Penggunaan Campur Kode dalam Komunikasi Santri di Pondok Pesantren Anwarul Huda Malang

Authors

  • Mochamad Arifin Alatas Institut Agama Islam Madura
  • Irma Rachmayanti UIN Maliki Malang

DOI:

https://doi.org/10.22219/satwika.v4i1.11504

Keywords:

penggunaan campur kode, komunikasi, santri

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya fenomena campur kode dalam komunikasi santri. Adapun penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan campur kode yang terjadi di Pondok Pesantren Anwarul Huda Malang (PPAH). Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data dengan observasi langsung. Peneliti melakukan pengamatan langsung di PPAH. Sumber data penelitian ini adalah komunikasi sehari-hari di PPAH. Pengumpulan data dilakukan dengan menyimak, merekam, dan mencatat komunikasi sehari-hari santri. Teknik analisis data menganalisis data rekaman dan catatan dengan melihat konteks, latar belakang, siapa, asal, dan peran penutur saat bertutur. Hasil penelitian adalah: Wujud campur kode yang meliputi (1) Jawa-Arab, (2) Indonesia-Jawa, (3) Jawa-Indonesia. Bentuk campur kode santri PPAH meliputi (1) terdapat penyisipan kata, (2) terdapat penyisipan frasa, (3) terdapat penyisipan ungkapan atau idiom, dan (4) terdapat penyisipan baster. Berdasarkan tipe campur kode di PPAH meliputi (1) campur kode ke dalam  atau inner code-mixing dan (2) campur kode ke luar atau outer code-mixing.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustinuraida, I. (2017). Alih Kode dan Campur Kode dalam Tuturan Bahasa Indonesia oleh Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Galuh Ciamis. Jurnal Diksatrasia, 1(2), 65-75. Retrieved from https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/diksatrasia

Bintara, F. E., Saddhono, K., & Purwadi, P. (2017). Alih Kode dan Campur Kode dalam Pembelajaran di Sekolah Menengah Pertama Kabupaten Gunung Kidul. Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(1). doi:https://doi.org/10.3329/dujl.v2i3.4144

Chaer, A. (2006). Bentuk Campur Kode. Jakarta: Rineka Cipta.

Chaer, A., & Agustina, L. (2010). Sosiolinguistik Perkenalan Awal. Jakarta: Rineka Cipta.

Chariri, A. (2009). Landasan Filsafat dan Metode Penelitian Kualitatif. Retrieved from Semarang:

Hapsari, N. R. (2018). Campur Kode dan Alih Kode dalam Video Youtube Bayu Skak. Jurnal Bapala, 2(5), 1-7. Retrieved from https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/bapala/

Horwae, D. (2018). Alih Kode dan Campur Kode dalam Tuturan Mahasiswa Patani di Yogyakarta. E-Journal Bahasa dan Sastra Indonesia, 7(4), 398-413. Retrieved from http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/bsi/article/view/11506/11052

Isnaini, R. M. (2014). Penggunaan campur mode dalam komunikasi santri asrama Darussalam pondok pesantren Lirboyo kota Kediri. (Master Master Thesis), Universitas Islam Malang, Malang.

Iswatiningsih, D. (2019). Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis NilaiNilai Kearifan Lokal di Sekolah. JURNAL SATWIKA, 3(2), 155-164. doi:https://doi.org/10.22219/SATWIKA.Vol3.No2.155-164

Keraf, G. (1984). Komposisi. Flores: Nusa Indah.

Kurniasih, D., & Zuhriyah, S. A. (2017). Alih Kode dan Campur Kode di Pondok Pesantren Mahasiswa Darussalam. Indonesian Language Education and Literature (ILEAL), 3(1), 53-65. Retrieved from https://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/jeill/article/view/1521/1379

Kustriyono, E., & Rochmat, M. C. (2016). Alih Kode dan Campur Kode Percakapan Mahasiswa di Perpustakaan Universitas Pekalongan. Jurnal Unikal, 4(1), 7-17. Retrieved from https://jurnal.unikal.ac.id/index.php/pena/article/view/97/97

Mansur, A. K. (2013). Konsistensi Pendidikan Pesantren: Antara Mengikuti Perubahan dan Mempertahankan Tradisi. Jurnal Islamic Review: Jurnal Riset Dan Kajian Keislaman, 2, 45-70.

Meldani, A. (2018). Alih Kode dan Campur Kode dalam Novel “The Sweet Sins” Karya Rangga Wirianto Putra. Jurnal Sapala, 5(1), 5-11. Retrieved from https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-sapala/article/view/22521/20638

Meyerhoff, M. (2007). Introducing Sociolinguistics. London: Routledge.

Murniati, M., & Ariyani, F. (2015). Alih Kode dan Campur Kode pada Mahasiswa PBSI dan Implikasinya. Jurnal Kata (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya), 3(5), 1-11. Retrieved from http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/BINDO1/article/view/9969/6728

Nababan, P. W. J. (1984). Sosiolinguistik Suatu Pengantar. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Nirmala, V. (2013). Alih Kode dan Campur Kode Tuturan Tukul Arwana pada Acara “Bukan Empat Mata”. Jurnal Ranah, 2(2), 10-23. doi:https://doi.org/10.26499/rnh.v2i2.232

Nugroho, A. (2011). Alih Kode dan Campur Kode pada Komunikasi Guru-Siswa di SMA Negeri 1 Wonosari Klaten. (Bachelor Bachelor Thesis), Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta. Retrieved from http://eprints.uny.ac.id/21918/1/Adi%20Nugroho%2007204241039.pdf

Rohmani, S., Fuady, A., & Anindyarini, A. (2013). Analisis Alih Kode dan Campur Kode pada Novel Negeri 5 Menara Karya Ahmad Fuadi. BASASTRA: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra Indonesia dan Pengajarannya, 2(1), 1-16. Retrieved from http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/bhs_indonesia/article/view/2149/1564

Saddhono, K. (2012). Kajian Sosiolingustik Pemakaian Bahasa Mahasiswa Asing dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA) di Universitas Sebelas Maret. Kajian Linguistik dan Sastra, 24(2), 176-186. doi:https://doi.org/10.23917/kls.v24i2.96

Saddhono, K., & Rohmadi, M. (2014). A Sociolinguistics Study on the Use of the Javanese Language in the Learning Process in Primary Schools in Surakarta, Central Java, Indonesia. International Education Studies, 7(6), 25-30. doi: http://dx.doi.org/10.5539/ies.v7n6p25

Simatupang, R. R., Rohmadi, M., & Saddhono, K. (2018a). The Selection of the Language in Indonesian Learning at SMK Multi Karya Medan. HORTATORI: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(1), 51-56. doi:https://doi.org/10.30998/jh.v2i1.63

Simatupang, R. R., Rohmadi, M., & Saddhono, K. (2018b). Tuturan dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia (Kajian Sosiolinguistik Alih Kode dan Campur Kode). Kajian Linguistik dan Sastra, 3(2), 119-130. doi:https://doi.org/10.23917/kls.v3i2.5981

Sugiyono, S. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabet.

Suwito, S. (1983). Pengantar Awal Sosiolinguistik Teori dan Praktik. Surakarta: Henary Offset.

Downloads

Published

2020-04-12

How to Cite

Alatas, M. A., & Rachmayanti, I. (2020). Penggunaan Campur Kode dalam Komunikasi Santri di Pondok Pesantren Anwarul Huda Malang. Satwika : Kajian Ilmu Budaya Dan Perubahan Sosial, 4(1), 43–55. https://doi.org/10.22219/satwika.v4i1.11504

Issue

Section

Original Research