Tradisi Pemilikan Keramik di dataran tinggi Jambi: Asal-usul dan pemanfaatannya

Authors

  • Nainunis Aulia Izza Universitas Jambi
  • Nugrahadi Mahanani Universitas Jambi
  • Ari Mukti Wardoyo Adi Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22219/satwika.v6i2.18908

Keywords:

Dataran tinggi Jambi, Keramik, Tradisi

Abstract

Dataran Tinggi Jambi dalam perspektif arkeologi memiliki kedudukan penting. Jejak peradaban periode neolitik hingga masuknya Islam ditemukan di berbagai sudut wilayah Bukit Barisan. Masyarakat yang terbentuk saat ini diduga kuat merupakan kelanjutan dari komunitas yang telah ada ribuan tahun. Bukti tersebut tampak dari adanya berbagai pusaka adat Masyarakat Kerinci berupa benda-benda perunggu dari kebudayaan Dong-Son. Secara etnografi, masyarakat yang tinggal di dataran tinggi Jambi, seperti Kerinci dan Merangin juga dianggap memiliki kebudayaan yang khas serta unik. Salah satu keunikan tersebut dapat dilihat dari adanya tradisi pemilikan keramik. Tradisi pemilikan keramik kuno oleh masyarakat tersebut disinyalir memiliki hubungan erat dengan tradisi pemanfaatan benda-benda kuno sebagai pusaka adat. Fungsi, peranan, serta asal usul keramik yang dimiliki masyarakat tersebut tentunya perlu dikaji lebih mendalam untuk menguatkan asumsi dasar ini. Oleh karena itu, penelitian yang akan dilakukan ini berupaya untuk mengungkapkan aspek-aspek tersebut. Penelitian mengenai ini akan dilakukan dengan pendekatan etnoarkeologi. Metode yang akan digunakan adalah observasi dan wawancara terbuka. Hasil penelitian menunjukkan keramik yang dikoleksi mayoritas berasal dari Eropa, khususnya Belanda dan beberapa lainnya berasal dari China. Keramik di Dataran Tinggi Jambi merupakan salah satu objek yang diwariskan dan beberapa diantaranya menjadi salah satu sarana ritual. Tradisi pemilikan keramik berlangsung antar generasi, yaitu pewarisan dari ibu kepada anak-anak perempuannya.        

 

Jambi Highlands has a significant role from an Archaeological perspective. Archaeological remains from the neolithic period to the Islamic period are traceable in various corners of the Bukit Barisan area. The current society is born to be generations of a community that has existed for thousands of years. One of the pieces of evidence is the existence of various traditional heirlooms of the Kerinci people in the form of bronze objects from the Dong-Son culture. Based on the Ethnographical perspective, people in the Jambi Highlands, such as Kerinci and Merangin have a unique and exclusive culture. The uniqueness can be proven in the tradition of ceramic ownership. The tradition of ownership of old ceramics by the community is indicate to have a close relationship with the tradition of using ancient objects as traditional heirlooms. The function, role, and origin of ceramics owned by the community is an important topic for research. This research uses an ethnoarchaeological approach. The researcher will do observation and open interviews. The results show that most of the ceramics collected are European ceramics, especially from the Netherlands and several ceramics from China. Jambi Highlands ceramics are one of the objects that are inherited and some of them become a ritual objects. The tradition of owning ceramics is inter-generations, from mothers to their daughters.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agung, I. D. D., & Idris, I. (2001). Menguak Tabir Prasejarah di Alam Kerinci. Sungai Penuh: Pemerintah Kabupaten Kerinci.

Aziz, F. A. (2010). Potensi Situs Arkeologi Kawasan Kerinci, Jambi: Ikon Budaya Austronesia. Amerta: Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Arkeologi, 28, 17–44.

Beauchamp, P. C. (2017). Oriental ceramics: Adeline Dumergue ’ s generous bequest to the Victoria & Albert Museum. The British Art Journal, 17(3), 30–33.

Budisantosa, T. M. S. (2015). Pola Permukiman Komunitas Budaya Megalitik di Desa Muak, Dataran Tinggi Jambi. Sangkhakala, 18(1), 77–94.

Fatonah, S., & Afifi, S. (2008). Difusi Inovasi Teknologi Tepat Guna di Kalangan Wanita Pengusaha di Desa Kasongan Yogyakarta. Jurnal Ilmu Komunikasi, 6(2), 42–59.

Geiger-ho, M. (2014). Vessels of Life and Death: Heirloom Jars of Borneo. In Malaysia-Brunei Forum: Expanding Horizons Together (pp. 49–56). Kuala Lumpur: Faculty of Arts and Social Sciences, University of Malaya. https://doi.org/10.13140/2.1.1774.8488

Gerritsen, A., & Mcdowall, S. (2012). Material Culture and the Other: European Encounters with Chinese Porcelain, ca. 1650-1800. Gerritsen, Anne Mcdowall, Stephen, 23(1), 87–113.

Kerlogue, F. (2011). Memory and material culture a case study from Jambi, Sumatera. Indonesia and the Malay World, 39(113), 89–101. https://doi.org/10.1080/13639811.2011.547731

Kramer, C. (1979). “Introduction” Ethnoarchaeology: Implications of Ethnography for Archaeology. New York: Columbia University.

Leath, R. A. (1999). “After the Chinese taste”: Chinese Export Porcelain and Chinoiserie Design in eighteen-Century Charleston. Historical Archaeology, 33(3), 48–61. https://doi.org/10.1007/bf03373622

Lefferts, L., & Cort, L. A. (2003). A Preliminary Cultural Geography of Contemporary Village-based Earthenware Production in Mainland Southeast Asia. In J. N. Miksic (Ed.), Earthenware in Southeast Asia (pp. 300–310). Singapore.

Liji, L. (2012). Dari Relasi Upeti ke Mitra Strategis: 2.000 Tahun Perjalanan Hubungan Tiongkok-Indonesia. Jakarta: Penerbit Buku Kompas.

Mckinnon, E. E. (1984). New Data for Studying the Early Coastline in the Jambi Area. Journal of the Malaysian Branch of the Royal Asiatic Society, 57(1), 56–66.

Muhaeminah. (2012). Temuan Keramik Asing Hasil Penelitian Arkeologi di Sulawesi Selatan. Berkala Arkeologi, 32(1), 39–50.

Nguyen, L. (2016). Vietnamese Culture. In Encyclopedia of the Vietnam War: A Political, Social, and Military History.

Orme, B. (1981). Anthropology for Archaeologists: An Introduction. Ithaca-New York: Cornell University Press.

Taim, E. A. P. (2020). Sebaran Keramik Asing Pada Masa Sriwijaya (Abad Ke-7-13 Masehi) di Pesisir Timur Sumatera Bagian Selatan: Bukti Kronologi dan Hubungan Internasional. Forum Arkeologi. https://doi.org/10.24832/fa.v33i2.596

Rachman, S. M. A., & Rahman, F. (2017). The Dynamic of Malay Islamic Law: The Rise and Practices of Adat Bersendi Syarak, Syarak Bersendi Kitabullah in Jambi. Journal of Indonesian Islam, 11(2), 389–404.

Raharjo, T. (2012). Kasongan: Kasongan Art Festival 2011. Yogyakarta: Program Magister Tata Kelola Seni Pascasarjana ISI Yogyakarta.

Saudagar, F. (1990). Penafsiran Situs Solok Sipin Sebagai Tempat Pemujaan Agama Buddha. Jambi.

Schiffer, M. B., & Gould, R. A. (1978). Methodological Issues in Ethnoarchaeology. In In Explorations in Ethnoarchaeology (pp. 230–248). Albuquerque: University of New Mexico Press.

Schnitger, F. M. (1939). Forgotten Kingdoms in Sumatera. Leiden: E. J. Brill.

Sinopoli, C. M., Dueppen, S., Brubaker, R., Descantes, C., Glascock, M. D., Griffin, W., … Speakman, R. J. (2006). Characterizing the Stoneware “Dragon Jars” in the Guthe Collection: Chemical, Decorative, and Formal Patterning. Asian Perspectives, 45(2), 240–282. https://doi.org/10.1353/asi.2006.0026

Smith, K. (2014). Manly objects? Gendering Armorial Porcelain Wares. In The East India Company at Home, 1757-1857 – UCL History (pp. 113–130). Lomdon: UCL Press.

Society, J. of th R. (1920). The Ceramic Industries of The Netherlands. Journal of Th Royal Society, 68(3521), 425–427.

Sukandar, I. (2014). Selayang Pandang Kota Jambi: Perkembangan mAsyarakat dan Kebudayaannya. Jambi.

Suliensyar, H. H. (2017). Prospek Penelitian Artefak Perunggu Temuan Kerinci Melalui Analisis Metalurgi.

Sunliensyar, H. H. (2016). Menggali Makna Motif Hias Bejana Perunggu Nusantara : Pendekatan Strukturalisme Levi-Strauss.

Tanudirjo, D. A. (1987). Laporan Penelitian Penerapan Etnoarkeologi di Indonesia. Yogyakarta.

Tideman, J. (1938). Djambi. Amsterdam: Bruk de Bussy.

Tjoa-bonatz, M. A. I. L. I. N., Neidel, J. D., & Widiatmoko, A. (n.d.). Early Architectural Images from Muara Jambi on Sumatera , Indonesia, 48(I).

Tjoa-Bonatz, M. L. (2018). More than 3400 Years of Earthenware Traditions in Highland Jambi on Sumatera. In Connecting Empires and States. https://doi.org/10.2307/j.ctv1ntg9b.7

Wibisono, N. H. (2006). Aspek Arkeologi dalam Penelitian Keramik. Jakarta: Pusat Penelitian Arkeologi Nasional.

Wijaya, H. (2013). Nekara: Peninggalan Seni Budaya dari Zaman Perunggu. Humaniora. https://doi.org/10.21512/humaniora.v4i1.3431

Ze, D. S. (2020). Rumah Gdang dan Penyimpanan Artefak Budaya di Kerinci. Siddhayatra: Jurnal Arkeologi, 25(1), 59–75. https://doi.org/10.24832/siddhayatr a.v25i1.188

Downloads

Published

2022-10-31

How to Cite

Izza, N. A., Mahanani, N., & Adi, A. M. W. (2022). Tradisi Pemilikan Keramik di dataran tinggi Jambi: Asal-usul dan pemanfaatannya. Satwika : Kajian Ilmu Budaya Dan Perubahan Sosial, 6(2), 206–217. https://doi.org/10.22219/satwika.v6i2.18908

Issue

Section

Original Research