Perubahan Perilaku Komunikasi Generasi Milenial dan Generasi Z di Era Digital

Authors

  • Sirajul Fuad Zis Universitas Andalas
  • Nursyirwan Effendi Universitas Andalas
  • Elva Ronaning Roem Universitas Andalas

DOI:

https://doi.org/10.22219/satwika.v5i1.15550

Keywords:

Era Digital, Gen Z, Milenial, Perilaku Komunikasi

Abstract

Pada era digital, terjadi perubahan perilaku komunikasi generasi milenial dan generasi ZPerubahan tersebut dapat dilihat dalam kehidupan sehari-hari, seperti kurangnya interaksi tatap muka karena kehadiran gawai. Fenomena ini juga terjadi pada generasi milenial dan generasi Z di Kecamatan Kuranji.  Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan perilaku komunikasi milenial dan generasi Z di Kecamatan Kuranji danmelihat degradasi komunikasi antarmuka yang terjadi. Adapun teori yang digunakan adalah perilaku komunikasi, komunikasi interpersonal, komunikasi generasi milenial, komunikasi generasi Z, media baru, dan behaviorisme sosial. Penelitian ini menggunakan pendekatan fenomenologi Alfred Schutz dengan paradigma konstruktivisme. Penelitian ini menganalisis perilaku komunikasi generasi milenial dan generasi Z era digital di Kecamatan Kuranji dari sepuluh orang informan. Hasil penelitian menunjukkan empat perilaku generasi milenial dan generasi Z terbentuk di Kecamatan Kuranji, yaitu perilaku komunikasi dari aktif menjadi pasif disebabkan oleh gawai, berkurangnya komunikasi tatap muka disebabkan oleh gawai, tidak fokus dalam berkomunikasi disebabkan oleh gawai, dan perilaku komunikasi daring disebabkan oleh gawai. Dalam penelitian ini, dapat ditarik kesimpulan bahwa perilaku generasi milenial dan generasi Z yang semula interaktif sebelum menggunakan gawai, setelah menggunakan gawai proses komunikasinya menjadi pasif, sehingga tidak terjadi komunikasi efektif. 

 

In the digital era, there has been a change in the communication behavior of millennial generation and generation Z. These changes can be seen in everyday life, such as the lack of face-to-face interaction due to the presence of devices. This phenomenon also occurs in the millennial generation and generation Z in Kuranji District. This study aims to describe the communication behavior of millennials and generation Z in Kuranji District and to see the degradation of communication interfaces that occurs. The theories used are communication behavior, interpersonal communication, millennial generation communication, generation Z communication, new media, and social behaviorism. This study used Alfred Schutz's phenomenological approach with the constructivism paradigm. This study analyzes the communication behavior of the millennial generation and generation Z in the digital era in Kuranji District from ten informants. The results showed that four millennial generation and generation Z behaviors were formed in Kuranji District, namely communication behavior from active to passive caused by devices, reduced face-to-face communication caused by devices, not focusing on communication caused by devices, and online communication behavior caused by devices. In this study, it can be concluded that the behavior of the millennial generation and generation Z, which was originally interactive before using a device, after using a device the communication process becomes passive, so there is no effective communication.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adiarsi, G. R., & Silsa, H. (2018). Fenomena Bergabungnya Anak Muda Jakarta ke dalam Organisasi Sinergi Muda Secara Suka Rela. Profetik: Jurnal Komunikasi, 11(2), 99. https://doi.org/10.14421/pjk.v11i2.1474

Afrizal. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. PT Rajagrafindo Persada.

Arifin, B. S. (2015). Psikologi Sosial. Pustaka Setia.

Aswar. (2020). Efek Kemampuan Komunikasi Terhadap Perilaku Agresi Orang Tua Kepada Anak. MEDIALOG:Jurnal Ilmu Komunikasi, https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.35326/medialog.v3i2.744

Aw, S. (2011). Komunikasi Interpersonal. Graha Ilmu.

Budiati, I. D. (2018). Profil Generasi Milenial.

Daryanto, M. R. (2016). Teori Komunikasi. Penerbit Gava Media.

Effendi, N. (2019, November). Merindukan Budaya Interaksi Alamiah. Surat Kabar Padang Ekspres.

Ekasari, A. H. (2012). Dampak Sosial-Ekonomi Masuknya Pengaruh Internet dalam Kehidupan Remaja Pedesaan. Jurnal Sosiologi Pedesaan, 10(2), 57. https://doi.org/https://doi.org/10.31315/jik.v10i2.129

Fajar, A. (2013). The Relationship: Kunci Relasi dalam Interpersonal Context (Pemetaan Tradisi Teori Komunikasi mengenai Komunikasi Interpersonal dalam Pandangan Stephen W. Littlejohn). KomuniTi, 25.

Fauziyyah, S. N. & Rina, N. (2020). Literasi Media Digital: Efektivitas Akun Instagram @infobandungraya terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi Followers. Medialog: Jurnal Ilmu Komunikasi, , 13-24, https://doi.org/https://doi.org/10.35326/medialog.v3i1.479

Francis, T. and H F.. (2018). ‘True Gen’: Generation Z and its implications for companies. McKinsey & Company.

Hidayatullah, S., Devianty, R. C.;, & Wibowo. I. A. (2018). Perilaku Generasi Milenial dalam Menggunakan Aplikasi Go-Food. Jurnal Manajemen & Kewirasusahaan, 6 (2), 240-249. https://doi.org/https://doi.org/10.26905/jmdk.v6i2.2560

Hunt, M. G., Marx, R., Lipson, C., &Young, J. (2018). No More FoMO: Limiting Social Media Decreases Loneliness and Depression. Journal of Social and Clinical Psychology, 37(10), 751-768.

Kuswarno, E. (2013). Metodologi Penelitian Komunikasi Fenomenologi. Widya Padjajaran.

Littlejohn, S. W. & Foss, K. A. (2011). Theories of Human Communication, Tenth Edition (p. 230). Wadworth.

Littlejohn, S. W. & Foss, K. A. (2009). Encyclopedia of Communication Theory. Sage Publication, Inc.

Marlina, F. (2020). Berhadiah Umroh, Program Implementasi 18-21 Kota Padang Kembali Digelar. https://news.klikpositif.com/baca/63080/berhadiah-umroh-program-implementasi-18-21-kota-padang-kembali-digelar

Mcquail, D. (2011). Teori Komunikasi Massa Mcquail, Edisi 6 (6th ed.). Sage Publication Asia-Pacific Pte Ltd.

Mulyana, D. (2013). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. PT Remaja Rosdakarya.

Nasrullah, R. (2014). Teori dan Riset Media Siber (Cybermedia). Prenadamedia Group.

Ngafifi, M. (2014). Kemajuan Teknologi dan Pola Hidup Manusia dalam Perspektif Sosial Budaya. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi, 2(1).

Notoatmodjo, S. (2007). Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku. Rineka Cipta.

Nur, E. (2017). Perilaku Komunikasi antara Guru dengan Siswa Broken Home. Jurnal Penelitian Komunikasi, 20(2), 161–174. https://doi.org/10.20422/jpk.v20i2.272

Putra, Y. S. (2016). Teori Perbedaan Generasi. Among Makarti.

Qurniawati, R. S., & Nurohman, Y. A. (2018). eWOM pada Generasi Z di Sosial Media. Jurnal Manajemen Dayasaing, 20(2), 70–80. https://doi.org/https://doi.org/10.23917/dayasaing.v20i2.6790

Rizqi, M. & Pradana, B. C. S. A. (2018). Literasi Dampak Penggunaan Smartphone bagi Kehidupan Sosial di Desa Ngadirojo, Kabupaten Pacitan. Communicare, 5(2), 15-30. https://doi.org/https://doi.org/10.37535/101005220182

Saleh, G. & Pitriani, R. (2018). Pengaruh Media Sosial Instagram dan WhatsApp Terhadap Pembentukan Budaya “Alone Together.” Jurnal Komunikasi, 10(2). https://doi.org/10.24912/jk.v10i2.2673

Severin, J. W. (2014). Teori Komunikasi : Sejarah, Metode dan Terapan di Dalam Media Massa. Prenadamedia Group,.

Syahputra, I. (2017). Paradigma Komunikasi Profetik Gagasan dan Pendekatan. Simbiosa Rekatama Media.

Takariani, C. S. D. (2011). Studi Eksplanatori Survei tentang Pengaruh Chatting melalui Facebook terhadap Komunikasi Tatap Muka Remaja dalam Keluarga di Provinsi Jawa Barat dan Banten. Jurnal Penelitian Komunikasi, 14(2), 128.

Triantoro, D. A. (2019). Konflik Sosial dalam Komunitas Virtual di Kalangan Remaja. Jurnal Komunikasi, 13(2), 135-150. https://doi.org/https://doi.org/10.20885/komunikasi.vol13.iss2.art2

Tubbs, S. L., & Moss, S. (2012). Human Communication Prinsip-Prinsip Dasar. PT Remaja Rosdakarya.

Wicaksono, A. & Irwansyah, I. (2017). Fenomena Deindividuasi dalam Akun Anonim Berita Gosip Selebriti di Media Sosial Instagram. Profetik: Jurnal Komunikasi, 10(2), 34-45. https://doi.org/https://doi.org/10.14421/pjk.v10i2.1335

Zorn, R. L. (2017). Coming in 2017: A New Generation of Graduate Students—The Z Generation. College and University; Washington, 92(1), 61.

Downloads

Published

2021-04-10

How to Cite

Zis, S. F., Effendi, N., & Roem, E. R. (2021). Perubahan Perilaku Komunikasi Generasi Milenial dan Generasi Z di Era Digital. Satwika : Kajian Ilmu Budaya Dan Perubahan Sosial, 5(1), 69–87. https://doi.org/10.22219/satwika.v5i1.15550

Issue

Section

Original Research