Problem UKM Dalam Pengembangan Usaha: Studi Pada UKM di Desa Mulyoarjo Lawang Malang

Authors

  • Luluk Dwi Kumalasari

DOI:

https://doi.org/10.22219/sospol.v3i1.4401

Abstract

Abstrak

UKM berperan besar dalam penciptaan dan pertumbuhan kesempatan kerja, atau sumber pendapatan bagi masyarakat dan rumah tangga miskin. Tetapi dalam perkembangannya, seringkali UKM menghadapi kendala. Desa Mulyoarjo Kecamatan Lawang adalah desa di kabupaten Malang yang memiliki banyak industri. UKM di desa Mulyoarjo juga menghadapi kendala yang membutuhkan berbagai solusi kritis meski ada juga yang bisa berjalan lancar. Peneliti tertarik untuk mengkajinya guna memperoleh diskripsi tentang problem-problem yang dihadapi oleh UKM, faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya masalah dan menemukan langkah-langkah dalam mengatasi permasalahan yang dihadapi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling.Sedangkan teknik pengumpulan data didapatkan melalui wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini mengungkapkan bahwa masalah yang dihadapi UKM di Desa Mulyoarjo dalam mengembangkan usahanya antara lain; kendala modal, sistem manajemen keuangan, kendala tempat, dan kendala mesin yang sebagian belum mampu membeli mesin yang modern. Sedangkan faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya masalah tersebut antara industri yang satu dengan yang lain juga berbeda-beda. Diantaranya adalah faktor bahan dan faktor cuaca. Langkah yang ditempuh UKM untuk keluar dari masalah dan mengembangkan usahanya antara lain; meminjam uang di bank, melakukan kerjasama permodalan, menjual harta yang dimiliki, serta menjaga kualitas barang yang dihasilkan.

Kata Kunci: industrialisasi,kesempatan kerja, UKM.

                                        

Abstract

SMEs as part of the industry, is an important source of economic growth. SMEs are often constrained by various constraints. Subdistrict Mulyoarjo Lawang village is the village in the district of Malang which has many industries. SMEs in it also faces many obstacles or problems that require a variety of solutions critical although some are able to run smoothly. Researcher is interested in studying in order to obtain a description of the problems faced by SMEs, the factors that cause the problem and find measures to overcome the problems encountered. This study used a qualitative approach with descriptive research. The samples in this study using purposive sampling method.Data collection techniques obtained through in-depth interviews, observation and documentation. The results of this study says the problems faced by SMEs in the village Mulyoarjo in developing a business, among others; lack of capital, financial management systems, place constraints, and constraints that most machines have not been able to buy modern machines.Weather factor and material factor are the problem. Thus the steps taken by SMEs to get out of the problem ,borrow money in the bank, cooperate in terms of capital, sell assets owned, as well as maintaining the quality of goods produced.

Keywords: industrialization, employment, SMEs.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2017-06-09

How to Cite

Kumalasari, L. D. (2017). Problem UKM Dalam Pengembangan Usaha: Studi Pada UKM di Desa Mulyoarjo Lawang Malang. Sospol, 3(1), 58–77. https://doi.org/10.22219/sospol.v3i1.4401