The use of chitosan of Pomacea canaliculata shell as natural preservation to maintain fruit quality during storage process: Used as audio visual media of biotechnology learning

Authors

  • Yurike Fransischa Trisnaningrum Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Muhammadiyah Malang
  • Sri Wahyuni Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Muhammadiyah Malang
  • Ainur Rofieq Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Muhammadiyah Malang

DOI:

https://doi.org/10.22219/jpbi.v2i3.3871

Keywords:

berat buah, kandungan vitamin C, jeruk, pengawet alami, kitosan Pomacea canaliculata, stroberi, pisang

Abstract

Chitosan merupakan turunan kitin yang terbentuk dari proses deasetilasi yang bisa digunakan sebagai bahan pengawet alami yang efektif dan memiliki aktivitas antimikroba.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kandungan vitamin C, pH dan berat dalam buah jeruk, strowberi, dan pisang yang diawetkan dengan chitosan cangkang keong mas selama proses penyimpanan danuntuk mengetahui berapakah konsentrasi chitosan cangkang keong mas yang paling efektif sebagai bahan pengawet buah. Penelitian merupakan True Experimental Research yang dilaksanakan di Laboratorium KimiaUniversitas Muhammadiyah Malang. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan 6 perlakuan dan 4 kali ulangan pada jeruk, strowberi dan pisang yaitu konsentrasi chitosan 1,5%, 2%, 2,5%, 3% dan 3,5%. Analisis data menggunakan analisis Blok Acak dan uji beda jarak nyata Duncan pada taraf signifikansi 0,05.Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh terhadap buah. Perubahan kandungan vitamin C dan berat paling kecil terjadi pada perlakuan 2,5% dan paling besar pada perlakuan kontrol. Pemberian konsentrasi chitosan cangkang keong mas2,5% yang paling efektif mempengaruhi kandungan vitamin C dan berat buah jeruk, strowberi dan pisang. Hasil penelitian diaplikasikan sebagai media audio visual dalam pembelajaran Bioteknologi

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2017-02-09

Issue

Section

ICT and Learning Media