Dialogic Reading untuk Mengembangkan Pemahaman Empati Anak Usia 3-4 Tahun

Korifanny Petrisia, Rose Mini Agoes Salim, Luh Surini Yulia Savitri

Abstract


Abstrak. Meningkatnya jumlah anak-anak sebagai pelaku beberapa tindak kejahatan memperlihatkan bahwa anak membutuhkan empati sebagai penyangga perilaku. Pemahaman empati akan membantu anak memahami apa yang dirasakan oleh orang lain sehingga akan peka saat melakukan sebuah perilaku. Penelitian ini bertujuan untuk melihat efektivitas dialogic reading untuk mengembangkan pemahaman empati anak usia 3-4 tahun. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah Empathy Scale for Children (ESC). Disain penelitian ini adalah one group pre-test-post-test design. Dialogic reading merupakan metode pembacaan cerita interaktif dengan tanya jawab antara pembaca cerita dengan anak. Penelitian ini menggunakan 4 buku cerita bergambar yang bercerita mengenai perasaan senang, sedih, marah dan takut. Dialogic reading dilakukan selama 4 hari pada TK XY, Kota Payakumbuh, Sumatera Barat dengan total partisipan sebanyak 29. Analisis hasil penelitian menunjukkan bahwa dialogic reading secara signifikan meningkatkan pemahaman empati anak usia 3-4 tahun. Untuk penelitian selanjutnya, dapat melakukan checklist perilaku sebelum dan sesudah intervensi atau melakukan dialogic reading secara individu dengan orang tua atau guru.

 

Kata kunci: Empati, pembacaaan buku cerita, buku cerita bergambar, dialogic reading

 

Abstract. The increasing number of children as offenders shows that children need empathy as buffer for their behavior. Empathy understanding will help children to have perspectives of what other people feel, hence children will have some consideration before act. The aim of this research is to test the effectiveness dialogic reading to develop empathy understanding of children age 3-4 years old. The effectiveness of dialogic reading is measured using Empathy Scale for Children (ESC). The Research design is one group pre-test-post-test design. This research using dialogic reading, which is interactive reading method between the storyteller and children. The dialogic reading uses 4 picture storybooks each about happy, sad, anger and scare that conducted for 4 days at XY Kindergarten, Payakumbuh, West Sumatra. The statistical results demonstrate that there is significant difference at children’s empathy understanding score before and after the dialogic reading. For further research, can do the behavior checklist before and after the intervention or do one to one book reading with teacher or parent.

 

Keyword: Empathy, book reading, picture storybook, dialogic reading


Keywords


Empathy, book reading, picture storybook, dialogic reading

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.22219/jipt.v6i1.5212

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

Editorial Office

Jl. Raya Tlogomas No. 246 Malang Psychology Faculty

University of Muhammadiyah Malang. Phone (+62) 813 47113618 (+62) 341-460318, Fax. (+62) 341 460782.

Hompage: http://www.psikologi.umm.ac.id
Email: jurnalilmiahpsikologiterapan@gmail.com

 

JIPT by http://ejournal.umm.ac.id/index.php/jipt/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

eISSN : 2540-8291 | pISSN : 2301-8267

 Web
Analytics Made Easy - StatCounter View My Stats

Flag Counter