Jakarta, 15 Juni, 2023
Massardi, N. M. (2023). Jakarta, 20 Juni, 2023
Muslim, A. (2023). Jakarta, 14 Juni, 2023
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Ardita Febrianti, Widiya Yutanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.