Tinjauan pustaka sistematis: Studi kritis pementasan budaya di era pandemi Covid-19 pada pertunjukan sendratari Ramayana secara online
DOI:
https://doi.org/10.22219/satwika.v6i1.18275Keywords:
pandemi covid-19, Peran Media Online , Perilaku Persepsi dan Minat , Sendratari Ramayana , Studi Pustaka KritisAbstract
Indonesia memiliki kekayaan tradisi yang menjadikannya sebagai daya tarik tersendiri, salah satunya adalah seni Sendratari Ramayana. Cerita ini populer di kalangan masyarakat Jawa. Akan tetapi, dengan adanya pandemi Covid-19 pementasan ini terhenti sementara waktu dan dialihakan dengan cara virtual melalui media daring. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh persepsi dan minat pengunjung wisata terhadap pagelaran seni Sendratari Ramayana secara online. Pementasan ini dianggap berhasil karena memiliki daya tarik tersendiri dan banyak diminati wisatawan lokal maupun global. Metode penelitian yang digunakan adalah metode SLR (Systematic Literature Review), yaitu menggunakan data yang bersumber dari rujukan artikel penelitian yang sudah terindeks International Standart Serial Number secara online yang dipublish dengan Kode ISSN. Sedangkan artikel yang terpakai difokuskan pada jurnal terpublikasi dari tahun 2017-2021. Hasil penelitian menunjukan masih ada rasa tanggung jawab terhadap aktivitas kesenian dari pelaku seni. Serta keinginan untuk menjadi semakin baik dalam melakukan pertunjukan walaupun dilaksanakan secara daring karena pandemi. Kondisi ini mengakibatkan munculnya dua sisi yang berbeda. Di satu sisi memberikan dampak positif bagi pengelola lokasi wisata, pemain, dan penduduk sekitarnya yang menjadi penari latar dalam pentas. Di sisi lain para pedagang kaki lima, juru parkir, tidak beroperasi sebagai akibat dari pandemi Covid-19. Gambaran ini dapat diartikan bahwa pertunjukan Sendratari Ramayana secara online tetap diminati para pengunjung karena pengaruh persepsi dan minat pengunjung wisata yang positif dan cukup puas terhadap kualitas pertunjukan seni sendratari tersebut.
Indonesia has many cultures related to various folklores that make it a special attraction, one of which is the Ramayana ballet, which became a popular story among the Javanese people, but with the Covid-19 pandemic, this performance was suspended for a while, but in the end it was stopped. reopen in a virtual way through online media. The purpose of this study was to determine the effect of the perception and interest of tourist visitors on the online Ramayana ballet art performance, considering that this performance was considered successful because it is an art performance that has its own tourist attraction which is very well known and attracts foreign and domestic tourists. The research method used is the SLR (Systematic Literature Review) method, which uses data sourced from the literature of research articles that have been indexed by the International Standard Serial Number online published with the ISSN code, while the paper used is focused on published journals from 2017-2021. . The results of the study show that there is still a sense of responsibility for the continuity of artistic activities from artists, as well as the desire to be better at performing the performances that are presented, even in a pandemic, namely online performances. This will have two impacts, namely a positive impact for the manager of tourist sites, players and surrounding residents who are recruited to work as background dancers in the stage, while the negative impact is for street vendors, parking attendants, due to not operating as a result of the Covid pandemic. -19. This description can be interpreted that the online Ramayana ballet performances are still in demand by visitors because of the positive influence of perceptions and interests of tourist visitors and are quite satisfied with the quality of the ballet art performances.
Downloads
References
Akbar, N. Al. (2016). Studi Kritis Globalisasi Budaya Pada Pementasan Sendratari Ramayana Borobudur. Jurnal Ilmu Sosial Mamangan, 5(1), 1–12. https://doi.org/10.22202/mamangan.v5i1.1925
Al Faruqi, U. (2019). Smart Learning Platform for Management Executive: A Systematic Literature Review. Jurnal Sistem Cerdas, 2(3), 194–202. https://doi.org/10.37396/jsc.v2i3.46
Arif Surahman, Tri Wartono, Lily Setyawati Kristianti, Laila Listiani Putri, H. L. N. (2020). Menumbuhkan Motivasi Bekerja dan Cara Mengatur Keuangan Selama Masa PSBB COVID 19 Developing. Jurna Abdi Masyarakat: Humanis, 1(2), 136–141. http://dx.doi.org/10.32493/jamh.v1i2.5107
Arizona, K., Abidin, Z., & Rumansyah, R. (2020). Pembelajaran Online Berbasis Proyek Salah Satu Solusi Kegiatan Belajar Mengajar Di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(1), 64–70. https://doi.org/10.29303/jipp.v5i1.111
Bayu, M., Sampurno, T., Mada, U. G., Kusumandyoko, T., Surabaya, U. N., Islam, M. A., Surabaya, U. N., & Branding, V. (2020). Budaya Media Sosial , Edukasi Masyarakat , dan Pandemi COVID-19. Jurnal Sosial & Budaya Syar-I,7(6), 529-542. https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i5.15210
Buana, R. D. (2020). Analisis Perilaku Masyarakat Indonesia dalam Menghadapi Pandemi Covid-19 dan Kiat Menjaga Kesejahteraan Jiwa. Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i3.15082
Dwistyawan, D. M. T., & Setiawan, T. A. (2017). Pengenalan Tokoh Wayang dalam Cerita Ramayana dengan Menggunakan Media Board Game untuk Masyarakat. Jurnal Nirmana, 17(2), 102–109. https://doi.org/10.9744/nirmana.17.2.102-109
Elvandari, E. (2016). Pertunjukan Sendratari Ramayana: Antara Tontonan dan Tuntunan. Jurnal Sitakara, 1(1), 65-77. http://dx.doi.org/10.31851/sitakara.v1i1.706
Hani Ernawati, Ricky Avenzora, D. (2018). Kepuasan Wisatawan Terhadap Situs Warisan Budaya Candi Prambanan. Jurnal Ecodemica, 2(2), 297–305. https://doi.org/10.31294/jeco.v2i2.4493
Herliandry, L. D., Nurhasanah, N., Suban, M. E., & Kuswanto, H. (2020). Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1), 65–70. https://doi.org/10.21009/jtp.v22i1.15286
Ismiyati. (2016). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Wisatawan Untuk Mengunjungi Sendratari Ramayana. Jurnal Perilaku dan Strategi Bisnis, 4(1), 60–71. https://doi.org/10.26486/jpsb.v4i1.448
Ketut, N., & Yulianti, D. (2020). Epic Ramayana As A Medium for Teaching Indonesian Culture and Language : A Perspective of Darmasiswa Students. Interdisciplinary Journal of Asia Pasific Arts, 3(1), 15–19. https://doi.org/10.31091/lekesan.v3i1.1080
Latifah, L., & Ritonga, I. (2020). Systematic Literature Review (SLR): Kompetensi Sumber Daya Insani Bagi Perkembangan Perbankan Syariah Di Indonesia. Al Maal: Journal of Islamic Economics and Banking, 2(1), 63. https://doi.org/10.31000/almaal.v2i1.2763
Lestari, P. D. (2019). Candi Prambanan Sebagai Destinasi Wisata Unggulan di Indonesia. 1–10. Makalah, Sekolah Tinggi Pariwisata Ambarrukmo Yogyakarta. https://doi.org/10.31219/osf.io/n7j4q
Lutfiati, D. (2015). Tata Rias Tokoh Dewi Sinta Dalam Pertunjukan Sendratari Ramayana di Prambanan Rini Dewi Lutfiati. Journal Yudisium, 04(4).
Nostalgia, G. N. (2018). Retno Maruti , Sebuah Catatan Perjalanan dari Panggung Ramayana Prambanan Hingga Padneçwara. Jurnal Urban, 1, No 2(115–215), 24.
Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Santoso, P. B., Wijayanti, L. M., Choi, C. H., & Putri, R. S. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 1–12. https://ummaspul.e-journal.id/Edupsycouns/article/view/397
Putria, H., Maula, L. H., & Uswatun, D. A. (2020). Analisis Proses Pembelajaran dalam Jaringan (Daring) Masa Pandemi Covid- 19 Pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 861–870. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.460
Ramadhani, E., & Handayaningrum, W. (2017). Upaya Sanggar Kartika Budaya Dalam Pengembangan Seni Di Kabupaten Jember. Jurnal Pendidikan Sendratasik, 6(1), 1–15.
Ratun Untoro , Heddy Shri Ahimsa-Putra, dan I. R. A. (2017). The Structure And Formula Of Gerong Lyrics In The Prambanan Ramayana Ballet. Jurnal Litera, 16(1), 152–169. https://doi.org/10.21831/ltr.v16i1.14258
Roozana Maria Ritonga B.B.A., M. P. (2019). Analisis Pengaruh Kualitas Acara Terhadap Kepuasan Dan Niat Perilaku Ramayana Ballet Dihadiri (Studi Kasus Rumah Budoyo Puspo Budoyo). Jurnal Hospitality Dan Pariwisata, 5(1), 40–50.
Septarina, S. W. (2015). Perancangan Dan Penerapan Sistem Tanda Pada Area Pertunjukan Seni Sendratari Ramayana Ballet Di Purawisata, Yogyakarta. Jurnal RupaRupa, 4(1), 16–23.
Shadiqien, S. (2020). Efektivitas Komunikasi Virtual Pembelajaran Daring dalam Masa PSBB (Studi Kasus Pembelajaran Jarak Jauh Produktif Siswa SMK Negeri 2 Banjarmasin). Mutakalilimin; Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(1), 11–21. https://doi.org/10.31602/jm.v3i1.3573
Sobri, M. (2018). Systematic Literature Review untuk Membuat Model Aplikasi Pemantauan Kesehatan Cardiovascular. Jurnal RESTI (Rekayasa Sistem Dan Teknologi Informasi), 2(2), 458–464. https://doi.org/10.29207/resti.v2i2.428
Sutiyati, E. (2007). Aktivitas Kerja Dan Penghasilan Penari Di Ramayana Ballet Purawisata Yogyakarta. Jurnal Penelitian Humaniora, 12(2), 51–64. https://doi.org/10.21831/hum.v12i2.5010
Taufik, T., & Ayuningtyas, E. A. (2020). Dampak Pandemi Covid 19 Terhadap Bisnis Dan Eksistensi Platform Online. Jurnal Pengembangan Wiraswasta, 22(01), 21-32. https://doi.org/10.33370/jpw.v22i01.389
Thomas, F. J., & Kahija, Y. F. L. (2018). Pengalaman Menjadi Pemeran Tokoh Dewi Shinta Dalam Sendratari Ramayana Prambanan: Sebuah Interpretative Phenomenological Anaysis. Jurnal Empati, 7(4), 269–278. https://doi.org/10.14710/empati.2018.23475
Utami, A. D., & Kartika, I. R. (2018). Terapi Komplementer Terhadap Penurunan Nyeri Pada Pasien Gastritis: a Literatur Review. Real in Nursing Journal, 1(3), 123-132. https://doi.org/10.32883/rnj.v1i3.341
Wahyono, P., Husamah, H., & Budi, A. S. (2020). Guru profesional di masa pandemi Covid-19: Review implementasi, tantangan, dan solusi pembelajaran daring. Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 51–65. https://doi.org/10.22219/jppg.v1i1.12462
Wardani, A., & Ayriza, Y. (2021). Analisis Kendala Orang Tua dalam Mendampingi Anak Belajar di Rumah Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 772-782. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.705
Widowati, K. (2015). Garap Gerak Tari Kijang Kencana Dalam Episode Hilangnya Dewi Sinta Sendratari Ramayana Prambanan Yayasan Rara Jonggrang. Jurnal Pengetahuan Dan Penciptaan Tari, 14(1), 32-43. https://doi.org/10.33153/grt.v14i1.1661
Wigaringtyas, P. P. (2014). Kreativitas nuryanto dalam penciptaan dramatari ramayana. Gelar : Jurnal Seni Budaya, 12(1), 44–57. https://doi.org/10.33153/glr.v12i1.1497
Wijayani, L. C. (2019). Candi Prambanan Sebagai Objek Wisata Unggulan Kota Yogyakarta Kabupaten Sleman.1-8. Makalah, Sekolah Tinggi Pariwisata Ambarrukmo Yogyakarta. https://doi.org/10.31219/osf.io/5zgkm
Yulianti, I. (2014). ‘Langen Katresnan’ Video Animasi dengan Tema Ramayana Episode Penculikan Shinta. REKAM: Jurnal Fotografi, Televisi, Dan Animasi, 10(1), 49–68. https://doi.org/10.24821/rekam.v0i0.548
Yuliza, F. (2020). Creativity of Art in Ramayana Sendratari As an Example of Transformation Process. Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Karya Seni, 22(2), 83-92. http://dx.doi.org/10.26887/ekspresi.v22i2.1013
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Dian Kusmawati Rahardjo
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Satwika : Kajian Ilmu Budaya dan Perubahan Sosial agree to the following terms:
- For all articles published in Satwika, copyright is retained by the authors. Authors give permission to the publisher to announce the work with conditions. When the manuscript is accepted for publication, the authors agree to automatic transfer of the publishing right to the publisher.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access)