Tinjauan pustaka sistematis: Studi kritis pementasan budaya di era pandemi Covid-19 pada pertunjukan sendratari Ramayana secara online

Authors

  • Dian Kusmawati Rahardjo Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bisnis Indonesia
  • Haryadi Sarjono BINUS Business School Undergraduate

DOI:

https://doi.org/10.22219/satwika.v6i1.18275

Keywords:

pandemi covid-19, Peran Media Online , Perilaku Persepsi dan Minat , Sendratari Ramayana , Studi Pustaka Kritis

Abstract

Indonesia memiliki kekayaan tradisi yang menjadikannya sebagai daya tarik tersendiri, salah satunya adalah seni Sendratari Ramayana. Cerita ini populer di kalangan masyarakat Jawa. Akan tetapi, dengan adanya pandemi Covid-19 pementasan ini terhenti sementara waktu dan dialihakan dengan cara virtual melalui media daring. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh persepsi dan minat pengunjung wisata terhadap pagelaran seni Sendratari Ramayana secara online. Pementasan ini dianggap berhasil karena memiliki daya tarik tersendiri dan banyak diminati wisatawan  lokal maupun global. Metode penelitian yang digunakan adalah metode SLR (Systematic Literature Review), yaitu menggunakan data yang bersumber dari rujukan artikel penelitian yang sudah terindeks International Standart Serial Number secara online yang dipublish dengan Kode ISSN. Sedangkan artikel yang terpakai difokuskan pada jurnal terpublikasi dari tahun 2017-2021. Hasil penelitian menunjukan masih ada rasa tanggung jawab terhadap aktivitas kesenian dari pelaku seni. Serta keinginan untuk menjadi semakin baik dalam melakukan pertunjukan walaupun dilaksanakan secara daring karena pandemi. Kondisi ini mengakibatkan munculnya dua sisi yang berbeda. Di satu sisi memberikan dampak positif bagi pengelola lokasi wisata, pemain, dan penduduk sekitarnya yang menjadi penari latar dalam pentas. Di sisi lain para pedagang kaki lima, juru parkir, tidak beroperasi sebagai akibat dari pandemi Covid-19. Gambaran ini dapat diartikan bahwa pertunjukan Sendratari Ramayana secara online tetap diminati para pengunjung karena pengaruh persepsi dan minat pengunjung wisata yang positif dan cukup puas terhadap kualitas pertunjukan seni sendratari tersebut.  

 

Indonesia has many cultures related to various folklores that make it a special attraction, one of which is the Ramayana ballet, which became a popular story among the Javanese people, but with the Covid-19 pandemic, this performance was suspended for a while, but in the end it was stopped. reopen in a virtual way through online media. The purpose of this study was to determine the effect of the perception and interest of tourist visitors on the online Ramayana ballet art performance, considering that this performance was considered successful because it is an art performance that has its own tourist attraction which is very well known and attracts foreign and domestic tourists. The research method used is the SLR (Systematic Literature Review) method, which uses data sourced from the literature of research articles that have been indexed by the International Standard Serial Number online published with the ISSN code, while the paper used is focused on published journals from 2017-2021. . The results of the study show that there is still a sense of responsibility for the continuity of artistic activities from artists, as well as the desire to be better at performing the performances that are presented, even in a pandemic, namely online performances. This will have two impacts, namely a positive impact for the manager of tourist sites, players and surrounding residents who are recruited to work as background dancers in the stage, while the negative impact is for street vendors, parking attendants, due to not operating as a result of the Covid pandemic. -19. This description can be interpreted that the online Ramayana ballet performances are still in demand by visitors because of the positive influence of perceptions and interests of tourist visitors and are quite satisfied with the quality of the ballet art performances.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akbar, N. Al. (2016). Studi Kritis Globalisasi Budaya Pada Pementasan Sendratari Ramayana Borobudur. Jurnal Ilmu Sosial Mamangan, 5(1), 1–12. https://doi.org/10.22202/mamangan.v5i1.1925

Al Faruqi, U. (2019). Smart Learning Platform for Management Executive: A Systematic Literature Review. Jurnal Sistem Cerdas, 2(3), 194–202. https://doi.org/10.37396/jsc.v2i3.46

Arif Surahman, Tri Wartono, Lily Setyawati Kristianti, Laila Listiani Putri, H. L. N. (2020). Menumbuhkan Motivasi Bekerja dan Cara Mengatur Keuangan Selama Masa PSBB COVID 19 Developing. Jurna Abdi Masyarakat: Humanis, 1(2), 136–141. http://dx.doi.org/10.32493/jamh.v1i2.5107

Arizona, K., Abidin, Z., & Rumansyah, R. (2020). Pembelajaran Online Berbasis Proyek Salah Satu Solusi Kegiatan Belajar Mengajar Di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(1), 64–70. https://doi.org/10.29303/jipp.v5i1.111

Bayu, M., Sampurno, T., Mada, U. G., Kusumandyoko, T., Surabaya, U. N., Islam, M. A., Surabaya, U. N., & Branding, V. (2020). Budaya Media Sosial , Edukasi Masyarakat , dan Pandemi COVID-19. Jurnal Sosial & Budaya Syar-I,7(6), 529-542. https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i5.15210

Buana, R. D. (2020). Analisis Perilaku Masyarakat Indonesia dalam Menghadapi Pandemi Covid-19 dan Kiat Menjaga Kesejahteraan Jiwa. Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i3.15082

Dwistyawan, D. M. T., & Setiawan, T. A. (2017). Pengenalan Tokoh Wayang dalam Cerita Ramayana dengan Menggunakan Media Board Game untuk Masyarakat. Jurnal Nirmana, 17(2), 102–109. https://doi.org/10.9744/nirmana.17.2.102-109

Elvandari, E. (2016). Pertunjukan Sendratari Ramayana: Antara Tontonan dan Tuntunan. Jurnal Sitakara, 1(1), 65-77. http://dx.doi.org/10.31851/sitakara.v1i1.706

Hani Ernawati, Ricky Avenzora, D. (2018). Kepuasan Wisatawan Terhadap Situs Warisan Budaya Candi Prambanan. Jurnal Ecodemica, 2(2), 297–305. https://doi.org/10.31294/jeco.v2i2.4493

Herliandry, L. D., Nurhasanah, N., Suban, M. E., & Kuswanto, H. (2020). Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1), 65–70. https://doi.org/10.21009/jtp.v22i1.15286

Ismiyati. (2016). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Wisatawan Untuk Mengunjungi Sendratari Ramayana. Jurnal Perilaku dan Strategi Bisnis, 4(1), 60–71. https://doi.org/10.26486/jpsb.v4i1.448

Ketut, N., & Yulianti, D. (2020). Epic Ramayana As A Medium for Teaching Indonesian Culture and Language : A Perspective of Darmasiswa Students. Interdisciplinary Journal of Asia Pasific Arts, 3(1), 15–19. https://doi.org/10.31091/lekesan.v3i1.1080

Latifah, L., & Ritonga, I. (2020). Systematic Literature Review (SLR): Kompetensi Sumber Daya Insani Bagi Perkembangan Perbankan Syariah Di Indonesia. Al Maal: Journal of Islamic Economics and Banking, 2(1), 63. https://doi.org/10.31000/almaal.v2i1.2763

Lestari, P. D. (2019). Candi Prambanan Sebagai Destinasi Wisata Unggulan di Indonesia. 1–10. Makalah, Sekolah Tinggi Pariwisata Ambarrukmo Yogyakarta. https://doi.org/10.31219/osf.io/n7j4q

Lutfiati, D. (2015). Tata Rias Tokoh Dewi Sinta Dalam Pertunjukan Sendratari Ramayana di Prambanan Rini Dewi Lutfiati. Journal Yudisium, 04(4).

Nostalgia, G. N. (2018). Retno Maruti , Sebuah Catatan Perjalanan dari Panggung Ramayana Prambanan Hingga Padneçwara. Jurnal Urban, 1, No 2(115–215), 24.

Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Santoso, P. B., Wijayanti, L. M., Choi, C. H., & Putri, R. S. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 1–12. https://ummaspul.e-journal.id/Edupsycouns/article/view/397

Putria, H., Maula, L. H., & Uswatun, D. A. (2020). Analisis Proses Pembelajaran dalam Jaringan (Daring) Masa Pandemi Covid- 19 Pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 861–870. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.460

Ramadhani, E., & Handayaningrum, W. (2017). Upaya Sanggar Kartika Budaya Dalam Pengembangan Seni Di Kabupaten Jember. Jurnal Pendidikan Sendratasik, 6(1), 1–15.

Ratun Untoro , Heddy Shri Ahimsa-Putra, dan I. R. A. (2017). The Structure And Formula Of Gerong Lyrics In The Prambanan Ramayana Ballet. Jurnal Litera, 16(1), 152–169. https://doi.org/10.21831/ltr.v16i1.14258

Roozana Maria Ritonga B.B.A., M. P. (2019). Analisis Pengaruh Kualitas Acara Terhadap Kepuasan Dan Niat Perilaku Ramayana Ballet Dihadiri (Studi Kasus Rumah Budoyo Puspo Budoyo). Jurnal Hospitality Dan Pariwisata, 5(1), 40–50.

Septarina, S. W. (2015). Perancangan Dan Penerapan Sistem Tanda Pada Area Pertunjukan Seni Sendratari Ramayana Ballet Di Purawisata, Yogyakarta. Jurnal RupaRupa, 4(1), 16–23.

Shadiqien, S. (2020). Efektivitas Komunikasi Virtual Pembelajaran Daring dalam Masa PSBB (Studi Kasus Pembelajaran Jarak Jauh Produktif Siswa SMK Negeri 2 Banjarmasin). Mutakalilimin; Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(1), 11–21. https://doi.org/10.31602/jm.v3i1.3573

Sobri, M. (2018). Systematic Literature Review untuk Membuat Model Aplikasi Pemantauan Kesehatan Cardiovascular. Jurnal RESTI (Rekayasa Sistem Dan Teknologi Informasi), 2(2), 458–464. https://doi.org/10.29207/resti.v2i2.428

Sutiyati, E. (2007). Aktivitas Kerja Dan Penghasilan Penari Di Ramayana Ballet Purawisata Yogyakarta. Jurnal Penelitian Humaniora, 12(2), 51–64. https://doi.org/10.21831/hum.v12i2.5010

Taufik, T., & Ayuningtyas, E. A. (2020). Dampak Pandemi Covid 19 Terhadap Bisnis Dan Eksistensi Platform Online. Jurnal Pengembangan Wiraswasta, 22(01), 21-32. https://doi.org/10.33370/jpw.v22i01.389

Thomas, F. J., & Kahija, Y. F. L. (2018). Pengalaman Menjadi Pemeran Tokoh Dewi Shinta Dalam Sendratari Ramayana Prambanan: Sebuah Interpretative Phenomenological Anaysis. Jurnal Empati, 7(4), 269–278. https://doi.org/10.14710/empati.2018.23475

Utami, A. D., & Kartika, I. R. (2018). Terapi Komplementer Terhadap Penurunan Nyeri Pada Pasien Gastritis: a Literatur Review. Real in Nursing Journal, 1(3), 123-132. https://doi.org/10.32883/rnj.v1i3.341

Wahyono, P., Husamah, H., & Budi, A. S. (2020). Guru profesional di masa pandemi Covid-19: Review implementasi, tantangan, dan solusi pembelajaran daring. Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 51–65. https://doi.org/10.22219/jppg.v1i1.12462

Wardani, A., & Ayriza, Y. (2021). Analisis Kendala Orang Tua dalam Mendampingi Anak Belajar di Rumah Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 772-782. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.705

Widowati, K. (2015). Garap Gerak Tari Kijang Kencana Dalam Episode Hilangnya Dewi Sinta Sendratari Ramayana Prambanan Yayasan Rara Jonggrang. Jurnal Pengetahuan Dan Penciptaan Tari, 14(1), 32-43. https://doi.org/10.33153/grt.v14i1.1661

Wigaringtyas, P. P. (2014). Kreativitas nuryanto dalam penciptaan dramatari ramayana. Gelar : Jurnal Seni Budaya, 12(1), 44–57. https://doi.org/10.33153/glr.v12i1.1497

Wijayani, L. C. (2019). Candi Prambanan Sebagai Objek Wisata Unggulan Kota Yogyakarta Kabupaten Sleman.1-8. Makalah, Sekolah Tinggi Pariwisata Ambarrukmo Yogyakarta. https://doi.org/10.31219/osf.io/5zgkm

Yulianti, I. (2014). ‘Langen Katresnan’ Video Animasi dengan Tema Ramayana Episode Penculikan Shinta. REKAM: Jurnal Fotografi, Televisi, Dan Animasi, 10(1), 49–68. https://doi.org/10.24821/rekam.v0i0.548

Yuliza, F. (2020). Creativity of Art in Ramayana Sendratari As an Example of Transformation Process. Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Karya Seni, 22(2), 83-92. http://dx.doi.org/10.26887/ekspresi.v22i2.1013

Downloads

Published

2022-04-28

How to Cite

Rahardjo, D. K., & Sarjono, H. (2022). Tinjauan pustaka sistematis: Studi kritis pementasan budaya di era pandemi Covid-19 pada pertunjukan sendratari Ramayana secara online . Satwika : Kajian Ilmu Budaya Dan Perubahan Sosial, 6(1), 180–190. https://doi.org/10.22219/satwika.v6i1.18275

Issue

Section

Reviewing Research