Kartu Ragam Gerak Tari Pendet Berbasis 3 Bahasa sebagai Stimulasi Kinestetik Anak Tuna Grahita

Authors

  • Arina Restian Universitas Muhammadiyah Malang
  • Alifatussa'dah Alifatussa'dah Universitas Muhammadiyah Malang

DOI:

https://doi.org/10.22219/satwika.v3i2.10245

Keywords:

anak tuna grahita, kartu gerak tari pendet, stimulasi kinestetik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melatih kecerdasan kinestetik siswa tuna grahita di SDN Pandanwangi 3 Malang. Hal ini dilakukan dengan memberikan stimulasi kinestetik berupa gerakan-gerakan dasar tari pendet yang dijelaskan melalui media kartu ragam gerak tari pendet. Dalam media ini digunakan 3 bahasa sebagai bahasa pengantarnya, yaitu bahasa Indonesia, bahasa Inggris, dan bahasa Thailand. Penelitian menggunakan model ADDIE. Sumber data penelitian adalah siswa tuna grahita di SDN Pandawangi 3 Malang, GPK, validator ahli materi dan media. Penelitian dilakukan 2 kali pada semester genap 2018/2019. Penelitian dilakukan dalam 5 tahapan, yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Hasil penelitian menunjukan (1) telah dilakukan implementasi pengembangan kartu ragam gerak tari pendet berbasis 3 bahasa dengan cara melakukan proses belajar mengajar dan penerapan 10 gerakan dasar tari pendet yang terdapat di dalam kartu ragam gerak tari pendet, (2) keefektifan pengembangan kartu ragam gerak tari pendet berbasis 3 bahasa sebagai stimulasi kinestetik  pada anak tuna grahita di SDN Pandanwangi 3 Malang harus diterapkan. Hal ini ditunjukan dengan uji keefektifan hasil belajar dengan presentase 65% dan uji keefektifan observasi aktivitas belajar dengan presentase 81,25%. Serta adanya uji kelayakan dari validator ahli media dan validator ahli materi. Hasil ini menunjukkan bahwa media pembelajarna yang dikembangkan efektif untuk digunakan dalam menstimulasi siswa tuna di SDN Pandanwangi 3 Malang

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ardy, Novan W. 2014. Buku Ajar Penanganan Anak Usia Dini Berkebutuhan Khusus. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Choirunnisa, F. 2017. Analisis Pelaksanaan Ekstrakurikuler Seni Tari Tradisional pada Gerak Motorik Anak Tuna Grahita di SLB Sumber Dharma Malang. Skripsi tidak Diterbitkan. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.

Frankel B. Elaine. Supporting Inclusive Care And Education For Young Children With Special Needs And Their Families.

Gunawan Dudi, Dkk. Pengembangan Keterampilan Gerak Dasar Motorik Kasar Melalui Pembelajaran Seni Tari Kipas Pada Anak Tunarungu

Kristhoper M Ds. Analisis Perbandingan Pendidikan Dasar Antara Indonesia Dan Thailand Tahun 2009-2013. Universitas Diponegoro Semarang.

Kustiatun, W. 2018. Mereka yang Istimewa yang Berkarya: Pelayanan Anak Berkebutuhan Khusus untuk Mengembangkan Potensinya. Malang: Pustaka Media Guru.

Ramadhan, M. 2013. Ayo Belajar Mandiri Pendidikan Keterampilan dan Kecakapan Hidup untuk Anak Berkebutuhan Khusus. Yogyakarta. Javalitera.

Sugiono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R &D. Bandung: Alfabeta.

Tegeh, M dkk. 2014. Model Penelitian Pengembangan. Jogjakarta: Graha Ilmu.

Downloads

Published

2019-11-18

How to Cite

Restian, A., & Alifatussa’dah, A. (2019). Kartu Ragam Gerak Tari Pendet Berbasis 3 Bahasa sebagai Stimulasi Kinestetik Anak Tuna Grahita. Satwika : Kajian Ilmu Budaya Dan Perubahan Sosial, 3(2), 98–102. https://doi.org/10.22219/satwika.v3i2.10245

Issue

Section

Original Research