Strategi Kampanye Politik Partai Nasdem, Partai Golkar, dan PDIP dalam Pemilihan Presiden 2024 di Kota Tanjung Pinang

Authors

  • Kustiawan Universitas Maritim Raja Ali Haji
  • Afrizal Universitas Maritim Raja Ali Haji
  • Ady Muzwardi Universitas Maritim Raja Ali Haji
  • Nugraha Kamarullah Universitas Maritim Raja Ali Haji
  • Bunga Crysanda Putri Universitas Maritim Raja Ali Haji

DOI:

https://doi.org/10.22219/jurnalsospol.v10i2.33825

Keywords:

Golkar, Nasdem, Pemilihan Presiden, PDIP, Strategi Kampanye Politik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Strategi Kampanye Politik Partai Nasdem, Partai Golkar, dan PDIP pada Pemilihan Presiden 2024 di Kota Tanjung Pinang. Sebagian besar penelitian sebelumnya berfokus pada satu partai atau wilayah tertentu, tanpa membandingkan pendekatan yang digunakan oleh beberapa partai dalam satu daerah. Selain itu, penelitian mengenai dampak strategi kampanye terhadap perilaku pemilih di kota-kota kecil atau daerah dengan karakteristik unik masih terbatas. Strategi kampanye partai politik di Kota Tanjung Pinang menarik untuk diteliti karena daerah ini memiliki karakteristik politik yang unik sebagai ibu kota Provinsi Kepulauan Riau. Sebagai pusat pemerintahan dan ekonomi di wilayah tersebut, Tanjung Pinang menjadi barometer dinamika politik lokal yang sering kali mencerminkan tren politik nasional. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan studi literatur. Landasan konseptual yang digunakan ialah strategi kampanye politik. Hasil penelitian  menunjukkan bahwa masing-masing pasangan calon presiden dan wakil presiden yang diusung partai Nasdem, Partai Golkar, dan PDIP menggunakan strategi kampanye politik melalui pendekatan push political, pull political, dan pass political.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aditya, R. D. (2023). Strategi digital Partai Keadilan Sejahtera menghadapi Pemilu 2024: Pemanfaatan media sosial dan big data. Journal of Political Studies, 15(2), 125–145. https://www.researchgate.net/publication/378758725

Affan, S. (2015). Demokrasi, Partai Politik dan Pemilihan Kepala Daerah. Cosmogov, 1,(1), 12-24. http://jurnal.unpad.ac.id/cosmogov/article/view/11857/5528

Amansyah. (2018). Strategi Komunikasi Politik dalam Pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Kepahing 2015. Syi’ar, 18(2), 45–58.

Anwar, A. (2013). Paradigma Teori Aplikasi-aplikasi Strategi dan Komunikasi Politik Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka.

Arifin, A. (2011). Komunikasi Politik, Filsafat, Paradigma, Teori, Strategi dan Komunikasi Politik Indonesia. Graha Ilmu.

Arrashid, M. R. (2022). Strategi kampanye Partai Amanat Nasional pada Pemilu Legislatif 2019: Studi kasus di Provinsi Jawa Timur. Journal of Political Dynamics, 11(1), 45–60. https://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/jpp/article/view/46988

Astuti, D. P., & Hermawan, T. (2022). Konsolidasi internal dan penguatan basis massa: Studi strategi PDIP di Lampung. Journal of Political Science, 14(3), 89–110. https://digilib.unila.ac.id/72471

Barokah, F. (2023). Strategi Partai Politik Baru menuju Pemilihan Umum Tahun 2024 (Studi pada Partai Politik Gelombang Rakyat Indonesia dan Partai Ummat Provinsi Lampung). Tesis. Lampung: Universitas Lampung

Barokah, Fitria. (2023). Strategi Partai Politik Baru menuju Pemilihan Umum Tahun 2024 .

Brown, M., Ray, R., Summers, E., & Fraistat, N. (2017). #SayHerName: a case study of intersectional social media activism. Ethnic and Racial Studies, 40(11), 1831– 1846. https://doi.org/10.1080/01419870.217.1334934

Cangara, H. (2016). Komunikasi Politik, Konsep, Teori, dan Strategi. PT Rajagrafindo Persada.

Dwivedi, Y., Kapoor, K. & Chen, H. (2015). Social media marketing and advertising. The Marketing Review, 15(3),289-309. © 2015 Westburn Publishers Ltd.

Firmansyah, A. (2023). Aktivitas partai politik di media sosial menjelang Pemilu 2024: Dari isu IKN hingga perubahan iklim. Journal of Social Media Studies, 12(4), 200–215. https://ugm.ac.id/id/berita/aktivitas-partai-politik-di-media-sosial-jelang-pemilu-2024

Firmanzah. (2008). Marketing Politik: Antara Pemahaman dan Realitas, Jakarta: Yayasan.

Firmanzah. (2011). Marketing Politik (Antara Pemahaman dan Realitas). Jakarta: Yayasan Obor Indonesia. Hal 203.

Gunanto, D., Andriyani, L., & Sahrul, M. (2020). Strategi Komunikasi Politik Calon Legislatif Terpilih DPRD Tangerang Selatan dalam Pemilu Tahun 2019 (Fraksi Partai Solidaritas Indonesia) 4(2), 131–136.

Hafid, M. V. (2018). Konsensus Politik pada Konflik Partai Golkar Tahun 2014-2016. Jurnal Penelitian Politik, 15(1), 15. https://doi.org/10.14203/jpp.v15i1.739

Haryati. (2012). Pencitraan Tokoh Politik menjelang Pemilu 2014. Observasi, 11,(2),

Hasfi, N. (2019). Komunikasi Politik Di Era Digital Politika, Jurnal Ilmu Politik, 10(1), 93–111.

Herdiansyah, R., & Prasetya, B. (2023). Gamifikasi kerja dalam strategi kampanye Golkar di Pemilu 2024. Journal of Political Economy, 9(2), 75–92. https://journal-nusantara.com/index.php/J-CEKI/article/download/5381

Heywood, A. (2013). Politik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/09/21/5-partai-politik-terkuat-di-kepulauan-riau-pada-pemilu-2019

https://symbianplanet.net/pengertian-kampanye/. Diakses pada 02 Mei 2020

https://www.cnbcindonesia.com/research/20231127223134-128-492509/ini-peta-koalisi-penguasa-parlemen-bisa-menangkan-pilpres

https://www.kompas.tv/nasional/494390/kpu-umumkan-hasil-pemilu-prabowo-gibran-raih-96-214-691-suara-jadi-pemenang-pilpres-2024)

https://www.metrokepri.com/roy-boomerang-guncang-kampanye-pdip-di-pamedan/11/4/2019)

Hyang, O. S. (2018). The Secret Habits To Master Your Art Of Speaking Bicara Itu Ada Seninya Rahasia Komunikasi Yang Effektif (Terjemah). Bhuana Ilmu Populer.

Jeffri, S. E. (2021). Strategi Komunikasi Politik Amran Mahmud dalam Kemenangan Pemilihan Umum Kepala Daerah Kabupaten Wajo 2019-2024. Al Amin: Jurnal Kajian Ilmu Dan Budaya Islam, 4(01), 65–84.

Kalsnes, B., Larsson, A.O., (2014). Understanding news sharing across social media. Journalism Studies 19, 1669–1688. doi:10.1080/1461670X. 2017.1297686.

Komisi Pemilihan Umum Provinsi Kepulauan Riau, 2024

Kustiawan, R., Samin. (2020). Primordialsm and Voting Behavior of Malay Ethnic during the 2005-2015 Riau Island Governor Election , Society 8 (2).

Kustiawan, W., & Farhan, A. U., dkk. (2022). Kampanye dalam Pemasaran Politik dan Brand Politik. Jurnal Ilmu Komputer, Ekonomi dan manajemen (JIKEM), Vol 2 No 1, 1672-1676.

Lampe, I. (2010). Konsep dan Aplikasi Public Relations Politik pada Kontestsi Politik di Era Demokrasi .

Maulina, N., Atika, Nandya, N., & Sari, R. (2019). Strategi Komunikasi Politik Calon Legislatif Perempuan dalam Memperoleh Dukungan Publik pada Pemilihan Legislatif Tahun 2019 di Kalimantan Selatan. Jurnal Penelitian Pers Dan Komunikasi Pembangunan, 23(02), 109–126.

Meifilina, A. (2021). Media Sosial sebagai Strategi Komunikasi Politik Partai Golkar dalam Melakukan Pendidikan Politik. Jurnal Komunikasi Nusantara, 3(2), 101–110.

Nursal, A. (2004). Political Marketing: Strategi Memenangkan Pemilu. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. Hal. 248.

Nursal, A. (2004). Political Marketing: Strategi Menenangkan Pemilu, Sebuah Pendekatan Baru Kampanye Pemilihan DPD, DPRD. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

Pardomuan, Situmorang and Adji, Suradji, Muhammad and Nazaki,Nazaki. (2022). Strategi Partai NasDem dalam Pemenangan Pemilu Tahun 2019 di Kota Tanjung Pinang (Studi Pemilihan Legislatif DPRD Kota Tanjung Pinang). S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.

Perdana, A., & Wildianti, D. (2018). Narasi Kampanye dan Media Sosial dalam Pemilu Presiden dan Wakil Presiden Tahun 2019.

Ramadhani, N. (2023). Strategi Partai Solidaritas Indonesia di Pemilu 2019: Studi segmentasi pemilih muda. Journal of Political Research, 10(2), 145–160. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jpgs/article/view/39867

Ridho, R. (2018). KPUD Tetapkan Pilkada Kota Serang Diikuti 3 Paslon : Okezone News. https://news.okezone.com/read/2018/02/13/340/1858653/kpud-tetapkan-pilkada- kota-serang-diikuti-3-paslon

Rifa’i, B. (2018, January 10). Diiringi Marching Band, Vera-Nurhasan Daftar Pilwalkot Serang. Detiknews. https://news.detik.com/berita/d-3807904/diiringi-marching-band-vera- nurhasan-daftar-pilwalkot-serang

Rully, Prisanto, G. F., Irwansyah, & Hasna, S. (2021). Strategi Komunikasi Politik Berbasis Relawan Dalam Pemenangan Pemilihan Gubernur. Jurnal Representamen, 7(02), 38–45.

Rully, Prisanto, G. F., Irwansyah, & Hasna, S. (2021). Strategi Komunikasi Politik Berbasis Relawan Dalam Pemenangan Pemilihan Gubernur. Jurnal Representamen, 7(2), 38–45.

Saputra, A. (2021). Strategi Komunikasi Politik Partai Golkar Kota Tanjung Pinang Pada Pemenangan Pemilu 2019: Skripsi, Riau: Uiniversitas Islam Negeri Riau Syarif Kasim.

Saputra, L. P. (2022). Strategi kampanye Nilam Sari Lawira dalam Pemilu Legislatif di Sulawesi Tengah. Neo Res Publica, 5(1), 112–126. https://neorespublica.uho.ac.id/index.php/journal/article/view/172

Sembada, W. Y., & Sadjijo, P. (2020). Strategi Pesan Aktor Politik dalam Media Sosial

Sembada, W. Y., & Sadjijo, P. (2020). Strategi Pesan Aktor Politik dalam Media Sosial ( Studi Kasus Akun Wali Kota Tangerang Selatan Banten ). Jurnal Komunikasi, Masyarakat & Keamanan (Komaskam). 2(1), 48– 65.

Setiawan, A., & Munawar, R. (2022). Strategi Partai Demokrat dan PKS di Padang: Analisis pasca putusan MK 14/PUU-XI/2013. Journal of Electoral Studies, 8(3), 89–105. https://jecco.ppj.unp.ac.id/index.php/jecco/article/view/551

Susanto, Y. P., & Wahyuni, T. (2022). Analisis strategi debat capres-cawapres Joko Widodo dan Ma’ruf Amin di Pemilu 2019. Perspektif Politik, 18(1), 33–47. https://ojs.uma.ac.id/index.php/perspektif/article/view/5656

Thasimmim, S. N. (2019). Memenangkan Pemilu Legislatif DPRD Kabupaten Karimun Periode 2019-2024. Purnama Berazam, 1(1).

Triwicaksono, Y. D. B. B., & Nugroho, A. (2021). Strategi Komunikasi Politik Pemenangan Kepala Daerah. Lensa Mutiara Komunikasi, 5(1), 133–145.

Wance, M., & La Suhu, B. (2019). Partisipasi Pemilih Pemula Dalam Menentukan Pilihan Politik Pada Pemilihan Kepala Daerah Maluku Utara. Journal of Government, 4,((2)), 91–115. http://journal.uta45jakarta.ac.id/index.php/gov/article/view/1455/1103

Wance, M., & La Suhu, B. (2019). Partisipasi Pemilih Pemula Dalam Menentukan Pilihan Politik Pada Pemilihan Kepala Daerah Maluku Utara. Journal of Government, 4, (2), 91–115. http://journal.uta45jakarta.ac.id/index.php/gov/article/view/1455/1103.

Wicaksono, F., & Sari, P. (2023). Strategi kampanye Partai Golkar dalam meningkatkan elektabilitas melalui media sosial. Journal of Political Communication, 7(3), 120–138. https://journal-nusantara.com/index.php/J-CEKI/article/view/5381

Yanto. (2013). Strategi Kampanye Politik Calon Anggota Legislatif Incumbent Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Dalam Menghadapi Pemilu Legislatif 2014 (Studi Kasus Partai Golkar di Kabupaten Mukomuko). Jurnal Professional FIS UNIVED Vol.1 No.2.

Wawancara

Muhammad Abdul Salam. (2024). Paslon 01 Kota Tanjung Pinang, 27 April 2024

Abdul Rasyid, (2024), Paslon 02 Kota Tanjung Pinang, 28 Maret 2024

Muhammad Gede Suarguna, Pslon 03 Kota Tanjung Pinang , 27 Maret 2024

Downloads

Published

2024-12-27

How to Cite

Kustiawan, Afrizal, Muzwardi, A., Kamarullah, N., & Crysanda Putri, B. (2024). Strategi Kampanye Politik Partai Nasdem, Partai Golkar, dan PDIP dalam Pemilihan Presiden 2024 di Kota Tanjung Pinang . Sospol, 10(2), 215–233. https://doi.org/10.22219/jurnalsospol.v10i2.33825