Analisis Narasi Konten Kegiatan Karyawan PT Telkom Indonesia Pada Media Sosial Instagram @livingintelkom
DOI:
https://doi.org/10.22219/jurnalsospol.v10i1.32342Keywords:
Narrative, Communication, Psychology, Media Sosial, Telkom IndonesiaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis konten narasi pada akun Instagram @livingintelkom dengan menggunakan pendekatan psikologi komunikasi. Pengumpulan data menggunakan metode observasi dan dokumentasi terhadap konten @livingintelkom kami lakukan dalam jangka waktu yang telah ditentukan. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dan menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Telkom Indonesia mengelola konten @livingintelkom dapat membangun citra positif publik dengan strategi yang efektif dan cerdas. Konten yang disajikan melalui narasi, promosi hashtag, dan informasi mengenai pencapaian perusahaan dan pemberdayaan karyawan berhasil menciptakan citra lingkungan kerja yang positif dan inklusif. Konten ini mendukung seluruh kegiatan karyawan dan menggambarkan tempat kerja sebagai lingkungan yang ramah dan mendukung. Strategi Telkom dalam mengkomunikasikan informasi pada akun @livingintelkom dalam konteks psikologi komunikasi lebih dominan yaitu “Penguatan Respon” pada konten informasi “Fresh Graduate Syndrome” untuk fokus mengenali emosi target muda. Pengembangan konten media sosial yang dilakukan Telkom tidak hanya memperkuat branding perusahaan tetapi juga dapat meningkatkan minat generasi muda untuk menjadikan Telkom sebagai tempat bekerja yang bagus di Indonesia.
Downloads
References
Jiwa, T., Terapan, F. I., Telkom, U., Cahyani, L., Terapan, F. I., & Telkom, U. (2022). Analisis Konten Pada Sosial Media Instagram Di CV Sahabat Bisnis Nusantara Tahun 2022 Analysis Content On Instagram Social Media At CV Sahabat Bisnis Nusantara In 2022. 8(5), 432–434.
Made Vairagya Yogantari, & Widyaswari, I. G. A. A. W. (2021). Efektifitas Instagram sebagai Sarana Periklanan Baru di Era Digital. Prosiding Seminar Nasional Desain Sosial (SNDS), 1(1), 127–131.
Musheke, M. M., & Phiri, J. (2021). The Effects of Effective Communication on Organizational Performance Based on the Systems Theory. 659–671. https://doi.org/10.4236/ojbm.2021.92034
Nafsyah, A. S., Maulidyah, S. R., Nurlia, A. S., & Putri, W. (2022). ANALISIS KONTEN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM BY . U SEBAGAI MEDIA PENYEBARAN INFORMASI & KOMUNIKASI Digital Public Relations , Universitas Telkom Digital Public Relations , Universitas Telkom. 2(2), 1–11.
Nurkumala, A., Majid, A. A., & Rahadi, D. R. (2021). Analisis Budaya Organisasi dan Gaya Komunikasi Karyawan (Studi Kasus pada PT. Xyz). Jurnal Mirai Management, 6(1), 12. https://doi.org/10.37531/mirai.v6i1.851
Putriana, A., Kasoema, R. S., Gandasari, M. D., Retnowuni, A., Aminah, R. S., Wiyati, E. K., Kato, I., Akbar, M. F., Yani, A. L., & Sari, I. M. (2021). Psikologi Komunikasi. Yayasan Kita Menulis.
Rafiq, A. (2015). dilengapi dengan fasilitas yang disediakan dalam berkomunikasi semakin beraneka macam, mulai dari. 18–29.
Sandy, R. K. (2022). Analisis Konten Marketing Media Sosial Instagram Dalam Upaya Meningkatkan Efektivitas Pemasaran (Studi Kasus Pada Akun @Indihomesragen PT Telkom Indonesia Datel Sragen Tahun 2022). e-Proceeding of Applied Science, 8(5), 422–431. https://www.telkom.co.id/
Sarasati, A., & Dewi, R. (2022). Pengelolaan Akun Media Sosial Instagram @ pupukujang Sebagai Media Komunikasi PT Pupuk Kujang Cikampek ( Persero ). 1(4), 785–803.
Shidiqie, N. A., Akbar, N. F., & Faristiana, A. R. (2023). Perubahan Sosial dan Pengaruh Media Sosial Tentang Peran Instagram dalam Membentuk Identitas Diri Remaja. SIMPATI: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Bahasa, 1(3), 98–112. https://jurnal.alimspublishing.co.id/index.php/simpati/article/view/225%0Ahttps://doi.org/10.59024/simpati.v1i3.225
Sugiyono, P. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Wibowo, A. C. P., & Sastika, W. (2022). Pengembangan Konten Media Sosial Instagram Mufidah Official Tahun 2022 Content Development Of Mufidah Official Social Media Instagram In 2022. 8(5), 1–7.
Wijayanti, Y. T., Damastuti, R., & Zahra, L. (2022). Content Analysis of Instagram Account @kratonjogja as a Digital Marketing Media for Tourism During the Covid-19 Pandemic. Proceedings Of International Conference On Communication Science, 2(1), 393–402. https://doi.org/10.29303/iccsproceeding.v2i1.60
Zellatifanny, C. M., & Mudjiyanto, B. (2018). Tipe Penelitian Deskripsi Dalam Ilmu Komunikasi. Jurnal Media dan Komunikasi, 1(2), 83–90. https://doi.org/10.17933/diakom.v1i2.20
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Faza Ainun Nafisah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.