Strategi Kampanye Politik Joko Widodo-Ma’ruf Amin Pada Kontestasi Pemilihan Presiden Tahun 2019

Authors

  • Baikuni Universitas Muhammadiyah Jakarta, Indonesia
  • Asep Setiawan Universitas Muhammadiyah Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.22219/jurnalsospol.v10i1.33201

Keywords:

Jokowi, Kampanye, Kontestasi Politik, Pemilihan Presiden, Strategi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti strategi kampanye pasangan Joko Widodo-Ma’ruf Amin di pemilu 2019. Penelitian ini sangat penting untuk diteliti, hal ini dikarenakan masih jarang yang mengangakat topik penelitian tersebut. Selain itu yang membedakan penelitian ini dengan penelitian lain ialah terletak pada metode yang digunakan. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dan analisis konten dengan menggunakan softwere Nvivo 12 Plus dengan tujuan mengekspolasi masalah sentral dengan menggunakan teknik wawancara dengan mengajukan pertanyaan bersifat umum yang meluas dan kajian pustaka yang berkaitan dengan topic yang akan diteliti. Berdasarkan rumusan masalah yang diangkat pada penelitian ini ditemukan bahwa ada dua strategi kampanye yang dilakukan oleh pasangan Joko Widodo-Ma’ruf Amin pada Pemilu 2019, yaitu strategi ofensif-defensiven dan strategi promosi. Strategi ofensif-defensive dibangun dengan cara membangun citra positif Joko Wirdodo-Ma’ruf Amin (brand politics) melalui tim sukses dan media. Sedangkan strategi promosi dibangun dengan cara memperkuat politik identitas serta memberikan ruang Jokowi-Ma’ruf sendiri dalam memberikan arahan kepada tim sukses dalam berkampanye.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad, Jumal. 2018. ‘Desain Penelitian Analisis Isi ( Content Analysis )’. Research Gate 5(9): 1–20.

Ardianti, Raissa. 2018. ‘Framing Media Terhadap Ulama Di Balik Popularitas Jokowi Dan Prabowo’. Jurnal Transformative 4(2): 45–59. doi:10.21776/ub.transformative.2018.004.02.4.

Aristiani, Ninda. 2022. ‘Analisa Komunikasi Politik Citra Diri Kepemimpinan Presiden Jokowi Ninda Analisa Komunikasi Politik Citra Diri Kepemimpinan Presiden Jokowi’. Research Gategate 1(April).

Assiddiq, Dafis Ubaidillah, and Dewi Ambarwati. 2021. ‘Strategi Komunikasi Politik Tim Kampanye Daerah Joko Widodo - K.H. Ma’ruf Amin Provinsi Jawa Timur Pemenangan Pilpres 2019’.

Azhar, Anang Anas. 2017. Pencitraan Politik Elektoral. Yogyakarta: Atap Buku Yogyakarta.

Bagchi, Soumendra Narain. 2013. Election Campaign: A Strategic Theory. 1st ed. India: Foundation Publishing House.

Barata, Mariam Fatima, and Melvin Bonardo Simanjuntak. 2019. ‘Strategi Publistas (Studi Pada Kandidat Presiden & Wakil Presiden, Jokowi-KH. Ma’ruf Amin)’. Jurnal Studi Komunikasi dan Media 23(2): 135. doi:10.31445/jskm.2019.2061.

Dahl, Robert. 1971. Polyarchi : Prtisipation and Opposition. 1st ed. London: Yale University Press.

Dewa, Talitha Z.S. Dkk. 2020. ‘Jokowi Effect Or Krisdayanti Effect? An Analysis Of The Phenomenon Of Reverse Coattail Effect By Celebrity Politics In The 2019 Concurrent Election’. Journal of Politics and Policy 3(1): 61–80.

Farchan, Yusa’. 2020. ‘Gibran Dan Panggung Politik Milenial’. Jurnal Citra Institute 02–03(Politik): 4–7.

Firdaus, Fajar Arisul, and Pembimbing I Fathan Ansori. ‘Pemanfaatan Internet dan Media Sosial (Twitter) dalam Kampanye Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden 2019’.

Fitri, Alifa Nur, and Adeni - Adeni. 2020. ‘Jokowi dan Kekuatan Pencitraan Diri serta Relasinya dengan Umat Islam’. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah 19(2): 1. doi:10.18592/alhadharah.v19i2.3503.

Flick, Uwe. 2014. The SAGE Handbook of Qualitative Data Analysis Mapping the Field. The SAGE Handbook of Qualitative Data Analysis. SAGE Publications Ltd. 1st ed. London: Sage Publishing London.

Goffman, Erving. 1956. 15 Urban Life The Presentation of Everyday Life. Edinburgh: University of Edinburgh. doi:10.1177/0098303986015001004.

Irham, Muhammad Aqil. 2016. Demokrasi Muka Dua: Membaca Ulang Pilkada Di Indonesia. Jakarta: Kepustakaan Populer Gramedia.

Juniarti, Gita, Yofiendi Indah Indainanto, and Patria Yulida Augustine. 2018. ‘Strategi Joko Widodo Membentuk Manajemen Kesan Di Instagram Menjelang Pilpres 2019’. Jurnal Ilmu Komunikasi 7(2): 116–32.

Juniarti, Gita, Yofiendi Indah Indainanto, and Patria Yulida Augustine. ‘Strategi Joko Widodo Membentuk Manajemen Kesan di Instagram Menjelang Pilpres 2019’.

Al Kannur, Fajri AZ. 2019. ‘Komodifikasi Nilai-Nilai Islam Pada Pemilihan Presiden 2019 (Studi Analisis Wacana Kritis Norman Fairclough Tentang Komodifikasi Agama Islam Dalam Akun Instagram Kampanye @jokowi.Amin Periode Kampanye September 2018 – April 2019)’. Carbohydrate Polymers 6(1): 5–10.

Martian, Ferra, Ahmad Nada Kusnendar, and Atie Rachmiatie. 2020. ‘Motif Dan Orientasi Politik Generasi Milenial Motives and Political Orientation of Milenial Generations Indonesia Solidarity Party’. Dialektika: Jurnal Ilmu Komunikasi 7(2): 159–73.

Masykuri, Romel, and Mohammad Fajar Shodiq Ramadlan. 2021. ‘Analisis Manifestasi Segragasi Politik Pelabelan Dan Polarisasi Di Antara Kelompok Islam Sepanjang 2014-2019’. Politika: Jurnal Ilmu Politik 12(1): 68–87. doi:10.14710/politika.12.1.2021.68-87.

Mubin, Nur Alim, Asep Nurnajaman, and Gonda Yumitro. 2022. ‘Jokowi-Prabowo Pattern of Imagery in Online Media and Twitter in The 2019 Presidential Election in Indonesia’. International Journal of Inovative Science and Research Technology 08.

Mukari, Moch Mubarok Muharam, and Mustiqowati Ummum Fithriyyah. 2022. ‘Kiai Sebagai Kekuatan Politik Dalam Pemilihan Presiden 2019 Di Jawa Timur’. Politea: Jurnal Pemikiran Islam 05: 15–33.

Mukarom, Zainal. 2016. Komunikasi Politik. Bandung: Pustaka Setia.

Novianty, Suci Marini. 2019. ‘Brand Politik Presiden Jokowi Di Kanal Berita Daring’. Widyakala Journal 6(2): 96. doi:10.36262/widyakala.v6i2.135.

Octovina, Ribkha Annisa, Leo Agustino, and Dede Sri Kartini. 2022. ‘Strategi Kampanye Joko Widodo Dan Ma’ruf Amin Dalam Debat Calon Presiden Pada Tahun 2019’. Perspektif 11(1): 385–93. doi:10.31289/perspektif.v11i1.5656.

Phillipov, M, and F Gale. 2020. ‘Celebrity Chefs, Consumption Politics and Food Labelling: Exploring the Contradictions’. Journal of Consumer Culture 20(4): 400–418. doi:10.1177/1469540518773831.

Pramono, Sidik. 2017. Inovasi Pemilu Mengatasi Tantangan Memanfaatkan Peluang. 1st ed. ed. Sidik Pramono. Jakarta: Komisi Pemilihan Umum RI.

Prasetyo, Wegik. 2019. ‘Isu Negatif Dalam Pemilu 2019: Dampak Terhadap Legitimasi Dan Segregasi Sosial’. Journal KPU: 1–18.

Qorib, Fathul, and Mohammad Saleh. 2020a. ‘Anti Islam Hingga Dekat Emak-Emak: Perang Citra Jokowi Dan Prabowo Pada Pemilihan Presiden 2019’. Jurnal Komunikasi Global 2(Politik).

Qorib, Fathul, and Mohammad Saleh. 2020b. ‘Anti Islam Hingga Dekat Emak-Emak: Perang Citra Jokowi Dan Prabowo Pada Pemilihan Presiden 2019’. Jurnal Komunikasi Global 9(2): 187–208. doi:10.24815/jkg.v9i2.17246.

Raco, R. 2010. Metode Penelitian Kualitatif Jenis, Karakter Dan Keunggulannya. Jakarta: Kompas Gramedia.

Ronaldo, Riki, and Darmaiza Darmaiza. 2021. ‘Politisasi Agama Dan Politik Kebencian Pada Pemilu Presiden Indonesia 2019’. Indonesian Journal of Religion and Society 3(1): 33–48. doi:10.36256/ijrs.v3i1.150.

Rustanta, Agustinus. 2019. ‘Makna Simbolik Busana Sarung Kyai Ma’ruf Amin’. Jurnal Komunikatif 8(2): 165–77. doi:10.33508/jk.v8i2.2197.

Salim, Hanz. 2018. ‘Data Partai Pendukung’. Merdeka.com: 1–2. https://www.merdeka.com/politik/9-partai-pendukung-siapkan-21000-caleg-dukung-jokowi-di-pilpres-2019.html.

Schroder, Peter. 1995. Politische Strategien. 1st ed. Auflage: Freiheit Publishing. doi:10.1007/978-3-642-48160-4_3.

Scullion, Richard, Roman Gerodimos, Daniel Jackson, and Darren G. Lilleker. 2013. The Media, Political Participation and Empowerment The Media, Political Participation and Empowerment. ed. Richard Scullion. United Kingdom: Routledge Taylor & Francis Group. doi:10.4324/9780203381113.

Setyo, Bono. 2014. ‘Membangun Model Kampanye Calon Legislatif Incumbent Kabupaten Klaten Dalam Pemilu 2014’. Ilmu Komunikasi dan Politik 06(2): 37–48.

Shaili, Copra. 2019. Random Business Big Connect, The: Politics In The Age Of Social Media. India.

Sufyanto. 2015. Selebritisasi Politik. ed. Arido Pamungkas. Bandung: Nusamedia.

Venus, Antar. 2002. Manajemen Kampanye. Edisi Revi. Malang: Simbiosa Rekatama Media.

Wicaksono. 2018. CNN Indonesia Tim Kampanye Jokowi-Ma’ruf Pakai Cara Ofensif Di Pilpres 2019. Jakarta.

Downloads

Published

2024-05-27

How to Cite

Baikuni, & Setiawan, A. (2024). Strategi Kampanye Politik Joko Widodo-Ma’ruf Amin Pada Kontestasi Pemilihan Presiden Tahun 2019. Sospol, 10(1), 1–14. https://doi.org/10.22219/jurnalsospol.v10i1.33201